Tempat Wisata Di Kalimantan Selatan ada #10 yang terbaik

Tempat Wisata – Menurut Wikipedia tempat wisata adalah segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Menurut SK MENPARPOSTEL No.: KM. 98/PW.102/MPPT-87, tempat wisata adalah semua tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik dan diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi wisatawan.

Jika anda berkunjung kemana pun, baik itu ke negara mana atau ke kota – kota, pasti yang anda inginkan adalah pergi ketempat wisatanya. Setelah lelah bekerja di kota – kota perantauan pasti yang anda inginkan ialah berlibur dengan menghirup udara segar dipegunungan atau menikmati angin sepoy – sepoy di tepi pantai.

Tempat Wisata Di Kalimantan Selatan

Tempat Wisata

ksmtourcom

Kali ini saya akan memberitahukan kepada anda destinasi – destinasi tempat wisata yang ada di Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan sangat banyak mempunyai tempat wisata, mulai dari perbukitan yang begitu hijau dan sangat nyaman dipandang oleh mata, sampai pantai yang juga tidak kalah indahnya seperti pantai yang ada di provinsi lain.

Walaupun ada banyak sekali tempat wisata di Kalimantan Selatan, kita hanya akan membahas 10 destinasi wisata alam yang ada Di Kalimantan Selatan yang menurut saya paling nyaman dan cocok dijadikan untuk tempat bersantai dan untuk membuang rasa lelah dan beban pikiran setelah seharian penuh bekerja.

1. Jembatan Gantung Desa Nateh

Tempat Wisata

instakalimantanblogspotcom

Bukannya untuk bersantai, jembatan yang letaknya di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini malah memacu adrenalin dan mental anda.

Walaupun sangat menegangkan dan cukup membuat kaki gemetar, tetapi tempat wisata ini memberikan pemandangan yang sangat indah untuk memanjakan mata. Jembatan ini menghubungkan dua bukit yang jaraknya lumayan berjauhan, dengan dipadukan pemandangan indah perbukitan yang hijau dan aliran sungai yang sangat menyegarkan.

Di sana anda akan disuguhkan panorama yang tiada duanya serta tingginya jembatan dan hembusan angin yang cukup kencang. Berfoto di sini mestinya menjadi keharusan anda apabila berkunjung ke jembatan ini, apalagi dari sejumlah sudut pandang yang view nya sangat indah.

2. Goa Batu Hapu

Tempat Wisata

adiracoid

Hanya dengan mengeluarkan biaya 2.500 Rupiah, anda sudah bisa menikmati keindahan kolong bumi ini. Goa yang berlokasi di Batu Hapu, Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan ini beroperasi setiap hari dari jam delapan pagi sampai jam lima sore.

Goa ini memiliki ruangan yang cukup luas dan tekstur dinding yang tidak biasa. Keberadaan stalagmit dan stalaktit pada dasar dan langit goa menambah ke eksotisan goa ini, serta lubang – lubang yang terdapat di langit goa yang membuat sinar matahari masuk ke dalam goa semakin menambah keindahan view goa ini.

Dan yang lebih bagusnya, keindahan goa ini bisa dinikmati dengan mudah. Selain loksainya yang mudah dijangkau, akses masuk ke dalam goa pun juga tidak sulit. Hanya saja, minimnya fasilitas penunjang menjadikan tempat ini memiliki kekurangan tersendiri.

3. Danau Biru Pengaron

Tempat Wisata

twittercom

Bekas galian tambang batu bara juga bisa di sulap menjadi destinasi wisata yang tidak kalah keren dari yang lain. Salah satu contohnya danau biru yang terletak di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ini.

Danau ini menampilkan keindahan yang alami. Airnya yang jernih berwarna biru, dengan tebing tebing bekas kerukan alat berat mengelilingi danau juga menambah keindahan panorama danau itu sendiri.

Perpaduan warna air yang biru dantekstur tanah yang berwarna – warni menampilkan keindahan danau itu sendiri. Serta pantulan warna hijau dari pepohonan dan rerumputan yang ada dipuncak bukit semakin menambah eksotisme tempat wisata ini.

Beberapa tempat spot foto disana juga menarik untuk di jadikan background untuk berfoto. Tetapi, karena struktur tanah yang labil dan berbahaya, membuat kita dilarangkeras untuk berenang di danau itu.

4. Bukit Telang

Tempat Wisata

travelingyukcom

Sejauh mata memandang, yang anda jumpai hanyalah hijaunya perbukitan. Itulah kesan yang akan anda dapatkan jika anda berlibur kebukit yang ada di Desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan ini. Bukit yang satu ini dinamakan Bukit Telang.

Jalan menuju kebukit telang memang sedikit cukup sulit. untuk naik kebukit telang diperkirakan trekking selama kurang lebih 30 menit, dan juga jalan untuk kepuncak bukit pun dijalani dengan menanjak. Tetapi pemandangan seperti savana di sisi bukit dijamin akan menghilangkan rasa lelah anda.

Pemandangan di bukit telang tidak kalah cantik dengan perbukitan savana di pulau sumba, Nusa Tenggara Timur atau bahkan dengan bukit yang ada di Selandia Baru. Dengan panorama bukit yang keren, di tambah dengan cahaya matahari yang sendu baik pagi maupun sore hari, anda bisa mengabadikan momen anda di sana dengan berfoto dengan background yang bagus dari segala arah.

5. Pulau Samber Gelap

Tempat Wisata

youtubecom

Tempat nya di Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Untuk bisa mencapai pulau samber gelap, kalau kita berangkat dari Banjarmasin, kita harus pergi ke Batulicin dan singgah di Pelabuhan Samudera Batulicin, setelah itu kita bisa menyeberang menggunakan Speedboat ataupun kapal.

Pulau tropis yang berada di ujung Kalimantan Selatan ini merupakan surga bagi para penyelam karena keindahan lautnya. Dengan kualitas air yang jernih dan terumbu karang yang beraneka ragam yang sangat indah, snorkeling menjadi kegiatan wajib jika anda berlibur ke pulau samber gelap.

Selain keindahan bawah lautnya, daratan di tepi pantai pun juga tak kalah indahnya, anda bisa bermain pasir yang berwarna putih seperti pantai di daerah seberang. Dan jika anda mempunyai hobi memancing, anda pun juga bisa menyalurkan hobi anda di sana, dengan target ikan utamanya adalah tengiri.

6. Pantai Birahbirahan

Tempat Wisata

backpackerjakartacom

Kotabaru tidak habis – habisnya memberikan tempat wisata yang sangat menakjubkan dan membuat orang ketagihan untuk pergi kesana, pantai yang satu ini terletak di Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Sama seperti pulau samber gelap, pantai birahbirahan juga memberikan pemandangan bawah laut yang tak kalah keren. Yang membedakannya, selain kita bisa snorkeling dan memancing, di pantai birahbirahan kita bisa sekaligus menyaksikan panorama alam yang sangat menakjubkan hanya dalam satu tempat yang sama.

Untuk menikmati panorama sunset, kita tak perlu harus meninggalkan pantai karena lokasinya yang pas banget untuk mendapatkan pemandangan tersebut. Dan jika beruntung kita juga bisa melihat lumba – lumba.

7. Taman Hutan Raya Sultan Adam

Tempat Wisata

jejakrekamcom

Jika anda hanya ingin mencari tempat istirahat, disinillah tempat yang tepat untuk beristirahat sejenak melepas lelah. Akses nya pun cukup dekat apabila dari Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura.

Tempatnya pun juga tak kalah indahnya dari tempat wisata lain. Di puncak Tahura kita bisa melihat indahnya wilayah banjar serta deretan pegunungan meratus, dan juga kita bisa melihat luasnya waduk riam kanan yang dikelilingi pegunungan.

Saat hendak menuju kepuncaknya pun anda juga disuguhi pemandangan perbukitan yang hijau, dan anda juga bisa menyegarkan diri dengan mandi di pemandian kolam belanda. Dan di ujung jalan juga ada peninggalan sejarah berupa benteng bekas belanda.

Di salah satu sisi bukit, anda juga bisa menjumpai penangkaran hewan rusa sambar. Tak hanya itu saja, apabila anda datang datang di saat waktu yang tepat, anda bisa berada di atas anak awan yang menutupi pegunungan – pegunungan. Anda akan berasa seperti berada di negeri awan.

8. Air Terjun Haratai

triptruscom

Hulu Sungai Selatan juga mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Salah satunya yaitu Air Terjun Haratai terletak di di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Debit air yang cukup besar dan mempunyai arus yang deras sehingga kita sulit untuk berenang di sekitar air terjun. Di bawah air terjun terdapat telaga yang digunakan untuk mandi atau sekedar berendam.

Air terjun haratai juga menyediakan beberapa fasilitas seperti gazebo yang cukup besar, wc, jembatan, dan tangga khusus untuk menuju puncak air terjun haratai.

Untuk masuk ke tempat wisatanya pun cukup terjangkau. Hanya dengan membayar sebesar 5.000 Rupiah kita sudah bisa menikmati keindahan alam yang ada disana. Air terjun haratai beroperasi setiap hari dari jam tujuh pagi hingga jam lima sore.

9. Bukit Batu Riam Kanan

kedaiwisatacom

Kembali keperbukitan, di riam kanan terdapat salah satu bukit yang sangat indah, bagaikan dipadang sabana yang berada di afrika. Jika anda ingin berlibur ke afrika, cukuplah anda pergi kebukit batu. Selain terjangkau juga akses untuk kesana pun sangat mudah.

Selain mirip di padang sabana, bukit batu juga sangat bagus didatangi bagi yang ingin berburu sunrise dan sunset. Bagi anda penikmat senja sambil meminum secangkir kopi, dan juga sambil mendengarkan musik indie, anda sangat cocok untuk berlibur ke bukit batu ini.

10. Bukit Patra Bulu

picdeercom

Di Kalimantan Selatan tak ada habis – habisnya yang namanya perbukitan, dari banjarmasin jaraknya hanya kurang lebih 54 KM, anda sudah bisa menikmati hamparan awan yang kece di bukit patra bulu.

Untuk bisa mencapai puncak bukit patra bulu, kita akan mendaki sekitar kurang lebih satu jam. Karena jalannya cukup menanjak sehingga dibutuhkan kondisi tubuh yang fit sebelum naik kebukit ini.

Jika anda bermalam di puncak bukit patra bulu, anda akan di suguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda bisa melihat lampu – lampu rumah warga yang berjejer di sepanjang jalan, ramainya cahay di perkotaan, atau bahkan melihat hamparan bintang yang membuat kita melupakan lelahnya kehidupan.

Di pagi hari pun anda bisa merasakan dinginnya embun – embun dan indahnya pemandangan awan jika anda beruntung. Namun sayangnya, jika anda melihat ke salah satu sisi bukit anda akan melihat lokasi pertambangan yang perlahan mengikis habis perbukitan di Kalimantan Selatan ini.

Itulah tadi sepuluh tempat atau destinasi wisata yang ada di Kalimantan Selatan. Sebenarnya masih banyak lagi pegunungan, pebukitan, dan pantai yang ada di Kalimantan Selatan. Namun kita akan bahas di lain waktu.

Jika anda ingin berlibur ke sepuluh tempat tadi, tetapi anda tidak tahu akses serta alamatnya ada dimana. Anda jangan khawatir, karena di Kalimantan Selatan ada banyak sekali Komunitas Pecinta Alam yang siap memandu sekaligus menemani anda untuk berlibur.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply