Cara Menabung Untuk Menikah – Hallo sahabat HATMA. NET, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kabar kalian selalu sehat selalu teman-teman, dan jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan yaa teman – teman, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Memasuki usia hampir matang untuk menikah, anda akan di hadapkan dengan berbagai persoalan hidup, salah satu pertanyaan yang sering terdengar di saat usia kamu hampir matang adalah Kapan saya menikah? Pertanyaan itu terbesit di dalam pikiran anda dalam kesendirian dan kesunyian setelah rutinitas kehidupan.

Menurut Wikipedia Upacara pernikahan sendiri biasanya merupakan acara yang dilangsungkan untuk melakukan upacara berdasarkan adat-istiadat yang berlaku, dan kesempatan untuk merayakannya bersama teman dan keluarga. Wanita dan pria yang sedang melangsungkan pernikahan dinamakan pengantin, dan setelah upacaranya selesai kemudian mereka dinamakan suami dan istri dalam ikatan perkawinan.

Jenjang pernikahan adalah bukti kesetiusan sepasang dalam menjalankan suatu hubungan. Terpikir kembali betapa sacral dan berharganya pertas pernikahan, banyak orang yang rela habis – habisan untuk urusan biaya.

Agar semua biaya dana bisa terkumpul, pasangan yang ingin menikah tentu harus menabung demia mewujudkan pesta pernikahan yang di inginkan. Berbagai macam cara menabung untuk merpersiapkan menikah. Agar semua dana bisa terkumpul, pasangan yang ingin menikah tentu harus menabung demi mewujudkan pesta pernikahan yang di inginkan.

Berbagai macam cara pun akan di lakukan demi menggembungkan rekening tabungan untuk menikah. Tapi, tak sedikit pula yang gagal karena tidak mampu mengubah gaya hidup, khususnya saat berpacaran. Demi mewujudkan sebuah acara pernikahan impian suatu saat nanti, coba terapkan tips – tips menabung.

Menikah dan membina keluarga kecil menjadi tujuan hidup hampir semua orang. Meski begitu, persiapan untuk menikah juga bukan hal main – main. Karena di perlukan banyak biaya untuk melaksanakan pernikahan tersebut.

Ingat, menikah bukan hanya tentang kesiapan mental akan tetapi juga kesiapan finansial. Dengan cara menabung yang benar, kamu pun bisa mempersipakan keuangan kamu untuk pernikahan hanya dalam satu kali seumur hidup.

Berikut tips – tips cara menabung untuk menikah, berikut penjelasannya:

  1. Buat Rekening Tabungan yang Khusus Buat Pernikahan
Cara Menabung Untuk Menikah

pixabay com

Hal ini harus di lakukan adalah membuka rekening tabungan khusus untuk pernikahan. Anda dan pasangan bisa mengisi tabungan ini bersama-sama dari alokasi gaji masing – masing. Supaya setiap pasangan menabung setiap bulannya.

Hal ini juga  bertujuan unutk mengurangi gaya hidup yang boros, sehingga bisa sama – sama focus untuk menyiapkan biaya pernikahan dengan baik. Walaupun nominal yang terkumpul  nantinya belum mencapai target, setidaknya kedua mempelai sudah mempunyai sumber tabungan untuk memenuhi biaya pernikahan.

  1. Jangan Lupa Juga Isi Rekening Tabungan Pribadi

Anda dan pasangan perlu juga mengisi rekening tabungan masing-masing. Uang yang terkumpul bisa di gunakan untuk menutupi kekurangan dari tabungan khusus atau menutupi biaya pernikahan nanti.

Anda harus lebih bijak dalam mengatur uang gaji, karena pengeluaran setiap saat semakin bertambah terus, sebaiknya alokasikan 1/5 dari total gaji untuk menabung, sehingga untuk kebutuhan pernikahan semakin cepat terkumpul.

  1. Kurangi Kencan dan Jalan-jalan Bersama
Cara Menabung Untuk Menikah

pixabay com

Kebiasaan liburan atau jalan-jalan ke tempat yang akan di tuju sebaiknya di ubah. Sebagai gantinya, anda dan pasangan kalian bisa merencanakan berbagai aktivitas yang lebih sedikit pengeluarannya.

Walaupun melakukan hal itu terasa membosankan, kegiatan ini justru lebih hemat dan dapat membangun chemistry, sehingga semakin mengenal kepribadiaan masing – masing, hal ini juga sangat berguna sebelum membangun  rumah tangga yang harmonis saat nanti.

  1. Beli Beberapa Produk untuk Investasi
Cara Menabung Untuk Menikah

pixabay com

Anda dan pasangan sudah mempunyai pernghasilan yang cukup, pakailah membeli satu atau dua barang untuk investasi , seperti emas atau hal yang sebagainya. Tentunya dengan tingkat keuntungan yang lumayan.

Untuk investasi seperti emas dan reksadana, anda bisa cicil setiap bulan tanpa harus membayar uang muka.

  1. Mencicil Segala Keperluan untuk Menikah

Keperluan untuk menikah sangat banyak. Selain gedung dan catering, anda juga harus memikirkan pakaian pengantin, sepatu, aksesoris, seserahan pernikahan, hingga hal lain sebagainya. Semua ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi kalau anda dan pasangan ingin pesta pernikahan yang mewah.

