11+ Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan [TERLARIS]

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin – Hay Sahabat Hatma.net, salam tebar manfaat dengan berbagi satu artikel. Sebagai salah satu warga negara Indonesia, kita harus bangga dengan kekayaan pulau yang dimiliki oleh negara kita. Ada ribuan pulau yang dipunyai oleh Indonesia, salah satunya adalah Kalimantan, yakni pulau terbesar ketiga di dunia.

Kalimantan dibagi 5 wilayah salah satunya yaitu kalimantan selatan, sekarang yang menjadi pertanyaan, Apakah Anda pernah mendengar kota dengan sebutan kota seribu sungai, mungkin sebagian besar sudah mengetahuinya.

Ya betul, yaitu kota Banjarmasin, Mampir yuk, di Banjarmasin karena terdapat tempat wisata, budaya sangat beragam yang dapat memanjakan mata Anda. Jadi sangat rugi apabila tidak merasakan Indahnya Ibu Kota Kalimantan Selatan.

Namun, setelah Anda berkunjung dan berwisata ditempat wisata yang menawarkan banyak keindahan yang asri tersebut. Jangan sampai lupa untuk mencicipi berbagai kuliner unik dan Oleh-Oleh Khas Banjarmasin.

11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

satujam.com

Amplang

Pertama bagian dari 11 Oleh Oleh Khas Banjarmasin adalah Amplang Merupakan Oleh – Oleh Khas Banjarmasin berupa makanan ringan tradisional yang terbuat dari ikan yang disajikan di Kalimantan Indonesia, Amplang terbuat dari ikan tenggiri, yang dicampur dengan tepung kanji dan bahan-bahan lainnya, dan kemudian digoreng, namun sekarang sudah banyak ikan yang bisa buat Amplang Seperti Ikan Haruan, Ikan Mujair, dan sebagainya.

Adapun Proses pembuatan kerupuk ini relatif mudah, tetapi yang membedakan sentuhan dari setiap pembuatnya menciptakan kekhasan tersendiri dari setiap produsen. Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling hingga halus.

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

cookpad.com

Daging yang telah halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga rata. Kemudian, dicampur dengan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Setelah itu Adonan tersebut direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.

Tahap selanjutnya adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan berbentuk gumpalan besar tersebut di potong tipis tipis, lalu berbentuk dadu atau memanjang dengan ketebalan sekitar 0,5-1 Sentimeter. Terakhir, digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah ditiriskan, amplang disimpan dalam wadah tertutup agar tetap enak, renyah dan tahan lama.

Amplang memang makanan riang yang sangat cocok untuk buah Oleh-Oleh Khas Banjarmasin, karena rasanya yang enak, renyah dan empuk jadi sangat rugi ketika mampir kebanjarmasin tidak membeli Amplang.

Rabuk Ikan (Iwak Rabuk) Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

cookpad.com

Kedua, bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Rabuk Ikan merupakan makan yang menggunakan Ikan sebagai bahan bahan utamanya, biasany terbuat dari ikan khas banjarmasin yaitu ikan haruan. Kuliner ini berasal dari banjarmasin kalimantan selatan. Bentuknya sangat mirip dengan pupuk, rabuk atau abon saat disajikan di piring atau wadah tertentu.

Rasanya enak, gurih dan bisa dijadikan sebagai lauk untuk kita makan pagi, siang atau malam. Dicampur dengan bumbu-bumbu serta rempah khas,sajian ini bakal memberi warna tersendiri bagi makan siang Anda bersama keluarga dirumah.

Ikan Rabuk ini Anda dapat bisa ditoko oleh-oleh dibanjarmasin kalimantan selatan, Namun Apabila sudah membeli ikan rabuk dibanjarmasin, namun saat Anda menginginkan nya kembsli bisa dipesan lewat toko online atau membuatnya sendiri, menggunakan resep Ikan Rabuk Banjarmasin kalimantan selatan.

Ikan Saluang Goreng

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

itikkecil.com

Ketiga bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Ikan saluang goreng merupakan penganan khas Banjarmasin yang banyak peminatnya. Dengan ukuran kecil, ikan ini pasti sangat renyah kalau sudah digoreng. Sangat enak lezat buat dijadikan lauk atau pun dijadikan cemilan sebagai oleh-oleh saat Anda berkunjung ke Banjarmasin

Banyaknya peminat Ikan Saluang Sebagai makanan khas Banjarmasin, ikan sungai tersebut sekarang dikemas sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin. Diberi bungkus kemasan plastik, ikan saluang goreng ini sangat laku di pasaran.
Ikan saluang disukai semua kalangan karena kerenyahannya. Untuk kisaran harga relatif murah, yaitu harga per kotak plastik Rp 25 ribu, ikan saluang memang jadi salah satu primadona makanan khas Banjar.

Kemudian Ikan seluang banyak mengandung protein yang sangat berguna bagi tubuh kita, seperti sebagai sumber energi dan untuk pertumbuhan, perbaikan dan pemeliharaan sel-sel tubuh.

Kue Roko

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

ayojajanoleholeh.blogspot.co.id

Keempat bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Kue roko atau dikenal juga dengan nama kue gapit ini memiliki bentuk yang serupa dengan kue semprong dengan tekstur ekstra renyah, enak serta gurih. Anda bisa mendapatkan kue roko khas Banjarmasin untuk oleh-oleh ini di toko oleh-oleh dibanjarmasin atau setiap hari minggu mampi kepusat wisata banjarmasin, biasanya dengan harga Rp.20.000 sampai Rp.50.000

Kerupuk Ikan Air Tawar

Kelima bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah kerupuk Ikan Air Tawar, Terasa Ada yang kurang afdol apabila berkunjung ke Banjarmasin tanpa membawa oleh-oleh berbagai kerupuk ikan air tawar disini. Kamu bisa beli semua berbagai kerupuk gurih asli seperti ikan belut gabus, dan juga patin hanya dengan Rp.25.000/pcs.

Untuk ikan sepat, berukuran kecil dan juga besar dan yang dijual sebagai ikan kering (iwak karing) adalah ikan sepat berukuran kecil. Anda bisa membeli ikan sepat yang sudah jadi dan siap saji untuk dimakan atau juga bisa membelikan sepat kering yang lebih awet setelah itu tinggal kamu goreng sendiri di rumah. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp.35.000 sampai Rp.40.000 per kantungnya.

Brownies Labu

Keenam bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Brownies Labu, Oleh-oleh khas Banjarmasin ini menjadi salah satu makanan yang sedang diminati saat ini. Tekstur brownies yang sangat lembut dan rasa manis tidak berlebihan menjadi keistimewaan dari brownies labu Banjarmasin.

Kamu juga bisa memilih beberapa varian brownies labu lainnya seperti brownies labu berry, brownies labu chocolate chips, brownies ritch, brownies cheese bite dan lainnya hanya dengan Rp.35.000/ kotaknya

Kripik Pisang Maholi

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

resepmakijah.blogspot.com

Ketujuh bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Kripik khas Banjarmasin yang terbuat dari pisang ini tidak mengandung bahan pemanis sama sekali sehingga sangat aman untuk dikonsumsi dan dijadikan salah satu oleh-oleh. Kamu juga bisa membeli berbagai keripik pisang maholi seperti rasa green tea, keju, kopi dan beberapa varian rasa lainnya dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp.23.000.

Wadai Banjar (Bingka)

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

aliansyahsyaidina.wordpress.com

Kedelapan bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Wadai Banjar merupakan pengan khas Banjarmasin yang juga dikenal dengan nama bingka. Rasanya yang manis dan tekstur legitnya didapat dari bahan dasar ketan. Wadai Banjar ini umumnya dijual dalam ukuran sedang berbentuk bunga yang bisa kamu temukan di beberapa toko oleh-oleh dengan varian rasa seperti original pandan dan juga labu.

Lebih baik, kamu membeli kue wadai ini saat akan pulang saja, sebab kue ini hanya tahan sampai 3 hari sebab tidak memakai bahan pengawet sama sekali. Untuk harganya bisa didapat sekitar Rp.25.000 sampai Rp.30.000 per kotaknya.

Sambal Acan Raja Banjar

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

sambalarb.com

Kesembilan bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Sambal acan raja Banjar atau disngkat dengan ARB ini juga harus masuk ke daftar belanja oleh-oleh kamu. Sambal ini sudah dikemas dalam botol sehingga akan mempermudah kamu untuk membawa pulang sebanyak mungkin.
Ada beberapa varian rasa sambal yang bisa kamu pilih seperti rasa terong asam, rasa mangga, rasa limau, rasa binjai dan juga rasa rimania.

Sensasi pedas dari cabai asli Banjarmasin berpadu dengan aneka rasa buah-buahan serta bumbu turun temurun yang digunakan, membuat rasa sambal ini bikin ketagihan dan bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh daerah Banjarmasin dengan harga Rp.18.000/ botolnya.

Kue Rangai

Kesepuluh bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Kue Rangai. Untuk penganan oleh-oleh jenis kue, kamu bisa pilih kue rangai yang menjadi kue wajib acara adat masyarakat Banjarmasin. Kue bercitarasa manis dan gurih dengan taburan kelapa serta bumbu khusus ini juga menjadi pilihan tepat untuk dijadikan buah tangan.
Kue rangai yang terbuat dari tepung sagu ini cukup awet sampai 3 bulan lamanya dan sudah dikemas secara praktis, sehingga tidak sulit untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk harganya sendiri berkisar Rp.25.000 sampai Rp.35.000 per bungkusnya.

Dodol Kandangan

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

indonesiakaya.com

Kesebelas bagian dari 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin adalah Dodol. Apa yang menjadi dodol kandangan ini berbeda dengan dodol lain seperti dodol garut?. Sebenarnya penganan dodol ini tidak memiliki banyak perbedaan. Dilihat dari bahan dasarnya juga sama sama memakai gula aren dan beras ketan.

Akan tetapi, salah satu varian rasa dodol kandangan yakni durian memang benar-benar legit dan sangat kental aroma duriannya sehingga menjadi buruan pada wisatawan saat berkunjung ke kota ini.
Kisaran Harga dodol cukup terjangkau dan murah yakni berkisar mulai dari Rp.3.000 sampai Rp.10.000 bergantung dari ukurannya. Yang membuat dodol ini awet bukan karena penambahan bahan pengawet saat proses pembuatannya, namun karena gula aren yang membuat dodol ini bisa bertahan hingga beberapa hari.

Demikian Artikel semoga menjadi tempat referensi saat berkunjung kebanjarmasin, ingat 11 Oleh Oleh Khas Banjarmasin, yang harus menjadi buah tangan untuk keluarga dirumah. tetap di www.hatma.net “Tebar Manfaat Dengan Berbagi Satu Artikel” bantu Share, Bagikan dan beri komentar 🙂

Leave a Reply