Jenis Triplek Terbaik – Selamat siang sahabat HATMA.NET, Selamat bekerja bagi yang sudah bekerja, bagi yang belum dapat pekerjaan, semoga cepat mendapatkan pekerjaan. Walaupun dimasa pandemi ini, tetap semangat bekerjanya, selalu jaga kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan setelah beraktivitas apabila tidak ada aktivitas sebaiknya berdiam diri dirumah saja untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Memilih Jenis triplek terbaik untuk komponen bangunan atau furniture rumah tidak asal pilih, jenis triplek ada banyak dan masing-masing memiliki tekstur dan karakteristik sendiri. Agar tidak salah pilih lagi maka kenali dulu jenis triplek tersebut.

Menurut wikipedia tripleks atau sering disebut kayu lapis  meruakan sejenis papan pabrikan yang terdiri dari beberapa lapisan kayu (venir kayu) yang direkatkan bersama-sama. Kayu lapis merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan.

Tidak semuanya bisa kamu gunakan untuk semua jenis bagian rumah atau barang, setiap jenis triplek ada karakteristik yang berbeda-beda, setiap bagian furnitur rumah triplek yang di gunakan berbeda-beda jenis juga dan kekuatannya.

Mulai daris segi kualitas, kekuatan, dan fungsinya pun berbeda-beda. Lapisan veneer dan urat kayu pada lapisan triplek disusun secara berbeda maka dari itu, ada yang tebal dan ada yang tipis. Tak hanya itu, harga triplek pun disesuaikan dengan kualitas dan jenis kayu, karena jenis yang beragam.Untuk lebih mengerti dan mudah lagi, berikut ini jenis-jenis triplek yang dapat digunakan untuk furniture dan kebutuhan rumah.

#7 Jenis Triplek Terbaik, No 4 yang Sering Digunakan Kitchen Set Anda

Jenis Triplek Terbaik

1. Melaminto

Jenis Triplek Terbaik di Banjarmasin

surapathi com

Dilapisi dengan dari melanin dan polyester sehingga teksturnya terasa lebih licin dan mulus. Melaminto atau yang juga disebut dengan istilah decorative plywood, adalah jenis kayu lapis yang sering digunakan untuk mempercantik atau merperindah lapisan papan kayu.

Triplek Melaminto ini lebih sering digunakan sebagai bahan dasar kitchen set seperti tatakan pisau, atau alas whiteboard, karena permukaan yang mulus dan licin.

2. Medium Density Fiberboard (MDF)

Jenis Triplek Terbaik Murah Banjarmasin

danubewood com

MDF ( Medium Density Fiberboard) kadang digunakan sebagai material pokok furnitur indoor rumah seperti alas meja atau boks loudspeaker. Kayu lapis satu ini merupakan hasil campuran serat kayu lunak dan keras yang ditempelkan menggunakan lilin atau lem agar menyatu dengan rapat.

lubang kecil kayu Medium Density Fiberboard (MDF) lebih rapat dibandingkan dengan particle board, sehingga permukaannya lebih rata dan kualitasnya pun otomatis lebih baik.

3. Teakblock

Kayu lapis satu ini lebih sering digunakan sebagai material pelapis papan kayu tetapi harganya sedikit mahal. Teakblock dibuat dari lembaran papa kayu jati yang ditumpuk menjadi satu.

Karena kekuatannya yang sangat bagus dan motifnya yang sangat bervariasi, Triplek satu ini termasuk jenis triplek unggul.

4. Blockboard/Meranti Jenis Triplek Terbaik Sering Digunakan

Jenis Triplek Kitchen Set Banjarmasin

harga promo net

Lapisan kayu luarnya memang cenderung lebih tipis, namun kekurangan ini ditutupi oleh lapisan dalamnya yang terbuat dari lapisan kayu akasia dan meranti yang sangat solid jadi kayu blockboard ini jadi kuat.

Blockboard tersusun atau terbentuk dari tiga susunan kayu, triplek ini bisa kamu pertimbangkan sebagai bahan pokok partisi rumah atau salah satu komponen pembangunan atau pembuatan lemari.

5. Multipleks

Lapisan kayunya solid, teksturnya rapat, dan pori-porinya kecil sehingga dapat disebut triplek anti air. Triplek satu ini dibuat lapisan kayu yang dipress menggunakan mesin bertekanan tinggi supaya lebih rapat.

Triplek multipleks dapat bertahan hingga berpuluh-puluh tahun, apabila dirawat dan dijaga dengan benar, apabila tidak menjaganya ataupun menjaga tidak benar, maka kayu tersebut ceapt rusak dan hancur.