Agar tidak memberatkan di hari pernikahan nanti, sebaiknya cicil terlebih dahulu keperluan pernikahan setiap bulannya. Misalnya, bulan ini ingin membeli sepatu dan aksesoris pernikahan, bulan depan membeli seserahan dan seterusnya.

Seorang pasangan membutuhkan Wediing Organizer berada Di Banjarmasin ? bisa saja hubungi dan bertanya-tanya di Wedding Organizer Banjarmasin

 

Tak ada salahnya menghentikan kebiasaan berbelanja kamu sementara waktu, dari pada membeli barang mewah, lebih baik uangnya di gunakan untuk mencicil printilan pernikahan. Seperti souvenir, seserahan, atau kebutuhan lainnya.

  1. Hemat dalam Kehidupan Sehari – hari

Yakin masih hidup boros? Tentunya tidak boros lagi, usahakan untuk selalu berhemat, terutama untuk biaya hidup sehari – hari, seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, internet, dan perawatan.

Hidup hemat akan membantu anda untuk menabung yang lebih banyak setiap bulannya. Coba saja misalnya menghemat pengeluaran sebesar 200-300 ribu dalam perbulannya, dalam setahun anda bisa mengumpulkan sekitar 2,4 juta- 3,6 juta.

  1. Rencanakan Konsep Pernikahan Sesuai Budget
Cara Menabung Untuk Menikah

pixabay com

Hal ini juga harus di perhatikan karena merencakan konsep pernikahan adalah hal yang penting, apakah konsep indoor atau outdoor  dan hal lain sebagainya. Mintalah rekomendasi dari keluarga, teman, atau kerabat yang sudah pernah melangsungkan pernikahan dengan konsep yang anda pilih.

Disini yang berkeinginan menyewa tenda di daerah Banjarmasin untuk acara pernikahan bisa menghubungi dan bertanya-tanya di Sewa Tenda Banjarmasin

Untuk menambah referensi, manfaatkan lah social media atau internet untuk mencari konsep pernikahan yang anda inginkan. Apapun konsepnya suatu saat nanti haruslah sesuai dengan budget, sehingga anda pasangan tidak perlu lagi mencari tambahan ataupun berhutang yang nantinya akan menyulitkan diri kalian.

  1. Tidak Perlu Jajan, Kamu Bisa Bawa Bekal Makan Siang ke Tempat Kerja
Cara Menabung Untuk Menikah

pixabay com

Selain mengubah kebiasaan pacaran, kamu juga perlu membawa bekal ke tempat kerja. Kebiasaan ini juga bisa menghemat pengeluaran, bahkan kamu juga bisa  membuatkan bekal yang sama untuk pasangan sehingga dia juga bisa ikut menghemat.

Memang terdengan sepele dan tak butuh uang banyak agar bisa jajan. Tetapi, jika di lakukan terus menerus akan membuat pengeluaran harianmu semakin banyak. Jajan boleh saja, yang penting jangan sampai berlebihan atau menggunakan uang tabungan pernikahan untuk jajan.

  1. Cari Penghasilan Tambahan
Cara Menabung Untuk Menikah

pixabay com

Jika ternyata menekan pengeluaran masih belum bisa memenuhi target menabung kamu, di sini ada 2 opsi.

  1. Kamu bisa memperpanjang rentang waktu menabung dan menunda pernikahan kamu sedikit lebih lama.
  2. Kamu dan pasangan mencari penghasilan tambahan untuk menutupi biaya pernikahan kalian nanti.

Kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan ini dari berbagai sumber atau kerjaan sampingan, mulai dari menjalankan bisnis sampingan, menambah pekerjaan yang tidak memberatkan atau lepasan, sampai mencari uang dari internet di sela- sela waktu.

Jika hanya mengandalkan penghasilan di rasa tidak memungkinkan, kamu bisa mencari penghasilan tambahan yang tak membutuhkan modal besar. Contohnya bisa saja menjadi freelancer di bidang kreatif atau bergabung menjadi dropshipper.

  1. Siapkan Perlindungan

Jangan lupa, setiap rencana finansial punya resiko. Karena itu, hal baiknya kamu melindungi diri dari resiko finansial dengan perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan. Terutama bagi kalian yang mulai berkeluarga. Perlindungan tidak hanya melindungi diri sendiri, akan tetapi juga akan melindungi pasangan dan anak kamu suatu saat nanti.

Ketika telah survey harga semua keperluan, pastikan kamu memiliki dana tambahan atau dana persiapan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kenaikan biaya produk atau jasa pada satu tahun ke depan.

Semakin cepat menabung, maka semakin banyak dana yang terkumpul biaya pernikahan memang tidak sedikit pengeluarannya. Tapi, semakin anda cepat menabung  bersama pasangan, maka semakin cepat pula uangnya terkumpul. Dan hasilnya, pesta pernikahan yang selama ini di impikan bisa terwujud. Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan cara di atas tadi dengan konsisten, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang cara menabung untuk persiapan menikah, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca maupun si penulis, mohon maaf apabila ada kekurangan pada artikel ini mau di sengaja maupun tidak disengaja. Terima Kasih.