Jenis Bahan Kaos Katun – Hallo HATMA.Net, selamat hari senin, selamat bekerja kembali, semoga hari ini pekerjaannya di mudahkan walaupun di masa New Normal ini tetap semangat bekerjanya.

Selalu jaga kesehatan, jaga jarak, menggunakan masker, dan tidak lupa selalu mencuci tangan dengan sabun. Apabila tidak ada aktivitas diluar rumah, sebaiknya berdiam dri di rumah, karena untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Melalui riset yang dilakukan, disebutkan bahwa ada 10 negara yang menghaslkan kapas terbesar. Berbicara tentang kapas, banyak dari kalian yang langsung teringat dengan serat kain. Sesuai yang akan di bahas sebelumnya, kapas bisa menghasilkan serat kain. Jenis bahan serat katun atau bisa disebut dengan cotton merupakan dari satu jenis bahan yang terbuat dari serat kain.

Kaos merupakan produk yang terbuat dari serat cotton. Pastinya anda sudah tidak asing dengan kaos ini kan. Tetapi, apakah anda tahu bahwa cotton memiliki jenis yang banyak? Masing-masing dari cotton tersebut cara pembuatannya pun berbeda-beda. Dan memilki karakteristik masing-masing pada cotton.

Menurut Wikipedia kaos oblong atau di sebut juga sebagai t-shirt adalah jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Oleh karena itu, kami disini akan memaparkan tentang cotton carded, cotton combed, cotton supima, dan cotton bamboo. Cermati penjelasannya.

[doc]

Macam-macam Jenis Bahan Kaos katun serta Karakteristik:

  1. Cotton Carded

Macam dan Jenis Bahan Kaos Katun

pixabay com

Jenis bahan Cotton Carded yang pertama, di antara macam-macam jenis bahan kaos katun yang ada, cotton carded adalah jenis bahan dengan kualitas serta harganya yang dibilang murah. Cotton carded bisa di bilang bahan yang hasilnya dari replika dari jenis cotton combed. Tetapi, bahan ini masih di cari orang di pasaran karena harganya yang murah dan bahannya nyaman unutk di gunakan.

Karakteristik Cotton Carded:

  • Tekstur yang dimiliki agak kasar.
  • Sering di cuci maka akan lenih rusak.
  • Harga yang murah dengan yang lainnya.
  • Melakukan aktivitas yang banyak dengan gerakan maka akan gerah jika Makai bahan ini.
  1. Cotton Combed

Macam dan Jenis Bahan Kaos Katun

pinterest com

Yang kedua, jenis bahan Cotton Combed. Sudah pasti kamu sudah tidak asing dengan Cotton Combed. Bahan yang jenis seperti ini sangat laris di pasaran dan banyak digunakan pada brand dari Indonesia yang sudah besar.

Bahan yang satu ini sudah di bilang sudah merajai di pasaran, bahan ini lembut  dan nyaman di gunakan, hal ini sudah nyata, di karenakan proses produksi yang bisa di bilang khusus menggunakan mesin combing.

Jenis cotton combed juga memiliki 4 jenis yang berbeda dan ketebalannya pun berbeda-beda. Semakin kecil angkanya semakin tebal kaos tersebut.

Karakteristik Cotton Combed:

  • Nyaman di gunakan sehari-hari
  • Menyerap pada keringat
  • Harganya tidak terlalu mahal dan murah
  • Agar tidak mudah rusak, cucilah menggunakan deterjen yang tepat dan pas
  1. Cotton Supima

Macam dan Jenis Bahan Kaos Katun

pixabay com

Yang ketiga, jenis bahan cotton supima. Bahan ini menggunakan dari bahan kapas dengan kualitas yang terbaik ada di dunia. Superior Pima adalah singkatan dari kata Cotton Supima, bahan ini juga berasal dari perkebunan pima yang berada di USA. Supima menjadi produk andalan dan sekaligus menjadi bahan yang laku di pima di daerah tersebut.

Karakteristik Cotton Supima:

  • Panjang rata-rata sekitar 1,5 inci jenis cotton ini
  • Menyerap pada keringat
  • Bahan akan aman jika sering di cuci
  • Harganya yang cukup mahal karena kualitas terbaik
  • Benangnya memiliki yang sangat kuat
  • Memiliki serat yang panjang dan bagus
  1. Cotton Bamboo

Macam dan Jenis Bahan Kaos Katun

pinterest com

Yang terakhir, jenis bahan cotton bamboo. Bahan ini menggunakan kapas kualitas premium dan di kombinasikan dengan bamboo sehingga menghasilkan kain yang sangat bagus. Dinamakan dengan cotton bamboo karena ada kombinasi dengan bamboo.

Diapsaran bahan ini mahal tetap sebanding dengan kualitas premiumnya. Biasanya bahan ini di jual oleh brand – brand terkenal dan terbesar yang membuka outlet dan toko di mall.

Karakteristik Cotton Bamboo:

  • Memiliki tekstur yang lembut, adem, dan halus
  • Nyaman banget di pakai untuk sehari- hari
  • Keringat yang di serap cukup maksimal
  • Terjaga dari perkembangan bakteri pada pakaian yang di gunakan
  • Daya serap yang di miiki lebih bagus terhadap sinar ultraviolet

 

Cara Merawat pakaian Berbahan Katun agar tetap awet

  1. Cuci Secara Manual

Jangan mencuci pakaian berbahan katun dengan mesin cuci. Agar menghindari pakaian yang menerima beban dan gesekan tersebut karena bisa membuat pakaian tersebut menajdi melar dan menjadikan kain tersebut menjadi kasar pada kain pisahkan katun yang berat dengan katun yang ringan. Mencuci dengan tangan akan lebih baik, karena bisa memperpanjang umur pada pakaia katun tersebut.

  1. Jangan Mengucek dan Menyikat Terlalu Keras

Menyikat pakaian yang berbahan katun dapat merusak dan mengacaukan pola serat pakaian. Sikat pakaian tersebut dengan perlahan agar tidak rusak serat kain, memeras dengan keras saat mencuci dapat mengakibatkan pakaian menjadi melar.

  1. Perhatikan Ada Noda Pada Pakaian

Perhatikan dengan teliti noda yang menempel pada pakaian katun sebelum mencuci,  Seperti keringat dan lainnya. Cara menghilangkan pada noda tersebut adalah menggunakan pembersih khusus noda pakaian.

Tidak terlalu berlebihan mengucek pakaian yang terkena noda, karena sudah di beri pembersih noda khusus.

  1. Perhatikan Proses Pengeringan

Macam dan Jenis Bahan Kaos Katun

pixabay com

Setelah pakaian tersebut sudah di cuci, selanjutnya tahap pengeringan pakaian. Menjemur merupakan pilihan yang tepat untuk mengeringkan, salah satunya pakaian katun dilengkapi dengan detail print, manik atau denim.

Jemur pakaian dalam posisi bagian dalam berada di luar (terbalik). Agar warna pada pakaian tersebut tidak memudar.

  1. Perhatikan Saat Menyetrika

Macam dan Jenis Bahan Kaos Katun

pixabay com

Ketika akan di setrika, pastikan dalam keadaan kering ketika akan di setrika, atur setrika dengan suhu hangat. Apabila terlalu panas katun dapat rusak yang bisa mengakibatkan terbakar, dan dapat meninggalkan bekas menguning di pakaian katun.

  1. Memperhatikan Penyimpanan

Macam dan Jenis Bahan Kaos Katun

pixabay com

Gantung pakaian untuk menghindari tidak kusut pada pakaian, dan hindarkan dari suhu lembab dan sinar matahari langsung. Menyimpan di ruangan yang kering atu bersuhu ruangan.

  1. Menggunakan Detergen yang Tepat

Memperhatikan penggunaan detergen perlu di lakukan. Jangan menggunakan detergen yang mengandung bahan pemutih, pemutih mengandung bahan kimia yang membuat pakaian tersebut menjadi luntur dan mudah rusak.

Membersihkan pakaian berbahan katun yaitu dengan menggunakan detergen yang tepat dan menggunakan pelembut juga dapat dilakukan untuk membuat bahan katun lebih lembut.

itulah beberapa macam dan jenis kaos katun dan karakteristiknya. sekarang sudah tahu kan bahwa kaos bahan katun banyak jenis dan macam-macam karakteristiknya. anda tinggal pilih katun berbahan apa yang ingin di gunakan untuk sehari-hari.

semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.

Artikel yang Terkait:

  1. Cara Tips Desain Kaos
  2. 9 Jenis Kain yang Paling Sering Digunakan Bahan Pakaian
  3. Sablon Kaos Banjarmasin dengan #8 Layanan Terbaik – Hatma Konveksi

Terima Kasih