6. Particle Board

Walaupun terkenal ekonomis, particle board tidak disarankan untuk digunakan sebagai material utama sebuah bangunan karena rentan terhadap air dan kurang kokoh, particle board terbuat dari serpihan-serpihan kayu yang dicetak ulang membentuk papan baru.

Contohnya seperti plafon, penutup rumah, atau kursi meja taman. Itulah mengapa kayu lapisan jenis ini tidak di anjurkan untuk dipasang di luar rumah atau outdoor dan area yang rentan dengan air.

7. Partikel Board/ Triplek Low Density Fiberboard

Disingkat LDF atau Low Density Fiberboard, Partikel board adalah jenis triplek pabrikan yang di manufaktur dari sisa serbuk kayu, pecahan kayu atau hasil sisa gergajian. biasanya partikel board ini juga menambahkan dengan resin sintetik yang lalu diproses bersamaan menjadi hasil akhir.

Untuk kelas triplek, partikel board merupakan jenis triplek yang lebih mudah didapatkan dan lebih terjangkau harganya dengan kualitas padat namun tidak terlalu kuat. Pertikel board termasuk yang paling ringan dan lunak, maka dari itu kualitas kayu tidak terlalu kuat.

Kelebihan Jenis Triplek Terbaik atau kayu lapis

– Cukup terjangkau dan mudah didapatkan.
– Mudah digunakan sehingga tidak jarang triplek dijadikan bahan dasar untuk melatih membaut kerajianan tangan atau prakarya.
– Triplek sering digunakan untuk membuat berbagai variasi furniture, termasuk seperti sofa, kursi, lemari, rak buku, rak sepatu dan sebagainya.
– Triplek memiliki permukaan mendatar yang seragam atau serasi, sehingga ideal untuk membuat perabot rumah yang berpermukaan bagus baik besar atau kecil misalnya kursi, meja, atau countertop dapur dan ruang kerja.
– Triplek dengan serat kayu juga bisa dilapis resin supaya tampil kian mengkilat. Bisa dilapis dengan melamin misalnya.
– Disesuaikan dengan kebutuhan setiap ruangan, sehingga triplek terdiri dari berbagai jenis dengan variasi kekuatan yang berbeda.
– Triplek bisa digunakan sebagai bahan flooring yang cukup bagus dan bervariasi, selain sebagai bahan furnitur.
– Triplek jenis dan bahan yang tinggi sudah dilengkapi dengan lapisan anti rayap, tidak mudah berubah bentuk dan terutama tidak mudah retak atau dimakan usia.
– Triplek memiliki ketebalan yang berbeda juga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, biaya dan lama pengerjaan.

Kelemahan Kayu Lapis/ Triplek

Namun memang harganya lebih murah, tidak sekuat atau sekokoh kayu solid.
– Semua kayu triplek tidak tahan air jika terekpos dalam waktu lama. Sehingga triplek tidak cocok untuk bahan utama di outdoor, kecuali jika jenis kayu khusus yang waterproof atau tahan air.
– Blockboard lebih dianjurkan untuk pemakaian panel panjang, semakin panjang triplek yang digunakan maka semakin besar kemungkinan triplek menjadi bengkok atau longgar yang membuat cepat mudah patah.
– Tidak bisa dipahat atau diukir untuk estitika kerajiangan tangan, karena tidak skuat seperti kayu jati dan sebagainya.
– Penggunaan lem triplek dianggap kurang ramah lingkungan karena bau lem tersebut baunya menyengat saluran pernapasan, sehingga banyak yang lebih memilih atau mengunggulkan kayu asli.

Nah, jadi sudah tahu kan jenis-jenis kayu lapis atau triplek yang sering di gunakan untuk furnitur atau kebutuhan alat rumah lainnya, dan tidak lupa pula untuk kelebihan dan kekurangannya yang menjadikan artikel ini lengkap mulai jenis triplek maupun kelebihan dan kekurangannya.

Semoga artikel ini menjadi bahan rujukan buat anda yang ingin membuat furniture atau Kitchen Set di Banjarmasin untuk kebutuhan alat rumah, karena artikel ini lengkap, dari segi jenis triplek, kualitas dan kekuatan kayu maupun kelebihan dan kekurangan tripek atau kayu lapis.

Artikel Terkait

  1. Cara Merawat Kitchen Set Agar Tetap Awet, Bersih
  2. Cara Memilih Gitar Bagus dan Berkualitas, sangat tepat untuk kamu

Semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam membaut artikel ini, baik dalam segi penulisan atau kata. Terima kasih.