Cara Cerdas Memulai Bisnis Konveksi – Hallo Sahabat HATMA.NET, Selamat bekerja bagi yang sudah bekerja, semoga hari ini pekerjaannya dimudahkan walaupun dimasa pandemi ini tetap semangat bekerjanya.

Selalu jaga kesehatan, jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, apabila tidak ada aktivitas diluar rumah, sebaiknya anda berdiam diri di rumah saja, karena untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Meski bukan peluang yang begitu besar, tapi bisnis pakaian atau konveksi nyatanya masih menjadi peluang usaha yang masih banyak dirintis oleh pengusaha pemula atau orang baru yang ingin ikut bisnis konveksi.
Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia. Pakaian dari hari ke hari minggu ke minggu mengalami perubahan tren, style, dan juga fungsi. Hal ini menjadikan bisnins pakaian/konveksi masih menjadi bisnis yang tidak akan pernah mati.

Anda bisa akan memperhatikan beberapa tips berikut untuk memulai bisnis konveksi rumahan, jika anda ingin merintis bisnis konveksi dengan modal yang sedikit terbatas, berikut tips nya.

#7 Cara Memulai Bisnis Konveksi agar Menguntungkan

1. Cara Memulai Bisnis Konveksi Pertama Persiapan Modal

Cara Memulai Bisnis Konveksi

pixabay com

Setiap ingin membangun bisnis atau usaha pasti membutuhkan yang namanya modal,begitu juga bisnis konveksi. Sebenarnya modal bisnis konveksi tergantung dengan persiapan dan strategi yang ingin anda buat. Jika anda ingin produksi langsung (ready Stock) tentunya anda akan membutuhkan modal yang cukup besar yang harus disiapkan.

Namun jika anda inign menerapkan sistem pra pemesanan (Pre Order) modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, karena menunggu orang yang ingin pesan. Modal awal dalam bisnis konveksi ini adalah biasanya digunakan untuk produksi dan juga promosi agar orang lain tahu.

2. Tetapkan Supplier

Cara Memulai Bisnis Konveksi

pixabay com

Supplier terdiri dari bahan konveksi, hal yang harus perlu di perhatikan dalam memulai bisnis konveksi adalah supplier. Terdiri dari bahan konveksi, penjahit, percetakan, kemasan, dan juga label pada pakaian yang akan dijual.

Hal ini sebenarnya disesuaikan dengan budget dan strategy agar kita tidak salah dalam menentukannya. Berikut beberapa tips dalam memilih supplier.
– Carilah Supplier yang lebih dekat dengan lokasi bisnis kita, untuk mengurangi beban produksi.
– Supplier akan terlokasikan dengan bisnis lain atau memiliki jasandan produk dengan pasokan mendukung untuk pengolahan konveksi. Misalnya saja seperti supplier yang bisa menjahit sekaligus menyediakan bahan dan juga alat sablonnya.
– Bekerjasama dengan supplier yang memiliki reputasi yang baik dan berpengalaman.
– Jika anda ingin memulai bisnis konveksi ini semuanya memulaid dari menyediakan bahan hingga penjahitan, tentu anda tetap membutuhkan pemasok seperti supplier alat jahid dan alat cetak untuk sablon.

3. Tentukan Jenis Produk

Cara Memulai Bisnis Konveksi

pixabay com

Menentukan jenis produk adalah persiapan awal dalam bisnis konveksi yang anda buat. Anda akan memproduksi pakaian untuk laki-laki dan perempuan, anak- anak atau orang dewasa, jenis kemeja atau kaos. Anda juga harus memperhatikan keperluan dari produk anda untuk bisni yang akan di bangun, apakah untuk keperluan formal, casual, perayaan, atau seragam.

Jenis kaos juga akan menentukan posisi produk anda di persaingan bisnis konveksi. Menentukan jenis produk juga akan menentukan posisi produk anda di persaingan bisnis konveksi yang akan anda buat. Jenis produk juga dapat menentukan branding dan juga strategi pemasaran yang akan anda lakukan, seperti apabila produk anda bagus dari segi kain atau jenis sablon yang di buat maka nilai harga pun bisa di atur.

4. Bangun Kepercayaan dan Branding Produk

Cara Memulai Bisnis Konveksi

pixabay com

Membuka bisnis konveksi juga memerlukan kepercayaan orang yang membeli, seperti bisnis lainnya. Kepercayaan dibangun agar reputasi bisnis dapat dikenal baik oleh orang yang membelinya.

Kepercayaan dapat dibangun dengan, membuat konten melalui media promosi seperti blog atau instagram dan media social lainnya. Bekerjasama dengan perusahaan lain atau media serta memberikan pengetahuan produk dan juga bukti produk kepada orang lain, agar konveksi yang anda buat bisa dilihat orang lain dan dipercaya.

5. Siapkan Marketing Tools dan Strategy

Cara Memulai Bisnis Konveksi

pixabay com

Strategi pemasaran yang bak akan berpengaruh dengan bisnis konveksi yang akan anda buat. Anda dapat memilih penjualan business to business (B2B) dengan kata lain menjual produk anda kepada institusi atau perusahaan atau penjualan Business to consumer (B2C) yaitu penjualan kepada masyarakat umum seperti mempromosikan kepada teman dekat agar teman dekat mempromosikan ke masyarakat umum.

Dalam bisnin konveksi, B2B anda bisa berupa menjual seragam dan pakaian perayaan. Sedangkan B2C anda dapat menjual pakaian casual atau formal. Tools yang akan digunakan merupakan strategi pemasaran yang akan digunakan.

Misalnya, anda dapat menggunakan software e-commerce atau blog. Anda juga dapat menggunakan media social untuk mempromosikan seperti instagram atau facebook dengan menggunakan foto atau konten produk yang akan anda jual.

Jika bisnis sudah berkembang dengan baik, anda dapat menggunakan Google Ads dan juga Foofle Analytics untuk memaksimalkan strategi pemasaran anda.

6. Amati Tren Pasar Salah Satu cara Memulai Bisnis Konveksi yang Perlu di Perhatikan

pixabay com

Membaca atau mengamati tren pasar terutama jika anda berbisnis konveksi adalah hal yang waib perlu di lakukan. Kesalahan yang sering dilakukan seorang pebisnis konveksi adalah tidak membaca tren pasar.

Karena pakaian dari tahun ke tahun pasti mengalami perubahan tren dan style. Misalnya saja tren pada kaos, di tahun 2015 banyak tren kaos bertulis kan arab, sedangkan di akhir 2017 kaos bertulis kan jepang menjadi tren.

Membaca situasi pasar, berarti anda mengetahui kemauan dan kebutuhan konsomen, tren apa yang lagi rami digunakan pada sablon kaos. Mengikuti tren juga harus diiringi dengan idealism dan kreatif anda agar produk anda memiliki identitas dan dapat bertahan pada persaingan bisnis konveksi.

7. Manajemen Keuangan

pixabay com

Manajemen keuangan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis apapun, termasuk bisnis konveksi rumahan. Dengan mengatur dan bisa memutar keuangan, anda juga dapat menetapkan harga produk yang anda jual. Menurut Wikipedia Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan.

Keuangan harus selalu dikelola dengan baik dan benar dari awal perjalanan bisnis anda, supaya keuangannya teratur dari segi pengeluaran dan pemasukannya. Catatlah semua transaksi secara detail dan rinci untuk bisa membuat laporan keuangan yang dibutuhkan nanti.

Artikel Terkait:

  1. Sablon Kaos Banjarmasin dengan #8 Layanan Terbaik – Hatma Konveksi
  2. Manfaat Kain Sasirangan dan Cara Membuatnya

Selalu biasakan untuk selalu melihat dan merapikan catatan keuangan tersebut secara teratur agar anda tidak bingung nanti meskipun hal ini mungkin sangat memerlukan ketelitian dan waktu yang cukup panjang.

Bagaimanan dengan pemaparan di atas tadi, apakah anda sudah membacanya dan mulai memahami dengan jelas dan tepat. Jadi sudah tahu kan bagaimana anda ingin membangun bisnis konveksi dari rumahan, dan kami menjelaskan sedikit tentang memulai bisnis konveksi dari rumahan.

Semoga pemaparan yang diatas ini menjadi bahan rujukan buat anda yang ingin membangun bisnis konveksi tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam membuat artikel ini, baik dalam segi penulisan atau pun dalam segi kata. Semoga bermanfaat artikel Cara Memulai Bisnis Konveksi di HATMA Konveksi

Terima Kasih