Jual Salada Banjarmasin

Jual Salada Banjarmasin – Hallo Sahabat HATMA.NET, Selamat bekerja bagi yang sudah bekerja, semoga hari ini pekerjaannya di mudahkan walaupun dimasa pandemi ini tetap semangat bekerjanya.

Selalu mematuhi protokol kesehtan seperti,  jaga kesehatan, jaga jarak, menggunakan masker, dan tidak lupa selalu mencuci tangan dengan sabun. Apabila tidak ada aktivitas di luar rumah, sebaiknya anda berdiam diri di rumah saja, lakukan kegiatan yang mengandung hal positif dan bermanfaat.

bagi yang sedang mencari agen salada banjarmasin, bisa kontak kami yah,

Info salada banjarmasin  WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

9 Manfaat Daun Selada penting untuk kesehatan tubuh kita

Jual Salada Banjarmasin

pixabay com

Di setiap piring lalapan, biasanya  ada daun selada yang segar untuk menemani sarapan anda. Begitu juga dengan hidangan khas Indonesia seperti gado-gado dan asinan, daun selada tampaknya hampir tak pernah absen. Meskipun kita sering makan daun selada, apakah kalian tahu apa saja khasiatnya untuk kesehatan kita? Langsung saja kita baca berbagai manfaat daun selada berikut ini.

menurut Wikipedaia Selada atau daun sla (Lactuca sativa) adalah tumbuhan sayur yang biasa ditanam di daerah beriklim sedang maupun daerah tropika. Kegunaan utama adalah sebagai.

Kandungan Nutrisi Daun Selada

Jual Salada Banjarmasin

pixabay com

Jual Salada Banjarmasin, Daun salada memiliki banyak vitamin yang baik, termasuk vitamin A dan VItaman K yang sangat tinggi. Bahkan secangkir daun selada bisa memenuhi 82% kebutuhan vitamin A serta 60% kebutuhan vitamin K harian anda.

Menurut data komposisi pangan Indonesia dari Kementrian Kesehatan RI 100 gram daun selada mengandung komposisi sebagai berikut:

  • Air : 94.8 g
  • Protein : 1,2 g
  • Lemak : 0,2 g
  • Karbohidrat : 2,9 g
  • Serat : 1,8 g
  • Kalsium : 22 miligram
  • Fosfor : 25 mg
  • Natrium : 19 mg
  • Kalium : 186.4 mg

Sayuran berdaun hijau banyak mengandung berbagai nutrisi penting seperti mineral, besi, kalium, kalsium, folat, dan serat dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian anda.

Berbagai manfaat daun selada untuk kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun selada kaya kandungan folat didalam tubuh anda. folat berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah. Sedangkan kadar homosistein dalam darah yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai masalah pada jantun , mislanya penyumbatan pembuluh darah.

Hal tersebut bisa menyebabkan resiko stroke, penyakit arteri coroner, dan emboli paru. Di saming itu, selada mengandung vitamin A dan vit C, keduany merupakan antioksidan yang ampuh untuk melawan radikal bebas.

Mencegah keruasakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung  adalah salah satu kandungan daun selada.

Info salada banjarmasin  WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

  1. Merawat Kecantikan Kulit

Kekurangan makanan Vitamin A dapat membuat warna kulit jadi tidak rata atau belang. Sementara itu, kekurangan vit C bisa membuat kulit cepat keriput, kendur, dan kusam. Rutin mengomsumsi daun selada yang kaya kandungan Vit A dan Vit C,

berkhasiat membantu merawat kulit anda agar tampak lebih sehat, kencang, dan lembut. Kandungan air yang sangat tinggi dalam daun selada juga bisa menjaga kelembapan kulit anda secara alami sehingga tidak kering atau keriput.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Vit A juga mampu meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel . berbagai vitamin dalam daun selada berfungsi untuk menjaga sel-sel imun dalam tubuh melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Oleh karena itu, rutin makan daun selada bisa memberikan manfaat dalam mencegah penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan bakteri, misalnya influenza dan diare. Dimasa pandemic ini, cocok untuk anda mengomsumsi daun selada ini agar imun tubuh kita tetap kuat dan terhindar dari virus tersebut.

  1. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Jual Salada Banjarmasin, Vitamin K berfungsi untuk menjaga agar darah ibu hamil dan janinnya tidak terlalu encer. Manfaat daun selada bagi ibu hamil sangat sayang untuk di lewatkan, karena daun selada adalah sumber folat yang tinggi.

Senyawa folat terbukti dapat menekan resiko kecacatan pada janin. Daun selada yang kaya kandungan vit K juga mampu mencegah pendarahan setelah persalinan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sebagai makanan yang tinggi vit A, khasiat baik vit A bagi kesehatan mata tentu sudah tidak asing lagi buat anda. selada bisa membantu anda menjaga agar mata selalu sehat  dan tajam meskipun usia terus bertambah.

Kekurangan vit A bisa meningkatkan resiko glaucoma, katarak, dan menurunnya pada penglihatan karena proses penuaan.

  1. Mencegah Tulang Keropos

Bermanfaat mencegah pengeroposan pada tulang, osteopenia, maupun osteoporosis. Pembentukan dan kepadatan tulang anda sangat tergantung pada vit K serta kalsium. Jadi komsumsi sayuran hijau salah satunya daun selada yang kaya Vit K dan kalsium.

  1. Melawan Infeksi Mikroba

Selada memiliki komponen antimikroba seperti terpenes, cardenolides, dan enzim glukanase. Selada  memiliki kompunen antimikroba yang berperan dalam melawan berbagai kuman penyebab penyakit yang ada dalam tubuh.

Ketiganya diketahui memiliki potensi untuk menghalau infeksi dari bakteri escheria coli, penyebab gangguan pencernaan, dan jamur candila albicans yang bisa menybabkan infeksi saluran pada kemih dan kelamin.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Kalium berperan penting dalam kerja otot jantung sehingga bisa membantu jantung bekerja dengan optimal dalam memompa darah. Daun selada juga memiliki kandungan yang cukup tinggi.

Selain kalium kandungan mineral lain dalam selada seperti magnesium dan folat juga punya khasiat untuk melancarkan aliran darah. Hal ini tentunya bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah sehingga turut mengurangi resiko jantung coroner dan stroke.

  1. Mencegah Kanker

Kerusakan sel-sel dalam tubuh dapat memicu  pertumbuhan sel-sel kanker. Selada merupakan sayuran hijau yang kaya kandungan antioksidan sehingga berperan penting dalam memperkuat fungsi sel tubuh. Kandungan folat diketahui memiliki potensi mencegah kanker payudara.

Selain itu, kandungan folat diketahui memiliki potensi mencegah kanker payudara. Kandungan antioksidan dalam daun selada di antaranya adalah antosianin, betakaroten, dan vit Vit C. ketiganya dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan karusakan pada sel-sel tubuh.

Dari kandungan nutrisinya, daun selada  menawarkan manfaat jangka panjang untuk kesehatan tubuh. Penting untuk selalu di ingat, hanya mengomsumsi selada tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Jual Salada Banjarmasin

pixabay com

Jika anda memperoleh manfaat selada secara optimal, pastikan untuk memilih daun selada yang masih segar. Selalu imbangi konsumsinya dengan sumber nutrisi lain untuk mendukung pola makan gizi yang lengkap dan seimbang.

Selain banyak manfaat dari daun selada tersebut, disini  juga ada cara atau teknik budidaya tanaman daun salada. Tanaman selada merupakan salah satu jenis sayuran daun yang banyak diusahakan di dataran rendah hingga tinggi.

Jual Salada Banjarmasin, Sayuran daun selada daun memiliki daun yang berwarna hijau segar, tepinya bergerigi atau berombak, dan lebih enak dimakan secara mentah. Selada yang ditanam di dataran rendah cenderung lebih cepat berbunga dan berbiji.

Ketinggian tempat bagi tanaman selada ialah 50-2200 mdpl, suhu optimal antara 15-25 derajat Celsius.  Jenis tanah yang disukai selada ialah lempung berdebu, lempung berpasir, dan tanah yang masih mengandung humus.

Meskipun demikian, selada masih toleran terhadap tanah yang miskin hara asalkan di beri pengairan dan pupuk organik yang memadai. Sebaiknya tanah tersebut bereaksi netral.

