Aqiqah Banjarmasin – [CV Hatma Group] – Masakan Kambing, Dekorasi, Foto

Aqiqah Banjarmasin – Kami dari Hatma Catering melayani bagi Ayah dan Bunda untuk melangsungkan acara aqiqah anak tercinta anda, bisa langsung hubungi kami yaa,

aqiqah banjarmasin

Bagi semua orangtua, kehadiran seorang buah hati merupakan sebuah anugrah dari Allah SWT serta merupakan hadiah terindah bagi mereka sekeluarga.

Sudah menjadi kewajiban bagi semua orangtua untuk mengetahui tentang kewajiban orangtua untuk anaknya dan hak-hak yang harus dipenuhi orangtua, mulai dalam kandungan sampai sudah sudah dewasa.

Dalam rangka menyiapkan kehadiran buah hati umat terbaik, Rasulullah mewasiatkan banyak hal tentang bagaimana mana memperlakukan anak untuk mendidik anak sejak lahir ke dunia, ternyata didikan tersebut sudah diajarkan melalui salah satu wasiat Rasulullah SAW berupa sunnah tentang hak dan kewajiban orangtua kepada anak.

Dimana semua tersebut terangkai dalam sebuah kegiatan yang sering disebut Aqiqah, kemudian sebelum kami memaparkan tentang jasa Aqiqah Banjarmasin, Berapa Harga Paket catering, Dimana Alamat Peternakan Kambing dan Tempat memasak? Apakah hanya menyediakan Masakan Kambing saja?

aqiqah banjarmasin

Izinkan kami sedikit berbagi informasi tentang 6 Sunnah Yang Sangat Rasulullah Anjurkan Saat Kelahiran Anak,

6 Sunnah Yang Sangat Rasulullah Anjurkan Saat Kelahiran Anak, nomer 5 paling peting. – Aqiqah Banjarmasin

aqiqah banjarmasin

#1 Pertama Memperdengarkan suara Adzan dan Iqamah pada kedua telinga anak yang baru lahir

Sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW melalui haditsnya : “Barangsiapa yang melahirkan seorang anak, lalu mengumandangkan adzan pada telinga kirinya, maka dia tidak akan dicelakakan oleh Ummu Shibyan.” (HR. Ibnu Sinni)

#2 Kedua, Men-Tahnik bayi yang baru lahir dengan kurma atau madu

Tahnik merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan mengunyah buah kurma sampai dengan hancur, kemudian dimasukan ke mulut banyak serta meletakan di langit-langit bayi, Tahnik bisa lakukan sendiri oleh orangtua si bayi atau dengan ulama setempat.

Tuntunan untuk bertahnik salah satunya adalah dari hadits riwayat Al – Bukhari yang berbunyi : Dari Abi Musa, ia berkata :“Anakku telah lahir lalu aku membawanya kepada Rasulllah. Kemudian beliau menamakannya Ibrahim dan mentahnik mulutnya dengan sebutir kurma, lalu mendoakannya agar mendapat barakah, kemudian mengembalikannya kepadaku..”

#3  Aqiqah Banjarmasin yang ketiga Memberikan nama terbaik untuk anak

Nama merupakan sebuah bentuk harapan dan doa serta menjadi identitas bagi si anak hingga berumur dewasa. Maka disinilah sangat perlu dan pentingnya pemberian nama terbaik untuk anak.
Memberikan nama kepada anak dengan memperhatikan makna dari nama tersebut, tidak hanya sekedar memberi nama yang kelihatan bagus apalagi memberikan nama pada anak dengan alasan ikut-ikutan.

Dalam pemberiankan nama jangan sembarangan memberikakan nama, kita juga harus memperhatikan makna dari nama tersebut, tidak hanya kelihatan bagus, apalagi memberi nama dengan alasan ikut-ikutan.

Nama-nama yang dianjurkan adalah nama-nama malaikat, nama para nabi serta nama-nama lain yang memiliki kandungan makna yang bagus.

#4 Keempat, Mencukur rambut dan bersedekah seberat potongan rambut

Dari Ja’far bin Muhammad dari Ayahnya, ia menceritakan :“Fathimah pernah menimbang rambut hasan, husain, Zainab dan Ummu Kaltsum lalu mengeluarkan sedekah perak seberat rambutnya kepada orang-orang miskin.” (HR. Malik )

#5 Kelima Aqiqah Banjarmasin

Aqiqah menurut bahasa berati pemotongan, aqiqah merupaka salah satu sunnah dari Rasulullah SAW, yaitu sebuah proses pemotongan kambing pada hari 7, 14, 21 dan seterusnya dari hari lahirnya Anak.

Sesuai tuntunan agama Islam bahwa jumlah kambing yang dipotong adalah 1 (satu) ekor kambing untuk perempuan dan 2 (dua) ekor untuk anak laki-laki.

