Masalah Rambut, Serta cara mengatasinya

Masalah Rambut – Rambut kering, rontok, dan masalah rambut lainnya umumnya terjadi karena kebiasaan gonta-ganti sampo atau efek terkena sinar matahari terlalu lama. Meski terkesan sepele, sebuah penelitian justru membuktikan bahwa perubahan warna dan ketebalan rambut juga bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan, lho.

Masalah Rambut, Serta cara mengatasinya

Masalah rambut

shopbackcoid

Agar bisa mengatasi rambut yang bermasalah, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Rambut yang bermasalah biasanya disebabkan oleh kondisinya yang terlalu kering. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa membuat kondisi rambut memburuk.

1. Sampo yang tidak tepat

Masalah rambut

faktualnewsco

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Jadi, Anda sebaiknya jangan sembarangan memilih sampo. Sampo yang kurang tepat akan membuat rambut kering, kasar, dan terlihat tidak sehat.

2. Keramas setiap hari

Keramas sangat penting untuk menjaga kebersihan rambut, tetapi juga bisa merusak apabila dilakukan setiap hari. Terlalu sering keramas bisa membuat rambut menjadi lebih kering dan kehilangan kelembapannya.

3. Terlalu sering memakai pengering rambut

Masalah rambut

maskulincom

Hair dryer jadi solusi paling cepat untuk mengeringkan rambut, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya. Rambut yang sering terpapar suhu panas biasanya akan lebih mudah rusak sehingga terlihat kusut.

4. Styling yang berlebihan

Penggunaan alat catok dan bahan-bahan kimia sebenarnya bisa memengaruhi kondisi rambut. Itulah kenapa Anda tidak disarankan untuk terlalu sering melakukan styling agar rambut tidak cepat rusak.

5. Sinar matahari

Masalah rambut

hellosehatcom

Bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar rumah, sebaiknya lindungi kepala atau rambut dengan cara memakai topi, hijab, atau menggunakan payung. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menghilangkan kelembapan rambut sehingga terasa makin kering.

Cara Mengatasi Masalah Rambut

Masalah rambut

sgstyleyahoocom

Masalah Rambut memang harus diatasi dengan beberapa cara, mulai dari perawatan teratur hingga menyiasatinya dengan metode tertentu. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut bermasalah.

1. Keramas teratur dengan kondisioner

Masalah rambut

blogfitnesiacom

Dalam kondisi normal, lakukan keramas secara teratur dua hari sekali. Namun, bila merasa rambut sangat berminyak atau kotor sehabis beraktivitas, Anda boleh keramas lagi meskipun sehari sebelumnya sudah melakukannya.
Jangan hanya memakai sampo, tetapi pastikan memakai kondisioner setiap selesai keramas. Kondisioner akan membuat rambut lebih lembap dan terasa lembut. Pemakaian kondisioner juga bisa mencegah rambut mengembang seperti singa.

2. Menyisir rambut sebelum keramas

Bagi rambut lurus atau bergelombang, disarankan untuk menyisir rambut terlebih dulu sebelum keramas. Saat keramas, lakukan pemijatan lembut di kulit kepala. Hindari terlalu sering mengacak rambut saat keramas agar tidak semakin rusak.

3. Pakai masker dan vitamin rambut

lifebrowncom

Cara lain yang bisa digunakan adalah rutin memakai masker rambut seminggu sekali. Anda bisa menggunakan masker kemasan atau membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami, misalnya dari madu, minyak zaitun, atau lidah buaya.

Selain masker, penggunaan serum/vitamin juga disarankan agar rambut bisa lebih sehat. Saat ini ada banyak vitamin rambut yang dijual di pasaran dengan berbagai manfaat. Sama seperti masker, gunakan vitamin rambut satu kali dalam seminggu.

4. Batasi styling rambut

Bagi Anda yang suka sekali mengubah-ubah gaya rambut, sebaiknya kurangi frekuensinya mulai dari sekarang.
Jangan terlalu sering menggunakan hair dryer atau mewarnai rambut dengan bahan-bahan kimia. Meski tidak berbahaya, tapi styling yang berlebihan pasti akan merusak rambut.

5. Ubah gaya rambut

dansmedianet

Cara terakhir ini khusus bagi Anda yang jarang melakukan styling dan ingin cepat-cepat tampil menarik dalam waktu singkat. Rambut yang mengembang bisa disiasati dengan styling sederhana, misalnya dengan diikat, dikepang, atau digelung bergaya low bun yang simpel.

Nah, itu dia beberapa cara agar rambut tidak mengembang dan membuat penampilan lebih maksimal. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara rutin agar rambut selalu sehat sekaligus tidak terlihat kering dan kusam.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply