Sewa Crane Banjarmasin – CV HATMA GROUP- Hatma Rent

Sewa Crane Banjarmasin – Menurut pengertian sebagian orang Crane merupakan salah satu perangkat berat heavy equipment yang digunakan sebagai perangkat pengangkat dalam proyek kontruksi bangunan. Crane bekerja dengan mengusung material yang akan dipindahkan, mengalihkan secara horizontal, dan juga menurunkan material ditempat yang diinginkan.

Bahan informasi dibawah ini hanya bahan tambahan untuk penikmat membaca artikel, namun pada dasarnya kami dari CV Hatma Group ini menawarkan sewa crane banjarmasin, tanpa panjang lebar bagi anda yang ini mengingkan informasi sewa crane banjarmasin bisa langsung menghubungi atau mengklik tombol dibawah ini,

Sewa Crane Banjarmasin

Info Pemesanan WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

Sewa Crane Banjarmasin

Alat berat crane ini memilki format dan keterampilan mengangkat benda yang besar dan dapat berputar sampai 360 derajat dan jangkauan sampai puluhan meter. Crane seringkali digunakan dalam kegiatan pekerjaan proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan dan lain sebagainya.

1. Berikut ini adalah beberapa macam crane yang sering dipakai:

1. Crane Crawler

Crawler crane merupakan pesawat pengangkat material yang biasa digunakan pada lokasi proyek pembangunan dengan jangkaun yang tidak terlalu panjang. Tipe ini mempunyai bagian atas yang dapat bergerak 360 Derajat. Dengan roda crawler maka crane tipe ini dapat bergerak didalam lokasi proyek saat melakukan pekerjaannya. Pada saat crane akan digunakan diproyek lain maka crane diangkut dengan menggunakan lowbed trailer. Pengangkutan ini dilakukan dengan membongkar boom menjadi beberapa bagian untuk mempermudah pelaksanaan pengangkutan.

 

Sewa Crane Banjarmasin

Info Pemesanan WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

2. Mobile Crane (Truck Crane)

Mobile Crane (Truck Crane) ialah crane yang ada langsung pada mobile (Truck) sampai-sampai dapat dengan gampang dibawa langsung pada pada tempat kerja tanpa mesti memakai kendaraan (trailer). Crane ini mempunyai kaki (pondasi/tiang) yang bisa dipasangkan saat beroperasi untuk mengawal crane tetap seimbang. Truck crane ini bisa berputar 360 derajat.

Sewa Crane Banjarmasin

Info Pemesanan WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

3. Tower Crane
Jasa Crane Banjarmasin

cgtradercom

Tower crane adalah alat yang dipakai untuk mengusung material secara vertical dan horizontal kesuatu lokasi yang tinggi pada ruang gerak yang terbatas. Tipe crane ini dipecah menurut teknik crane itu berdiri yakni crane yang bisa berdiri bebas (free standing crane), crane diatas rel (rail mounted crane), crane yang ditambatkan pada bangunan (tied-in tower crane) dan crane panjat (climbing crane).

4. Hydraulic Crane
Jasa Crane Banjarmasin

cgtradercom

Umumnya semua jenis crane menggunkan sistem hidraulik (minyak) dan pheneumatik (udara) untuk dapat bekerja. Namun secara khusus Hidraulik crane adalah crane yang biasa digunakan pada perbengkelan dan pergudangan dll, yang memilki struktur sederhana. Crane ini biasanya diletakkan pada suatu titik dan tidak untuk dipindah-pindah dan dengan jangkauan tidak terlalu panjang serta putaran yang hanya 180 derajat. Sehingga biasanya pada suatu perbengkelan/pergudangan terdapat lebih dari satu Crane.

2. Bagian – Bagian dari Crane

1. Jib/Lengan Crane

bagian terpanjang dan dapat berputar sebesar 360°, Jib, merupakan lengan tower crane yang terdiri dari elemen-elemen besi yang tersusun menjadi satu bagian rangka batang. Fungsinya untuk mengangkat material yang di butuhkan dengan bantuan kabel baja (sling).

2. Counter Weight

bagian ini ada di belakang dari crane, berfungsi untuk menyeimbangkan berat crane dengan jib dengan bantuan beton sebagai penyeimbang.

3. Hoist, Trolley Dan Sling

Hoist merupakan bagian dari crane yang berfungsi untuk membawa material secara vertikal, sedangkan trolley berfungsi membawa material secara horizontal. Kemudian sling, merupakan baja besi yang menyatu dengan bagian hoist.

4. Operator Cab

di bagian ini terdapat alat-alat pengendali berupa tuas. Fungsinya sebagai tempat mengoperasikan crane.

5. Mast

fungsinya untuk memperkuat pondasi crane. Pondasi crane harus terbuat dari beton yang besar.

6. Slewing Unit

berfungsi dalam memutarkan crane

7. Climbing Frame

Sebagai alat bantu untuk operator agar dapat memasuki bagian Operator’s Cab.

8. Tower Top

Merupakan bagian paling puncak dari crane.

9. Collar Frame

biasanya di pasang setiap 20m di antara setiap section¬. Apabila ketinggian crane telah melebihi batas free standing, maka tower harus di pasangkan sabuk pengaman yang di ikatkan pada bangunan.

 

Sewa Crane Banjarmasin

Info Pemesanan WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

3. Fungsi Crane Berdasarkan Jenisnya

1. Tower Crane

terdiri dari beberapa bagian yang dapat dibongkar pasang ketika digunakan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.
Biasanya diangkut secara terpisah menggunakan kendaraan (trailer) ke tempat proyek kemudian dipasang kembali di tempat proyek.

2. Truck Crane

crane yang terdapat langsung pada Truck sehingga bisa langsung dibawa ke lokasi kerja tanpa harus menggunakan kendaraan (trailer).
Memiliki pondasi/tiang yang dapat dipasangkan ketika beroperasi, agar saat beroperasi crane menjadi seimbang.

3. Crawler Crane

merupakan pesawat pengangkat material yang biasa digunakan pada lokasi proyek pembangunan dengan jangkaun yang tidak terlalu panjang. Memiliki roda-roda rantai (crawler) yang dapat bergerak ketika digunakan.

4. Hydraulic Crane

biasanya diletakkan pada suatu titik dan tidak untuk dipindah-pindah dan dengan jangkauan tidak terlalu panjang serta putaran yang hanya 180 derajat.

4. Kriteria Pemilihan Crane

Pemilihan tower crane sebagai perangkat untuk mengalihkan material didasarkan pada situasi lapangan yang tidak luas, elevasi yang tidak tercapai oleh perangkat lain. Dan tidak dibutuhkanya pergerakan alat. Pemilihan jenis tower crane yang akan digunakan harus mempertimbangkan kondisi proyek, format struktur bangunan, fasilitas operasiaonal baik pada ketika pemasangan maupun pada ketika pembongkaran. Sedangkan pemilihan kapasitas tower crane menurut berat, dimensi, dan daya jangkau pada beban terberat, elevasi maksimum alat, perakitan perangkat diproyek, berat perangkat yang mesti disangga oleh strukturnya, ruang yang terdapat untuk alat, luas lokasi yang mesti dicapai alat dan kecepatan perangkat untuk mengalihkan material.

Itulah tadi ada beberapa jenis crane, fungsi, serta bagian – bagian dari crane. Sekarang banyak sekali gedung – gedung tinggi yang akan dibangun di Banjarmasin, tetapi para pengusaha perusahaan tidak perlu khawatir, karena sewa crane banjarmasin banyak tersedia jenis – jenis crane yang sering diperlukan, selain crane kami juga menyewakan alat berat lainnya, seperti exca , dozer, dan lain nya.

Sewa Crane Banjarmasin

Info Pemesanan WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

Hatma.net