#6 Keenam, Khitan dan tindik telinga

Sunnah berikutnya dari Rasulullah SAW adalah mengkhitan atau memotong sedikit kulit kelamin anak laki-laku dan perumpuan yang menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim. Sedangkan untuk tindik hanya berlaku untuk anak perumpuan sebagai kepentingan untuk perhiasan

setelah membaca bahasan di atas, bagi para ayah dan bunda yang menginginkan jasa kami untuk mengatur dan mempersiapkan acara aqiqah anak ayah dan bunda bisa bisa langsung tanya jawab via Wa atau langsung pesan

aqiqah banjarmasin

Aqiqah Banjarmasin

Kami menawarkan berbagai paket aqiqah Banjarmasin dengan harga yang bersaing + pengisi acara aqiqah anak ayah dan bunda, pokok ayah dan bunda terima jadi, acara Insha Allah siap bantu.

  1. Dekorasi
  2. Cetering
  3. Hiburan
  4. Pengisi Acara (Ceremah dan Qori)
  5. Tenda, Kursi dan Meja

 

PENJELASAN TENTANG AQIQAH UNTUK MANAMBAH WAWASAN KITA

Hukum Aqiqah pada Islam

Hukum aqiqah dalam Islam berdasarkan pendapat Ulama pada masa ini merupakan sunnah muakkadah yang berarti tidak terdapat dosa bagi siapa yang meninggalkannya atau belum mampu melaksanakannya.

Aqiqah merupakan suatu proses penyembelihan kambing yang bertujuaan menjadi bentuk syukur pada Allah SWT. Yang sudah menyampaikan karunianya yang begitu besar yaitu seorang anak pada pasangan suami istri baik laki-laki maupun perempuan.

Saat pelaksanaan Aqiqah Banjarmasin sinkron dengan Kaidah Islam

Pelaksanaan Aqiqah anak laki-laki atau perempuan menurut Agama Islam dan telah sebagai kesepakatan bersama antara alim ulama artinya hari ke-7 setelah bayi dilahirkan. Kesepakatan tadi diambil berasal beberapa dalil hadist sahih.

Yang isinya berkenaan tentang dengan keterkaitan seorang anak yang telah dilahirkan menggunakan aqiqahnya baik laki-laki atau perempuan yang kemudia akan disembelih aqiqahnya dihari ke tujuh bersama pemberian namanya.

Melaksanakan aqiqah pada hari ke-7 beralaskan pada anjuran. Namun bagaimana jika tidak mampu melaksanakannya sempurna di hari ke tujuh kelahiran bayi? Apakah add solusi buat menyelesaikan masalah ini? Berikut jawabannya.

Dari Imam Syafi’I dan Hambali mengungkapkan bahwa jika saat melaksanakan Aqiqah dimulai dari hari pertama kelahiran bayi. Hukumnya menjadi tidak legal bagi melaksanakan Aqiqah dilakukan sebelum kelahiran bayi sebab akan disebut sebagai sembelihan biasa saja.

Jadi Melayani Aqiqah Online, bila seorang ibu mengalami keguguran waktu sedang mengandung maka tidak perlu melaksanakan aqiqah meskipun bayi yang telah keguguran telan berusia 4 bulan didalam kandungan.

Menurut Imam Maliki menyatakan bahwa batasan melaksanakan aqiqah telah gugur bila sudah melewati hari ke-7. Itu dibantah sang Imam Syafi’I yang menyatakan bahwa aqiqah masih diperbolehkan sebelum anak mencapai usia baliqh dan masih pada tanggungan sang ayah saat melakukan aqiqah tersebut.

Berdasarkan Imam Hanafi dan maliki mengungkapkan bahwa melaksanakan aqiqah dilakukan pada hari ke-7 dan tak boleh dilaksanakan pada hari sebelumnya. Menurut Imam Hambali bila aqiqah tidak dilakukan pada hari ke-7 maka disunnahkan melakukan di hari lain ketika orang tuanya sudah bisa atau mampu untuk melaksanakannya.

Menurut Imam Syafi’I bahwa aqiqah tidaklah diklaim luput bila dipengerahui masa berakhirnya namun jika samapai mencapai usia baligh namun anak belum bisa diaqiqahi maka sudah gugur aqiqah tadi serta oleh anak boleh mengaqiqahi dirinya sendiri.

Aqiqah Bagi Anak Laki-laki dan Perempuan

Berikut penjelasan aqiqah berdasarkan ulasan diatas, yaitu Hukumnya sunnah untuk menyampaikan nama serta mencukur rambut sang anak di hari ke tujuh dia dilahirkan. Hukumnya sunnah dilakukan aqiqah pada hari ketujuh selesainya kelahiran anak.

Untuk anak Laki-laki disunnahkan menyembelih 2 ekor kambing sedangkan buat anak Perempuan 1 ekor kambing. Melaksanakan aqiqah hukumnya sunnah sang orang tua anak karena pelaksanaannya juga bisa dilakukan anggota keluarganya yang lain. Itulah hukum berasal aqiqah anak perempuan dan laki-laki dalam Islam.

