[Terpopuler] 5 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman – Assalamualaikum Sahabat Hatma.net, salam lingkungan, salam yang berbeda kali ini dari biasanya, karena kita akan membahas tentang tanaman, yuk hijaukan tempat tinggal kita dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat.

Pentingnya tumbuhan terutama tanaman untuk manusia, hampir semua orang membutuhan dengan tanaman dalam kehidupan sehari-hari. Banyak jenis tanaman terdapat disekitar kita, yang bisa kita manfaatkan untuk makanan sehari-hari ataupun sebagai penghias rumah.

Sebelum kita membahas faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, akan lebih baiknya kita membahas seberapa penting tanaman untuk kita?

Pertama, Tanaman merupakan bahan utama kebelangsung hidup manusia, karena tanaman menyediakan makan untuk kita semua. Tanaman yang kita makan banyak mengandung yang dibutuhan oleh tubuh kita.

Kedua, Sepertinya kita ketahui bahwa dengan banyaknya tananam atau tumbuhan disekitar lingkungan kita maka ia dapat membantu menjaga atmosfir di dunia, makin banyak tumbuhan atau pun tanaman dunia ini akan aman.

Tanaman dipagi harinya dapat menghasilkan oksigen yang baik untuk keberlangsung makhluk hidup, serta dapat menghilangkan atau menyerap karbon dioksida selama forosintesis. Kegunaan oksigen dalam keberlangsungan hidup sangat penting respirasi selular untuk seluruh organisme aerobik.

Selain itu juga tanaman atau tumbuhan dapat mempertahankan lapisan ozon yang membantu melindungi kehidupan makhluk hidup dari bahaya radiasi UV yang dapat merusak. Penyerapan karbon dioksida oleh oksigen dari atmosfir dapat mengurangi pemasanan global atau efek rumah kaca.

Ketiga, Tanaman mendaur ulang materi dalam siklus biogeokimia. Manfaat selanjutnya tanaman dapat mendaur ulang dalam siklus biogeokimia. Contoh, tanaman melalui proses transpirasi, dapat memindahkan air yang banyak dari dalam tanah menuju atmosfir.
Pada inang kacang polong terdapat bakteri yang dapat memperbaik nitrogen, yang dimana bakteri membuat nitrogen tersedia pada seluruh tanaman, kemudian yang menyebar kepada konsumen atau manusia.

Keempat, Tanaman yang terdapat dunia ini hampir semuanya dapat dimanfaat oleh manusia, seperti penambah energi dalam tubuh, sebagai kayu bakar, kayu, serat, obat-obatan, pestisida, pewarna, minyak, karet dan lain sebagainya.

Satu tanaman atau tumbuhan dapat membuat habitat untuk banyak organisme yang lain.sebuah pohon tunggal dapat menyediakan banyak makanan serta tempat tinggal banyak spesies serangga, burung, cacing dan lain sebagainya.

[Terpopuler] 5 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

pixabay.com

Setelah membahas manfaat tanaman ataupun tumbuhan selanjut kita membahas, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, ada 2 faktor yang mempengaruhinya, sebagai berikut;

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Bagian Internal

Gen

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

pixabay.com

Setiap makhluk hidup terdapat gen dalam dirinya, termasuk juga tanaman. Gen merupakan bahan atau materi pembawa sifat yang diturunkan oleh induknya.

Gen dapat mempengaruhi keadaan ciri maupun sifat makhluk hidup tersebut, misalnya seperti keadaan bentuk fisik tanaman, tinggi tanaman, warna kulit, warna bunga, rasa buah, dan lain sebagainya.

Metabolisme makhluk hidup juga ditentukan oleh gen yang berada dalam tanaman tersebut, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembanganya.

Apabila gen yang dimiliki oleh manusia, hewan dan tumbuhan, termasuk tanaman itu baik maka tanaman itu akan tumbuh dan berkembang lebih cepat sesuai dengan periode pertumbuhan dan perkembanganya.

Seperti yang kita ketahui bahwa gen memiliki peran sangat penting, tetapi faktor genetik bukan salah satunya faktor yang menentukan perekembangan dan pertumbuhan tanaman, kerena masih ada faktor lain yang mempengaruhinya.

Contoh salah satu tanaman yang memiliki sifat unggul dalam perkembangan dan pertumbuhannya, akan cepat berbuah serta tumbuh dengan cepat apabila memang ditanam dilahan yang sesuai dengan kondisi tanaman tersebut.

Sebaliknya apabila kita tanam ditempat yang kering, tandus, tidak sesuai dengan lingkungannya, maka perkembangan dan pertumbuhannya terhambat.

Hormon

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

pixabay.com

Apa itu hormon? Hormon adalah sesuatu zat yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup yang berfungsi mengendalikan berbagai fungsi dalam tubuh.

Walaupun kadar hormon dalam tubuh tanaman hanya sedikit, namun hormon juga memberikan pengaruh terhadap penegturan berbagai proses di dalam tubuh. Hormon memiliki beragam jenisnya, yang masing dapat memperngaruhi perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

Faktor Luar (External)

Faktor lingkungan merupakan faktor luar yang dapat mempengaruhi pekembangan dan pertumbuhan makhluk hidup. Ada berbagai faktor lingkungang yang dapat mempengaruhinya sebagai berikut:

Makanan atau Nutrisi Makanan

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

pixabay.com

Setiap makhluk hidup memerlukan dengan makanan untuk keberlangsungan hidup mereka, sebagai sumber energi dalam proses metabolisme, termasuk tanaman juga memerlukan makanan atau nutrisi dalam tubuhnya.

Seberapa banyak jumlah nutrisi dan kualitasnya akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tanaman tersebut, makin berkualitas makin baik pertumbuhannya.

karena tanaman tersebut masih dalam masa pertumbuhan, jadi mereka harus mendapatkan nutrisi yang banyak dan berkualitas untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Kita sebagai manusia sangat memerlukan zat gizi seperti, protein, karbohidrat, mineral, lemak dan vitaman, yang semua itu diperoleh dari makanan. Sedangkan tananam hanya perlu nutrisi berupa air dan zat hara yang terlaru dalam air.

Zat air dan zat hara terbentuk dari proses fotosintesis, antara air dan karbohidrat (CO2) diubah menjadi makanan oleh bantuan matahari.

Walaupun tidak terlalu berperan penting, namun zat har juga diperlukan agar tanaman dapat berkembang dan bertumbuh sesuai periodenya.

Mari kita amati bersama, suatu tanaman yang terlambat di beri pupuk, maka warna tanaman itu akan menjadi warna kekuningan. Namun setelah diberi pupuk, warna tanaman itu akan menjadi hijau kembali, dan tumbuh dengan baik.
Mengapa demikian, karena di dalam pupuk yang ditaburkan di tanaman tersebut terdapat zat hara yang penting sebagai nutrisi tanamannya

Suhu

pixabay.com

Suhu merupakan faktor yang menunjang dalam perkembangan dan pertumbuhan mahkluk hidup, suhu optimum tubuh manusia normal yaitu berkisar 37°C.

Saat berada pada suhu optimum, semua makhluk hidup dapat berkembang dan tumbuh dengan baik dan sehat
Manusia dan hewan akan bertahan hidup, dengan suhu lingkunagn tertentu. Sedangkan tanaman memiliki pengaruh yang nyata terhadap suhu.

Sebagai contoh padi yang hidup di musim kering dengan suhu yang meningkat naik akan lebih cepat dipanen. Sebaliknya dengan tanaman padi yang ditanam musim penghujan.

Kebalikannya dengan bunga mawar, jenis bunga mawar yang ditanam dipegunungan yang sejuk lebih cepat tumbuh dan berbunga lebih baik, sedangkan bunga mawar yang ditanam di daerah pantai yang panas perkembangan dan pertumbuhannya menjadi lambat dan tidak berbunga.

Mengapa terjadi, karena semua proses pekembagan dan pertumbuhan tanaman, seperti fotosintesis, penyerarapan air, penguapan dan pernapasan pada tumbuhan tergantung oleh suhu.

Cahaya

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

pixabay.com

Selanjutnya, faktor cahaya juga mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tanaman makhluk hidup. Tanaman sangat memerlukan cahaya matahari untuk proses fotosintesis dalam dirinya.

Namun satu sisi cahaya juga dapat menhambat perkembangan serta pertumbuhannya, karena cahaya dapat merusak hormon auksin yang dapat di ujung batang.

Sebagai contoh apabila Anda menyimpan kecambah ditempat gelap, lihat hasilnya setelah beberapa hari, kecambah itu akan tumbuh lebih tinggi dari seharusnya, tetap tampak pucat, kekuningan dan lebiha karena kekurangan klorofil.

Air dan Kelembaban

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

pixabay.com

Air dan kelembaban merupakan hal yang sangat diperlukan makhluk hidup, karena Air merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup.

Tanpa air, makhluk hidup tak mampu bertahan hidup lebih lama. Karena air merupkan tempat berlangsungnya kegiatan reaksi-reaksi kimia dalam tubuh.

Reaksi kimia sangat tergantung pada air, seandainya air tidak ada maka proses reaksi didalam tubuh tidak berjalan, yang mengakibatkan kematian.

Kelembapan merupakan kandungan uap air yang berda dalam udaha atau tanah. Lembabnya suatu tanah dapat mempengaruhi terhadp pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Tanah

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Tanah merupakan wadah atau tempat tanaman untuk tumbuh, jadi tanah yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Tanaman akan tumbuh dengan baik dan berkembang secara optimal apabila tanah tempat mereka hidup tersebut sebuat dengan nutrisi dan unsur hara. Kondisi tanah yang sesuai dengan nutrisi yang baik ditentukan oleh lingkungan, misalmya kadar air, kandungan mineral dan suhu.

Yuk baca artikel terkait #2 Cara Menanam Mangga Dengan Baik dan Benar

Demikian faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, semoga bermanfaat bagi Anda, salam lingkungam, yuk hijaukan rumah dan lahan kosong kita, untuk keberlangsungan makhluk hidup diseluruh dunia. ”tebar manfaat dengan berbagi satu artikel” hatma.net

Leave a Reply