Sewa Genset Banjarmasin – selamat melaksanakan aktivitas pada hari ini sahabat HATMA. NET. Tetapi jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih, karena pada saat ini cuaca di Indonesia sangat panas. Hal ini terjadi karena pergeseran matahari yang mengakibatkan cuaca panas meningkat pada siang hari. Perbanyak lah minum air putih minimal sepuluh gelas per hari.

Disini kita akan membahas tentang genset, yaitu generator pembangkit listrik yang bertenaga mesin. Genset sangat penting keberadaanya apabila ketika sedang terjadi pemadaman listrik. Pada saat terjadinya listrik padam, genset akan menggantikan posisi listrik untuk menyalakan berbagai alat yang bertenaga listrik.

Menurut Wikipedia Generator listrik atau biasa disebut genset memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Proses ini dikenal sebagai pembangkit listrik. Walau generator dan motor punya banyak kesamaan, tetapi motor adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal, tetapi generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada di dalam kabel lilitannya.
Sewa genset Banjarmasin akan menjelaskan tentang fungsi genset, manfaat genset, dan lain sebagainya. Mari langsung saja kita bahas dan simak baik – baik penjelasan tentang masalah genset atau generator listrik ini.

Sewa Genset Banjarmasin

Sewa Genset Banjarmasin

99co

Generator listrik atau genset pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Generator listrik pertama saat itu dibuat dalam bentuk kawat besi berbentuk “U” yang dililitkan dengan gulungan kawat. Generator tersebut dikenal dengan nama Generator Cakram Faraday. Dengan menggunakan induksi elektromagnetik, generator listrik tersebut bekerja dengan memutar kumparan dalam medan magnet sehingga muncul energi induksi.

1. Jenis Genset

Berdasarkan dari jenis arus listrik yang dihasilkan, genset dapat kita bedakan menjadi dua macam, yaitu generator listrik alternator (AC) dan juga generator listrik dinamo (DC). Langsung saja kita jelaskan kedua jenis tersebut.

• Genset Alternator (AC)

Sewa Genset Banjarmasin

debeddynet

. Pada genset listrik AC ini, kutub – kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan sehingga diantara kedua kutub magnet tersebut dihasilkan medan magnet. Di alam medan magnet tersebut terdapat kumparan yang mudah berputar pada porosnya. Karena kumparan selalu berputar, maka jumlah gaya magnet yang masuk ke dalam kumparan juga selalu berubah – ubah. Sifat dari arus listrik yang dihasilkan oleh generator listrik AC ini berjenis bolak-balik dengan bentuk seperti gelombang. Amplitudonya bergantung pada kuat medan magnet, jumlah lilitan kawat, dan luas penampang kumparan, serta frekuensi gelombangnya sama dengan frekuensi putaran kumparan.

• Generator Listrik Dinamo (DC)

Sewa Genset Banjarmasin

bukalapakcom

Cara kerja genset listrik DC mirip dengan cara kerja generator listrik AC. Yang membedakan hanya pada generator listrik DC ini, menggunakan sebuah cincin belah atau yang biasa disebut dengan komutator di bagian output-nya. Komutator ini memungkinkan arus listrik induksi yang dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listrik DC, meskipun kumparan yang berada di dalamnya menghasilkan arus listrik AC.

2. Fungsi dan Manfaat Genset

Sewa Genset Banjarmasin

bruceatfiedcouk

Genset adalah sebuah alat yang memiliki kemampuan menghasilkan daya listrik sebagai energi pengganti dengan prinsip kerja mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi listrik. Jika anda bertanya tentang fungsi genset, anda harus paham terlebih dahulu dari segi apakah fungsi tersebut dibicarakan. Hal ini karena kegunaan genset umumnya hanya dikenal sebagai pemasok daya alternatif yang dibutuhkan ketika suplai listrik dari PLN padam tanpa pemberitahuan pasti terlebih dahulu. Berikut fungsi genset dari beberapa segi.

• Segi Ekonomi

Jika anda bertanya apa fungsi genset jika dilihat dari segi ekonomi, maka mungkin sebagian orang yang memiliki alat tersebut akan menjawab bahwa genset berfungsi untuk menunjang aktivitas produksi di saat listrik yang disalurkan oleh PLN padam.