Syarat Kambing buat Aqiqah Banjarmasin

Sebenarnya Para Ulama tidak Sependapat atau searah dalam menentukan syarat kambing buat aqiqah secara pastinya terutama berkenaan menggunakan usia kambingnya. Antara lain memperdebatkan syarat kambing wajib berusia dua tahun dan yang lainnya menyebutkan jika tidak terdapat syarat khusus karena tidak ada dalil atau hadist khusus yang menjelaskannya.

Hukum Kambing Aqiqah dalam Islam

Perbedaan pendapat yang dimuntahkan antara sang para Ulama pada memilij kambing yang boleh dipergunakan buat aqiqah tidak menemui ujung yang sama saat dalam menentukan usia kambingnya. Beberapa terdapat diantara ulama mengungkapkan bahwa usia kambign tersebut harus mencapai dua tahun, tetapi terdapat juga yang menyebutkan bila usianya mencapai 1 tahun untuk domba.

Ada juga yang menjelaskan jika kambing haruslah sehat, tidak memiliki cacat, tanduknya tidak hilang sebagian atau patah tanduk, dan giginya tidak ompong dan sebagainya yang merupakan tidak memiliki cacat yang lainnya.

Ada pertanyaan jika ada yang menjelaskan bolehkan aqiqah menggunakan kambign betina? Jawabannya boleh karena memang mereka tidak menemukan dalil yang secara khusus tentang berkenaan dengan kriteria kambing yang harus di gunakan untuk melaksanakan aqiqah tersebut dan tidak menemukan jua hadist yang spesifik melarang penggunaan kambing betina tersebut menjadi sembilhan untuk aqiqah.

Akan tetapi lebih di sarankan atau afdol jika menggunakan kambing jantan saja.

Syarat Kambing buat Aqiqah

Setelah bertukar pendapat yang menimbulkan perbedaan, kemudian kondisi seekor kambing bisa dijadikan sembelihan saat aqiqah itu yang mirip apa? Buat memperjelas maka baik Ulama NU dan Muhammadiyah akhirnya memberi keputusan yang jelas atau tepat mengenai syarat legal kambing tersebut boleh dijadikan sembelihan ketika aqiqah supaya tidak terjadi kebingungan.

Hukumnya bukan wajib namun alangkah baik nya bila dilaksanakan menjadi bentuk syukur akan karunia anak yang diberikan oleh Allah SWT. Serta mengikuti sunnah Rasulullah. Melayani Aqiqah Online kondisi berasal kambing yang boleh disembelih ketika aqiqah disamakan dengan kondisi sah qurban dimana kambing wajib memenuhi kondisi jenis kelamin, umur serta fisik yang sehat.

Syarat Kambing atau binatang yang lain yang boleh buat aqiqah seperti yang di contohkan oleh Rasulullah artinya kambing baik menggunakan jenis domba, gibas, atau kisby selama syarat kambing tersebut pada keadaan yang fisiknya sehat maka diperbolehkan untuk digunakan buat aqiqah.

Sedangkan yang akan menggunakan unta atau sapi masih menjadi perdebatan ulama. Ada yang mengungkapkan bahwa tidak boleh melakukannya yang di ambil berasal penerangan panjang lebar Ustadz Ahmad Sarwat.

Kondisi yang lainnya yaitu kambing yang akan digunakan harusnya mencapai umur yang sesuai untuk menggunakan ketentuan kambing yang akan di lakukan buat aqiqah qurban tersebut. Jenis kelamin kambing tersebut pun tidak dibedakan adi boleh menggunakan kambing jantan atau kambing betina.

Untuk anak Laki-laki meggunakan atau menyembelih kambing sebanyak dua ekor kambing sedangkan anak perempuan relative satu ekor kambing saja. Tetapi jika orang tuanya tidak mampu melaksanakan, maka boleh menggunakan satu kambing saja sesuai hukum aqiqah dalam islam.

Hikmah Aqiqah dalam Islam

Rasulullah SAW bersabda, “seluruh bayi tergadai dengan aqiqah-nya, yang di hari ketujuhnya disembelih kambing, dinamai, serta rambutnya dicukur.” Hadist ini diriwayatkan sang Abu Dawud serta Tirmidzi serta dinyatakan termasuk hadist yang sahih.

Menggukan merujuk di hadist diatas, maka menjadi umat Nabi Muhammad SAW yang diperintahkan untuk mengikuti sunnahna, maka aqiqah merupakan sunnah muakkad. Maka hikmah aqiqah dalam Islam adlaah menjadi bentuk syukur atas Kenimatan yang dititipkan kepada ayah dan ibu.

Semoga Artikel Ini bermanfaat buat Ayah dan Ibu yang ingin melakukan Aqiqah. Saya memohon maaf apabila artikel ini ada kesalahan baik dari penjelasan maupun kata-kata. Terima Kasih.

aqiqah banjarmasin

Hatma Catering Banjarmasin, Catering Banjarmasin

Aqiqah Banjarmasin