Jika tanah asam, daun selada menjadi kuning. Oleh karena itu, untuk tananh yang asam sebaiknya dilakukan pengapuran terlebih dahulu sebelum penanaman.

  1. Pengolahan Tanah

Kegiatan pengolahan tanah dalam usaha budidaya pertanian bertujuan untuk menciptakan keadaan tanah olah yang siap tanam baik secara fisik, kimia, maupun biologis, sehingga tanaman yang di budidaya akan tumbuh dengan baik.

Pengolahan tanah pertama (pembajakan), dalam pengolahan tananh pertama, tanah dipotong, kemudia di balik agar sisa tanaman dan gulma yang ada di permukaan tananh terpotong dan terbenam. Pembalikan tanah umumnya antara 15 sampai 20 cm.

  1. Pengolahan Tanah Kedua

Pengolahan tanah kedua bertujuan untuk menghancurkan bongkah tanah hasil pengolahan tanah yang pertama yang besar menjadi lebih kecil dan sisa tanaman dan gulma yang dipotong lagi menjadi lebih halus sehingga akan mempercepat proses.

Pembusukan setelah itu penambahan dengan ukuran bedengan

  1. Panjang di sesuaikan dengan kondisi lahan
  2. Lebar 1 – 1.2 meter
  3. Tinggi bedengan 20 – 25 cm
  4. Jarak antar bedengan 30 cm
  5. Persiapan Pesemaian

Penyemaian dapat dilakukan di dalam kotak ataupun di lahan. Bila di lahan lakukan pengolahan tanah hingga gembur. Menambahkan pasir dan pupuk kandang, taburkan bibit secara merata. Kemudian tutupi dengan lapisan tanah tipis-tipis. Setelah berumur sekitar 3 minggu bibit siap di pindahkan ke lahan.

  1. Penanaman

Penanaman bibit dilakukan di pagi hari sebelum matahari terik. Syarat untuk dipindahkan ke lapangan antara lain:

  1. Umur bibit 15-21 hss
  2. Bibit yang sehat dan terlihat segar
  3. Tidak terlihat ada gejala serangan hama dan kerusakan pada bibit

Jarak tanam yang ideal untuk tanaman daun selada sekitar 20 cm x 25 cm dengan jumlah populasi per hektar sebanyak 200.000 tanaman.

  1. Pembuatan Naungan

Pembuatan naungan ini dilakukan dengan cara memasang tiang naungan dari pohon bamboo secara melingkar sebesar 180 kemudian di tutup dengan plastik putih transparan.

Pembuatan naungan ini bertujuan untuk menghindari percikan air hujan secara langsung pada tanaman yang dapat menyebabkan tanaman menjadi rusak.

  1. Pemeliharaan

Penyiangan dilakukan pada tanaman berumur 14 hst. Hal ini karena perakaran selada dangkal sehingga kurang mampu bersaing dengan tanaman lain dalam menyerap hara. Hal ini berfungsi untuk menekan serangan hama dan penyakit.

Jika di dataran rendah yang dimana udara lebih panas dan kekurangan air, kebutuhan air mutlak di penuhi pada awal penanaman. Bila tidak turun hujan, lakukan penyiraman dengan gembor atau melewatkan air melalui parit pengairan.

Pemupukan dilakukan memberikan unsur hara dalam tanah sehingga dapat di serap oleh akar pada tanaman.

  1. Panen dan Pascapanen

Daun selada dapat di panen ketika sudah berumur 45 hari setelah tanam. Namun, bisa saja kurang dari umur tersebut tanaman sudah layak konsumsi, jadi bisa di panen lebih cepat. Cara memanen daun selada tersebut dengan cara memotong bagian tanaman di atas permukaan tanah atau bisa juga  dengan mencabut semua bagian daun termasuk juga akarnya.

Jual Salada Banjarmasin, Setelah sudah di panen kemudia akar tersebut di cuci, daun yang rusak di buang, kemudia di kelompokkan selada berdasarkan ukuran sesuai dengan grade atau kelasnya tersebut. Selada ini harus segera di pasarkan karena tak tahan panas dan penguapan.

Hubungi lebih lanjut : HATMA.NET

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mencari tahu manfaat dari daun selada dan ingin budidaya tanaman daun selada. Terima Kasih.

Info salada banjarmasin  WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)