Olahraga Tradisional yang Unik dan Melegenda

Olahraga tradisional – Menurut Wikipedia, Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang bisa secara jasmani dan rohani. Olahraga tradisional adalah olahraga untuk melatih tubuh seseorang namun menggunakan alat dan cara yang sederhana.

Olahraga Tradisional yang Unik dan Melegenda

Olahraga tradisional

Poros Bumi.com

Sebelum ada banyak gedung yang menyediakan fasilitas olahraga seperti sekarang ini, orang-orang zaman dahulu lebih sering berolahraga di luar. Oleh karenanya, dikenallah beberapa jenis olahraga tradisional yang hanya bisa dilakukan di luar ruangan.

Beberapa macam olahraga tradisional ini terbilang unik. Namun sayangnya, orang-orang sudah mulai jarang melakukannya, meski masih ada beberapa wilayah yang menjadikannya tradisi dalam acara tertentu. Anda mungkin pernah mendengar atau melihat beberapa macam olahraga tradisional ini.

Pencak Silat

Olahraga tradisional

Faktual News.co

Seni bela diri ini berakar dari Melayu dan sudah ada di Indonesia sejak abad ke-7 Masehi. Di tengah-tengah maraknya seni bela diri luar negeri yang ada di negara ini, pencak silat mulai tidak banyak terlihat. Akan tetapi, seni bela diri ini masih sering diikutsertakan dalam berbagai macam kompetisi.

Selain sebagai seni bela diri, pencak silat juga memiliki arti dalam seni, yakni menggambarkan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara gerakan tubuh dan ekspresi dengan irama. Di beberapa daerah, pertunjukkan pencak silat sering diiringi dengan alunan musik tradisional.

Sebagai seni bela diri, gerakan pencak silat umumnya melibatkan berbagai macam gabungan dari pukulan, tendangan, tangkisan, gerakan menghindar, dan guntingan — gerakan yang gunanya menjatuhkan lawan.

Tarik Tambang

Olahraga tradisional

Lensa Utama.com

Olahraga satu ini biasanya paling sering dimainkan di tiap hari kemerdekaan. Olahraga ini membagi beberapa orang menjadi dua tim yang ditempatkan di tiap ujung tali tambang. Tiap tim berusaha untuk saling menarik hingga salah satu dari keduanya menyentuh batas yang sudah ditentukan.

Tarik tambang menekankan kekuatan dan kerja sama dalam tim, karenanya semua anggota di dalamnya harus mengerahkan kekuatan maksimal mereka agar bisa mengalahkan lawannya.

Sepak Takraw

Olahraga tradisional

aturan permainan blogspot.com

Olahraga tradisional satu ini terbilang cukup unik karena merupakan gabungan dari dua permainan yang berbeda, yaitu sepak bola dan voli. Sepak takraw biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis. Umumnya, para pemain dibagi menjadi dua kelompok yang tiap-tiapnya terdiri dari tiga orang.

Sepak takraw menekankan kemampuan kelenturan tubuh, karena meski para pemain bisa menyentuh bola dengan hampir semua anggota badan, mereka tidak boleh menggunakan tangan.

Permainan sepak takraw bisa dibilang sangat spektakuler untuk disaksikan, terutama karena pemain harus fleksibel. Anda bisa melihat banyak gerakan akrobat yang keren seperti salto. Sayangnya, olahraga satu ini juga sudah mulai jarang terlihat.

Balap Karung

Olahraga tradisional

IDN Times.com

Sama seperti tarik tambang, biasanya olahraga ini lebih sering dimainkan di hari kemerdekaan. Cara melakukannya pun mudah. Pada dasarnya, Anda harus balapan lari dengan beberapa pemain lainnya dan menempati posisi pertama sampai ke garis akhir sambil memakai karung.

Meski pada dasarnya olahraga ini dilakukan dengan berlari, sebagian ada juga yang bergerak dengan cara melompat. Pada dasarnya, olahraga ini bisa dilakukan dengan cara apapun yang Anda anggap mudah untuk bergerak, selama memakai karung.

Gobak Sodor

Olahraga tradisional

pojok pitu.com

Sering juga disebut galah asin, olahraga ini menekankan ketangkasan, ketepatan, dan kecepatan. Olahraga satu ini cocok dimainkan untuk Anda yang senang berlari dan aktif. Di samping itu, gobak sodor adalah olahraga kelompok.
Inti dari permainan ini adalah menghadang lawan dan berusaha menangkap mereka agar tidak bisa melewati batas garis yang ada secara bolak-balik. Umumnya, ada dua garis batas dan dua kelompok: satu yang berusaha menangkap lawan dan satu yang berusaha menyeberang.

Meski kelihatannya mudah dan sederhana, olahraga satu ini terbilang seru dan lumayan sulit karena Anda harus mengantisipasi gerakan lawan. Untuk memainkannya, Anda hanya perlu mengumpulkan teman-teman sampai berjumlah genap dan membuat garis menggunakan kapur atau spidol.

Masih ada banyak olahraga tradisional lain yang di zaman sekarang sudah mulai melegenda seperti bakiak, karapan sapi, dan lainnya. Meski zaman sekarang sudah mulai jarang terlihat atau dimainkan, olahraga-olahraga ini masih tetap merupakan warisan bangsa Indonesia.

IDN Times.com

Jika Anda ingin merasakan indahnya kebersamaan zaman dahulu atau mencari cara berolahraga yang berbeda dan seru, salah satu dari olahraga tradisional ini patut dicoba.

artikel terkait :

Leave a Reply