Jenis Jenis Kain di Dunia Fashion, Cocok untuk Zaman Sekarang

jenis jenis kain – Menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) Kain adalah benang yang ditenun dan menjadikan pakaian, yang bertujuan untuk melindungi bagian tubuh kita agar tidak dilihat orang lain.

Jenis jenis Kain di Dunia Fashion

jenis jenis kain

Washing Factory

Zaman sekarang, industri fashion kian diminati dan banyak orang yang sudah memulai bisnis fashionnya sendiri. Jika ingin terjun ke dalam bisnis fashion, Anda perlu mengetahui jenis jenis kain yang kerap kali digunakan dalam proses pembuatannya.

Ada berbagai macam kain yang umum digunakan. Kain-kain tersebut tidak hanya berfungsi sebagai bahan dasar tipe pakaian yang akan dibuat, tetapi juga standar ketahanan dan fungsi pakaian yang akan dibuat dari kain tersebut.

Ceruti

jenis jenis kain

Agustinnesia.com

Kain yang tipis ini sering digunakan sebagai bahan dasar hijab, syal, dan selendang. Pada dasarnya, kain jenis ini umum digunakan untuk busana muslim wanita. Tekstur kain ini sangat lembut dan halus, membuatnya terasa sangat nyaman untuk digunakan.

Kain ceruti juga umumnya tersedia dalam berbagai macam warna dan cukup fleksibel, sehingga Anda bisa berkreasi dan menciptakan model pakaian muslim sendiri.

Belacu

jenis jenis kain

Hasaniva Handmade

yang satu ini sering dipakai untuk tas, taplak, gorden, dan lain-lain. Ini dikarenakan sifatnya yang fleksibel sehingga bisa dibentuk dan dibuat menjadi berbagai macam hal. Kain ini juga sering dikatakan ramah lingkungan karena bahan dasarnya adalah kapas.

Awalnya, kain belacu lebih umum dipakai sebagai pembungkus terigu. Seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai melihat potensi kegunaan lain dari kain ini.

Wol

jenis jenis kain

pixabay.com

Salah satu yang umum dikenal, wol adalah bahan dasar utama yang sering digunakan untuk membuat baju hangat atau sweter, karena kain ini tebal dan cukup berat. Pakaian yang terbuat dari kain jenis ini juga relatif awet dan tahan lama jika dirawat dengan baik dan benar.

Kain ini bisa dikatakan organik karena berasal dan diolah dari bulu hewan. Umumnya, wol berasal dari domba, tetapi seringkali juga diolah dari kambing ataupun kelinci. Karena asalnya dari hewan, warna dasar umumnya adalah putih, coklat, dan abu-abu.

Flanel

rumah mesin.com

Selain kain belacu, kain flanel mungkin adalah bahan fashion yang paling fleksibel dan serbaguna. Kain flanel bisa digunakan untuk membuat kotak perhiasan, boneka, tas, kuncir rambut, taplak, sepatu, dan gantungan kunci.

Kain ini juga bisa digunakan dengan kain lain untuk membuat perpaduan yang unik, seperti sweter yang terbuat dari kain wol, namun berhiaskan hiasan yang terbuat dari kain flanel. Kekurangannya, kain ini kurang pas untuk jadi bahan dasar pakaian.

Katun

jenis jenis kain

kompasiana.com

Kain katun adalah yang paling umum ditemukan di mana-mana. Kain ini adalah bahan dasar utama sebagian besar jenis pakaian, dan sama halnya dengan kain belacu, katun juga diolah dari serat kapas dan memiliki berbagai macam variasi dengan tekstur yang unik untuk setiap macamnya.

Contohnya, katun jepang terasa sangat halus sedangkan tipe biasa umumnya kaku dan tidak fleksibel atau stretch. Sementara itu, katun sutra memiliki permukaan yang licin dan sangat kilap.

Brokat

jenis jenis kain

pinterest.com

Sering juga disebut kain sulaman, tipe ini memiliki kesan yang mewah dan elegan. Karenanya, kain ini sering digunakan untuk bahan dasar pakaian formal seperti kebaya, baju pesta, dan gaun pernikahan.

Kain brokat juga bisa dipadukan dengan berbagai macam ornamen unik yang mengilat, sehingga dapat menarik perhatian dan terlihat lebih menawan.

Cashmere

pusat konveksi bandung com

Sering juga dieja ‘kasmir’. Kain jenis ini mungkin belum terlalu familier untuk sebagian orang. Umumnya, kasmir memiliki kualitas terbaik dibanding kain jenis lain, tetapi juga dikenal akan harganya yang tidak begitu terjangkau.

Kain kasmir memberikan kesan yang mewah dan elegan dan hanya bisa digunakan untuk merajut pakaian jenis tertentu, seperti jaket, mantel, pakaian tradisional, dan bahkan selimut.

Selain dari kain yang disebutkan di atas, masih ada banyak lagi yang bias Anda teliti lebih lanjut sebelum membuat pakaian.

kain lain yang menarik antara lain, seperti spandex, tenun, dan jersey. Spandex umum digunakan sebagai bahan pakaian dalam, sedangkan tenun adalah kain yang ditenun secara tradisional dan sering dipadukan dengan bahan lain untuk membuat model pakaian yang unik dan menarik. Sementara itu, jersey merupakan bahan umum pakaian olahraga.

Kain memang terdiri dari berbagai macam jenis. Jika tertarik, Anda bisa berkreasi membuat berbagai macam pakaian dari beragam jenis kain. Atau, dapat juga, bereksperimen membuat berbagai macam pakaian dari satu jenis kain, jika Anda menyukai sedikit tantangan.

Jika berniat terjun ke industri fashion, kenali target audiens Anda dan ketahui pakaian macam apa yang mereka cari. Semoga ulasan kain di atas dapat membantu.

Artikel terkait :

Leave a Reply