Persiapan Menikah Untuk Wanita – Siang semua sahabat HATMA. NET, salam sejahtera, semangat untuk kegiatan hari ini. Jangan pernah mengeluh dengan apa yang telah di berikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, semua itu pasti ada sebab dan pasti ada hikmahnya. Karena Tuhan Yang Maha Esa tidak mungkin menguji hambanya kalau tidak ada hikmahnya.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan seperti, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak saat berada di luar rumah. Dan semoga virus di Indonesia segera berakhir agar bisa kembali normal sepeti tidak ada virus.

Masih seperti kemarin, masih di seputar pernikahan, tapi kali ini kita membahas tentang persiapan bagi para wanita untuk menikah.  Menikah adalah peristiwa penting dalam hidup  manusia yang akan di kenang seumur hidup. Memasuki fase pernikahan memerlukan banyak persiapan, baik secara fisik, mental maupun persiapan keuangan.

Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.

Agar anda dapat memasuki pernikahan dengan matang, banyak hal yang harus anda siapkan dan lakukan. Mulai dari persiapan fisik seperti perawatan tubuh, persiapan tempat, gaun, tata rias, undangan, souvenir, dekor dan banyak masih yang harus di persiapkan.

Persiapan Secara Fisik

Persiapan Fisik bagi kedua mempelai tentunya harus diperhatikan dengan baik. Jika kondisi fisik tidak terjaga, maka yang terjadi adalah hal yang tidak diketahui di saat pernikahan nanti. Berikut ini ada beberapa persiapan fisik yang perlu untuk di lakukan sebelum pasangan menikah:

  1. Menjaga Kondisi Kesehatan dan Pola Makan
Persiapan Menikah Untuk Wanita

pixabay com

Kesehatan fisik wajib untuk kita jaga agar kita tetap dapat melakukan tugas dan pekerjaan dengan maksimal. Demikian pula dengan pasangan yang hendak menikah, menjaga kesehatan fisik sangat penting untuk kebaikan mereka. Hal ini di karenakan mereka membutuhkan tenaga yang lebih dalam mempersiapkan pernak pernik pernikahan mereka.

Salah satu cara mudah yang bisa di lakukan adalah dengan berolah raga secara teratur. Anda dapat melakukan olahraga sendiri atau mengajak calon suami istri. Kegiatan ini selain memberi dampat kesehatan, juga akan mempererat hubungan anda berdua.

Pola makan juga harus di jaga untuk menunjang stamina tubuh. Dengan banyaknya hal yang harus di pikirkan menjelang pernikahan, biasanya kita rentan untuk makan secara tidak teratur. Usahakan agar pola makan anda terjaga sehingga tubuh tetap fit hingga hari H pernikahan dan seterusnya.

  1. Melakukan Perawatan Sebelum Menikah
Persiapan Menikah Untuk Wanita

pixabay com

Bagi para wanita perawatan wajah dan tubuh sebelum menikah boleh di bilang wajib di lakukan. Mulai dari perawatan rambut, wajah, seluruh tubuh hingga jaritangan dan kaki memerlukan perhatian khusus. Perawatan di atas dapat di lakukan secara bertahap beberapa bulan sebelumnya.

Para wanita juga di harapkan sudah menentukan jenis tata rias wajah dan model rambut yang ingin di kenakan di hari pernikahan minimal 4 bulan sebelumnya, tata rias dan model tersebut sebaiknya di sesuaikan dengan pakaian yang akan di kenakan nantinya. Pelengkap lain yang dari aksesoris pernikahan anda  juga sebaiknya  sekalian di siapkan dan masuk dalam daftar persiapan pernikahan anda.

  1. Membagi Tugas
Persiapan Menikah Untuk Wanita

pixabay com

Stress dalam persiapan pernikahan adalah tantangan terberat bagi para pasangan calon pengantin, berusahalah untuk sharing dengan sahabat atau keluarga bahkan dengan para vendor pernikahan kamu yang terlibat, jangan sampai beban mempersiapkan pernikahan justru akan mengganggu kelancaran acara pernikahan nanti.

Bagi para pasangan yang ingin menyewa Tenda di sekitar Daerah Banjarmasin bisa aja menghubungi dan bertanya-tanya di Sewa Tenda Banjarmasin Dan ingin Mencari Weeding Organizer bisa menghubungi dan bertanya-tanya Wedding Organizer Banjarmasin.

Cobalah untuk tidak khawatir berlebihan dalam mengurus pesta pernikahan. Par acalon pengantin wanita bisa mendelegasikan dan percayakan tugas yang sudah di bagi pada panitia keluarga ataupun tim yang sudah bertugas. Jadi hal – hal berbau teknis bisa kamu sampaikan kepada mereka, selebihnya biarkan tim Wo kamu yang membantu mewujudkan impian pernikahan kalian berdua kalaupun kamu terlihat hanya pada saat meeting dengan WO untuk memastikan persentase kesiapan pelaksanaan pernikahanmu.

  1. Persiapan Finansial Sebelum Pernikahan
Persiapan Menikah Untuk Wanita

pixabay com

Salah satu persiapan penting pernikahan adalah persiapan finansial atau keuangan. Tanpa kesiapan di bidang  ini, mustahil pernikahan anda dapat terwujud sesuai dengan yang telah di rencanakan. Mempersiapkan diri secara finansial bukan hanya merupakan persiapan sebelum menikah untuk laki-laki saja, tetapi juga untuk wanita.

Jadi, anda berdua wajib untuk melakukan persiapan finansial secara bersama. Hal ini juga akan membantu anda untuk mengelola  keuangan bersama setelah menikah nanti.

Beberapa persiapan finansial yang dapat di lakukan bersama:

  1. Memiliki Pekerjaan yang tetap

Hal ini penting karena anda berdua akan memiliki sumber penghasilan untuk biaya pernikahan. Nantinya sumber penghasilan ini akan anda gunakan untuk mengeloa kebutuhan rumah tangga. Setelah anda memiliki anak, pekerjaan tetap di perlukan unutk biaya perawatan dan pendidikan si buah hati juga.

Yang penting sesudah menikah sudah memiliki pendapatan yang menetap, karena saat ini sudah banyak orang yang menjadi freelance. Mereka pekerjaan per project atau juga ada yang memulai bisnisnya.

  1. Menabung Bersama

Kita semua tahu bahwa biaya pernikahan saat ini relatif mahal. Untuk itu, anda berdua dapat menabung bersama unutk event tersebut jauh-jauh hari sebelumnya. Anda berdua perlu untuk menyepakati jumlah yang harus di tabung masing-masing tiap bulannya.

Selain itu, anda berdua juga harus menentukan berapa lama menabung hingga tercapai jumlah yang di inginkan. Selama rentang waktu tersebut anda dapat melakukan survey untuk harga dan biaya pernak pernik pernikahan anda. biaya sewa tempat, tata rias,gaun, undangan, cendera mata untuk tamu, catering dan lain sebagainya.

  1. Berinvestasi

Anda juga dapat melakukan investasi bersama. Sekarang ini banyak sekali pilihan investasi yang dapat anda pilih dengan modal atau biaya yang relatif terjangkau. Pastikan bahwa investasi yang anda pilih benar untuk menghindari kerugian di pihak anda. survey terlebih dahulu sebelum menentukan investasi terbaik anda.

Dari keterangan di atas, di harapkan anda juga mempersiapkan pernikahan anda dengan baik. Tidak perlu kuatir dan takut dengan berbgai macam kegagalan dan lain sebaginya. Lakukan saja semuanya sedikit demi sedikit sehingga semua sudah siap semuanya.

Persiapan Mental Menjelang Pernikahan

Persiapan Mental juga harus mendapat perhatian khusus bagi wanita. Hal ini penting karena wanita memandang pernikahan sebagai suatu yang indah. Mengetahui bahwa terkadang kenyataan tak seindah impian dan tetap berkomitmen untuk melaluinya sangat penting di lakukan. Ada 3 persiapan mental yang perlu anda pertimbangkan sebelum menikah:

  1. Persiapan Menjadi Istri

Setelah menikah, peran dan tanggung jawab anda berubah total. Anda  kini tidak lagi tinggal bersama orang tua, melainkan sudah satu rumah dengan suami. Menjadi istri yang dapat di andalkan suami harus anda persiapan untuk pernikahan yang sukses.

  1. Persiapan Menjadi Ibu

Sebagai wanita, menjadi ibu tentunya merupakan salah satu yang anda idam-idamkan. Namun, untuk menjalani, untuk menjalani hari-hari sebagai ibu, anda perlu untuk menyiapkan mental dengan benar.

Anda tidak dapat lagi bebas pergi atau melakukan yang anda mau karena harus bertanggung jawab terhadap anak. Oleh sebab itu persiapan mental anda harus di siapkan dengan baik.

  1. Persiapan Menjadi Menantu dan Ipar

Menikah dengan pasangan anda berarti anda menjadi bagian dari keluarganya. Ibu dari pasangan anda menjadi ibu anda juga. Pribadi ini juga berhak untuk anda hormati, sayangi dan hargai sebagaimana ibu kandung anda. hal ini juga berlaku untuk ipar anda, yaitu kakak atau adik dari pasangan anda.

Dengan doa dan usaha yang sungguh – sungguh, pasti ada jalan keluar untuk tujuan anda tersebut. Semoga semua persiapan menikah untuk wanita di atas dapat membantu anda mewujudkan pernikahan terbaik anda.

Itulah tadi  beberapa  penjelasan tentang persiapan menikah seorang wanita, semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca, karena penjelasan ini termasuk hal yang pentin guntuk persiapan untuk menikah dan menikah bukanlah  hal yang main – main.

Mohon maaf jika ada kesalahan dari penyusunan kata-katanya di sengaja ataupun tidak disengaja. Terima Kasih