Sebagai contoh ada seorang pengusaha di bidang restoran yang membutuhkan listrik untuk produksi es krim maupun produk lain dengan menggunakan alat-alat listrik untuk melayani keinginan pelanggan, namun ketika listrik padam, tentunya pemilik restoran tersebut memiliki kesulitan untuk memenuhi keinginan pelanggan tepat waktu, terutama ketika sebagian bahan makanan yang ada harus diolah dengan menggunakan alat listrik. Itu sebabnya keberadaan genset akan sangat membantu dalam proses produksi produk yang berakibat pada jalannya kegiatan ekonomi.

Hal yang sama tentunya juga terjadi pada sebuah pabrik konveksi, dimana untuk produksinya dibutuhkan listrik yang cukup besar dan ketika listrik padam, tentu dibutuhkan tenaga alternatif yang akan menjamin keberlangsungan produksi demi peningkatan keuntungan yang diperoleh.

• Segi Kelistrikan

Sewa Genset Banjarmasin

energidayadieselcom

Ketika anda membicarakan tentang genset dari segi kelistrikan, anda tentu sangat memahami bahwa genset mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik. Namun tentu tidak hanya itu saja, karena genset memiliki sistem generator yang akan mengubah arus DC menjadi arus AC atau sebaliknya yang digunakan untuk menyalakan listrik sesuai dengan rancangan listrik yang ada pada bangunan atau gedung yang bersangkutan.

• Segi Kebutuhan

hartechcoid

Pada saat anda ingin menggelar sebuah acara di area terbuka atau untuk acara desa, tentunya anda pasti akan membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar dari yang dibutuhkan. Namun bagaimana caranya jika di sekeliling tidak ada energi listrik yang cukup memadai untuk menyalakan semua peralatan? Maka terkait hal seperti masalah yang satu ini, maka salah satu jalan keluar yang dapat dimanfaatkan adalah genset. Dengan menggunakan genset, anda akan dapat menggelar acara hajatan atau acara kampanye di desa tanpa khawatir listrik akan padam mendadak. Jika terkait segi kebutuhan, umumnya genset yang difungsikan untuk membantu memiliki kapasitas daya antara 220 hingga 300 volt.

• Segi Fisika

Jika anda memikirkan apa kaitannya fungsi dari genset dengan segi fisika, maka jawabannya terletak pada fungsinya yang mengubah tegangan yang dihasilkan oleh bahan bakar yang tersedia. Terkait dengan kapasitas tegangan genset yang tersedia, anda mungkin mengenal genset 1 fasa dan genset 3 fasa, dimana untuk genset bertegangan 1 fasa mengandalkan tegangan tinggi yang terbentuk dari aliran tegangan dari kutub L ke kutub N yang netral.

Sedangkan untuk alat 3 fasa mengandalkan daya yang lebih besar, dimana nantinya arus yang mengalir terjadi antara dua kutub yang bertegangan dan umumnya genset yang satu ini lebih sering dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga kelas menengah. Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat genset yang dilihat dari berbagai segi, jika Anda ingin membelinya, ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan, seperti:

A. Daya

Ketika anda ingin membeli genset, anda harus memastikan dan meneliti dengan betul daya genset yang ingin anda dapatkan untuk menunjang kebutuhan. Jika anda memerlukan alat tersebut untuk kebutuhan industri tentunya daya yang dipenuhi harus minimal 10% lebih besar dari daya keseluruhan yang selalu digunakan saat produksi.

B. Bentuk

rajawalindocom

Ketika anda ingin generator listrik ini, akan lebih baik apabila anda untuk mempertimbangkan terlebih dahulu bentuk yang anda inginkan untuk menunjang aktivitas kelistrikan. Bentuk disini terkait apakah anda ingin menempatkan benda ini diluar ruangan atau didalam ruangan. Pada umumnya, genset yang ditempatkan didalam ruangan memiliki kapasitas dan juga memiliki bentuk yang lebih besar daripada genset yang diletakkan diluar ruangan.

Itulah tadi penjelasan tentang genset dalam berbagai fungsi dan manfaatnya. Jika anda hanya memerlukan genset sekali dan itupun hanya untuk acara besar, sewa genset Banjarmasin menyediakan genset yang berbagai macam kapasitas. Dan tentunya harga sewa gensetnyapun juga terjangkau.