Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Keutamaan Puasa – Seperti yang dilansir oleh Tribunnews.com, Puasa Senin Kamis Sangat dianjurkan Oleh Rasulullah SAW. Selain mendapat pahala, puasa sunnah Senin Kamis juga mempunyai manfaat yang luar biasa, terutama bagi kesehatan dan kecantikan.

Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Keutamaan Puasa

manhijrahcom

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu ibadah sunah yang sering dijalankan oleh umat Islam. Seperti ibadah lainnya, puasa di hari Senin dan Kamis memiliki keutamaan tersendiri, bahkan ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh apabila melakukannya secara rutin.

Cara melakukan ibadah sunah ini pun hampir sama seperti puasa pada umumnya. Dimulai dari niat, makan sahur, tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, lalu berbuka saat sudah masuk waktu Magrib.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa

sharingkalicom

Puasa hari Senin dan Kamis adalah amalan yang istimewa karena Rasulullah Saw. sendiri selalu mengerjakannya. Puasa sunah ini pun memiliki beberapa keutamaan sebagai berikut.

1. Terbukanya pintu-pintu surga

Keutamaan puasa Senin-Kamis yang pertama adalah pintu-pintu surga akan dibuka di hari tersebut. Di hari-hari itu pula Allah Swt. akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.” (HR.Muslim)

2. Amalan manusia diperiksa

Di hari Senin dan Kamis, semua amalan manusia akan diperiksa oleh Allah Swt. Sebagai seorang muslim, alangkah baiknya jika pada hari itu Anda melakukan ibadah puasa.

Rasulullah Saw. pernah bersabda:

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.” (HR. Muslim)

3. Senin dan Kamis adalah hari istimewa

Senin dan Kamis juga merupakan hari yang istimewa bagi Nabi Muhammad Saw. Di hari Senin, Rasulullah dilahirkan, menerima wahyu, sekaligus diutus menjadi seorang nabi. Rasulullah Saw. juga lebih sering melakukan perjalanan pada hari Kamis.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa

haurgeuliscom

Setidaknya ada tiga macam manfaat yang bisa diperoleh saat melakukan ibadah puasa, yaitu dari segi spiritual, kesehatan fisik, dan juga mental. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

1. Spiritual

Puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang tidak hanya mendatangkan pahala, tapi juga bisa mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Dengan berpuasa, Anda bisa lebih peka dengan keagungan Allah Swt. sekaligus lebih mudah terhindar dari godaan setan.

2. Kesehatan mental

Puasa dapat melatih kesabaran dan melembutkan hati. Bila terbiasa berpuasa, Anda akan cenderung lebih mudah mengendalikan hawa nafsu dalam hal apa pun. Hal ini karena Anda akan selalu ingat kepada Allah dan punya kesadaran untuk selalu melakukan kebaikan.

Berpuasa juga akan melatih Anda untuk lebih disiplin. Meskipun mudah dilakukan, puasa memiliki aturan-aturan tertentu yang tak boleh dilanggar. Apabila Anda terbiasa mengikuti aturan tersebut, hal ini bisa berpengaruh pada kebiasaan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Kesehatan fisik

Puasa berarti tidak makan dan minum dalam jangka waktu tertentu, tetapi bukan berarti hal itu bisa menurunkan kesehatan. Sebaliknya, puasa justru sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Sudah banyak ahli medis yang berpendapat bahwa puasa adalah salah satu bentuk detoksifikasi tubuh, bahkan bisa mengurangi risiko penyakit. Pasalnya saat berpuasa, sistem pencernaan akan beristirahat dan membuat organ lainnya bekerja dengan lebih maksimal.

Namun, manfaat kesehatan ini hanya bisa didapat apabila dibarengi dengan asupan makanan yang baik. Saat sahur maupun berbuka, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan tidak berlebihan.

Jadi, jangan pernah ragu lagi untuk menjalankan puasa Senin Kamis secara rutin. Karena selain bisa mendapatkan pahala, ibadah sunah yang satu ini juga mendatangkan banyak sekali keuntungan.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply