[TERPOPULER] #2 Cara Menanam Mangga Dengan Baik Dan Benar

Cara Menanam Mangga – Hay Sahabat Hatma.net, gimana kabar Anda hari ini? apakah dalam beberapa minggu ini Anda sudah mengkonsumsi buah-buah, terutama buah mangga, yang belum coba deh, karena selain rasa nya manis buah mangga juga memiliki manfaat yang banyak bagi untuk tubuh kita.

Buah mangga merupakan buah yang sering terdapat di lingkungan sekitar kita, dan merupakan buah yang paling banyak di minita oleah semua lapisan masyarakat, mulai anak-anak sampai dewasa.

Buah mangga memiliki banyak mengandung vitamin C, rasanya pun juga manis dan enak, perlu ketahui bahwa sebagian orang juga menyukai buah mangga yang setengah matang untuk dikonsumsi dan dibuat rujak.

Rasanya asem-asem gimana gitu yang membuat para ibu hamil sangat menyukai dan membuat repot sang suami “Ngidam”. Jadi memang bermacam-macam cara mengkonsumsi buah mangga. Selain menjadi rujak, juga bisa dijadikan Jus, Es buah, Puding, dan lain sebagainya.

Buah mangga memiliki berbagai macam variatas, seperti mangga arum manins, mangga kopyor, mangga podang, mangga manalagi, dan masih banyak lagi jenis varietas mangga tersebut.

Dimana kita bisa menemukan buah mangga tersebut? selain kita bisa menanamnya sendiri, kita bisa menemukan semuanya dipasar-pasar tradisional sampai kebun buah atau Istana buah, harganya pun terbilang terjangkau untuk semua kalangan.

Dilingkungan sekitar Anda pun banyak tetangga Anda yang menanam mangga tersebut, coba aja Anda keliling sekitar rumah Anda, pasti ada terdapat pohon mangga, karena memang cara menanam mangga itu sangat mudah dan gampang tidak perlu halaman yang luas, bisa dihalaman depan ataupun dihalamn belakang.

Yuk simak artikel kali ini, penulis akan menjabarkan bagaimana cara menanam buah mangga yang baik dan benar, sehingga membuat rasa mangga itu manis, besar dan enak.

[TERPOPULER] #2 Cara Menanam Mangga Dengan Baik Dan Benar

 

Cara Menanam Mangga

youtube.com

Cara Menanam Mangga dengan Cara Cangkokan Bibit Unggul

Cara pertama untuk menanam mangga yaitu dengan cara menanam bibit cangkokan, yang harus dilakukan adalah menyiapkan dahlu bibit terbaik, jika Anda menginginkan hasil buah mangga yang manis dan terbaik maka bisa dengan membuat sendiri.

Namun apabila ada tidak bisa membuat sendiri, bisa membeli ditoko bibit terdekat, kemudian pilih bibit yang baik dan unggul dalam artian tidak sedang kena penyakit.

Setelah memilih atau membeli bibit unggul, pikirkan dimana lahan yang tetap untuk menanam mangga, bisa didepan rumah atau dibelakang rumah, seandainya Anda memiliki lahan yang cukup luas, bisa bebas pilih tempat yang sesuai.

Cara Menanam Mangga

ekadwipurwati.blogspot.co.id

Seandainya lahan sudah positif Anda ingin menanam dihalaman depan, selanjutnya bersihkan halaman tersebut dari rumput-rumput yang akan mengganggu pertumbuhan pohon mangga, gemburkan lahan nya, apabila dirasa belem gembur, digemburkan kembali agar proses menanam mangganya lancar.

Lahan untuk ditanami mangga dicangkul terlebih dahalu, namun apabila lahan yang akan ditanami subur, tak perlu Anda melakukan pengemburan.

Karena kita tahu bahwa dalam proses menanam itu ada yang sukses dan gagal, maka akan lebih baik kita menanam lebih dari satu, agar disaat satu pohon gagal, maka masih ada pohon mangga yang lainnya.

Pada umumnya untuk jarak setiap pohon mangga diusahakan diberi jarak 10m, agar dalam perkembangan bagus dan baik.

Cara Menanam Mangga

osissmkmi.wordpress.com

Kemudian, Anda membuat lubang-lubang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, misalnya menanam 10 bibit maka bikinlah sepuluh lubang saja, perlu di ingat untuk lubang berbentuk segiempat dan berukuran 1cm pad setiap sisinya, dengan kedalam setengah meter.

Sebelum memasukan bibit mangga, lubang tersebut diberi dulu pupuk kandang pada dasar lubang. Langkah berikutnya, kembali gali lubang yang lumayan besar dari sebelumnya yaitu sedalam 30cm dan lebar 60cm. Setiap lubang diberi tabauran furudan. Pindahkan bibit cangkokan kelubang tersebut, kembali tutup lubang tersebut dengan tidak terlalu padat. Siram setiap pagi dan sore hari sebagai makanan mereka.

Cara Menanam Mangga Menggunakan Pot

Cara Menanam Mangga

pixabay.com

Apabila dalam hal ini lahan pekarangan rumah Anda terbatas, tidak dapat untuk menanam bibit mangga cangkokan. Maka bisa dilakukan dengan cara yang kedua yaitu menanam menggunakan pot. Dengan menggunakan pot lebih mudah dan lebih pratis. Berikut ini cara menanam mangga dengan menggunakan pot.

Pertama

• Sama hal dengan langkah pertama yaitu tentukan dulu bibit mangga yang baik dan bagus, pilih bibit yag tidak terdapat penyakit didalamnya. Kemudian media tanam yang disiapkan gunakan adalah campuran dari tanah, kompos atau pupuk kandang dan arang sekam.

Campuran media tanam tersebut adalah perbandingan 2 :1 : 1. Jadi harus diperhatikan campuran tesebut karena akan berpengaruh dengan pertumbuhan mangga.

Setelah media tanam sudah disipakan, pilihlah pot yang terbaik, pot yang kuta tidak mudah pecah, ringan dan bentuk normal segi empat atau bulat.

Pot yang sudah Anda pilih diberi lubang 1-2cm sejumalh 4 s/d 6 lubang, gunanya untuk apa?, yaitu untuk berfungsi sebagai pembuangan air lancar.

Pot lalu diberi tatakan pada setiap kaki, tatakan bisa berupa bata ataupun batako.

Kedua
Cara Menanam Mangga

tokopedia.com

• Tahap Penanaman Mangga, saat proses ini, beri pecahan genting, serutan gergaji, bata pada dasar pot setebal 5 s/d 10 cm yang berguna untuk proses aliran udara dan drainase.

Selanjutnya masukan media tanam yang sudah dipersipakan seperti tanah, kompos atau pupuk kandang dan arang sekam. Kemudian masukan bibit atau hasil cangkokan kedalam pot. Diusahakan lahan bekas cangkokan masih menonjol 10 s/d 10 di atas permukaan media yang sudah dibuat.
Beri setiap hari air, dengan cara disiram secukupnya waktu pagi dan sore hari.

Ketiga

• Untuk masa awal penanaman pohon mangga harus dilakukan penyiraman secara teratur tiap hari pagi dan sore hari. Namun apabila media tanam dalam pot tersebut cepat kering, biasanya terjadi kerena musim kemarau, penyiraman nya bisa dilakukan dua kali sehari.

Perlu di ingat untuk banyak nya air yang siramkan jangan berlebihan namun jangan terlalu sedikit, sekiranya media tanam tersiram secera merata oleh air.

Keempat
Cara Menanam Mangga

pixabay.com

• Masa pemanenan buah mangga, secara umum untuk mangga hasil bibit cangkokan bisa berbuah pada umur 4 tahun, sedangkan mangga okulasi pada tahun atau umur 5 s/d 6 tahun.

Pada panen pertama untuk jumlah buah mangga yang dihasilakan sekitar 10 s/d 10 buah, semakin tahun akan meningkat apabila perkembangan normal tanpa di ganggu oleh hama tanaman. Sedangkan untuk panen besar umumnya pada bulan September-Oktober.

Untuk mengetahui tanda buah sudah matang caranya mudah, biasanya tunggu aja buah tersebut yang jatuh ketanah, buah yang jatuh ketanah merupakan matang yang terbaik. Kemudian untuk waktu yang tepat untuk panen buah yaitu pada waktu sore hari, gunakan pisau yang tajam agar saat memotong dahan buha terpoting dengan rapi.

Kelima
Cara Menanam Mangga

khasiat.co.id

• Untuk selanjutnya apabila ingin menanam kembali Anda bisa menggunakan biji mangga tersebut sebagai bibit selanjutnya, bisa ditanam dilahan yang luas atau menggunakan pot atau polybag. Langkah untuk menggunakan biji mangga sebagai bibit, pertama Anda harus menghilangkan cangkang keras pada biji mangga tersebut dengan perlahan, bisa dengan cara membelah dengan gunting atau pisau.

Keenam

• Seperti cara menanam di atas, yang diperlukan media tanam, tapi untuk biji mangga hanya menggunakan campuran tanah dan kompos dengan pebandingan 2 : 1

Kemudian isi pot atau polybag dengan media tanam yang sudah disiapkan dan kemudian tancapkan biji mangga dengan posisi miring lalu disiram secukupnya. Setelah 2 minggu lamanya, diberi pupuk NPK sebanyak setengah sendok makan.

Ketujuh

• Apabila pohon mangga sudah berukuran setinggi kira-kira 60cm. Buatlah lubang yang terkena cahaya matahari langsug dengan ukuran lubang 50×50 dan sedalam 50-70cm.

Kemudian, beri pupuk pada luang dengan takaran 1- 2 sendok, tutup dengan tanah kira-kira 5cm. Ltakkan bibit mangga yang sudah disemai, beri tanah hingga penuh lalu siram dengan air. Siram tanaman pada sore hari agar tanaman tidak stress.

Demikan lah, artikel tentang cara menanam mangga, semoga bisa bermanfaat, yuk simak juga faktor yang mempengaruhi pertumbuhan  tanaman. 

Leave a Reply