Sewa Sound Sistem Banjarmasin

Sewa Sound Sistem Banjarmasin – Haloo sahabat HATMA.NET, untuk rekan – rekan sekalian selamat hari senin dan selamat beraktivitas di hari yang cerah ini. Semoga saja hari ini adalah hari yang terbaik kita semua, sampai besok nya semakin akan semakin baik aminn.

Sebelum artikel ini di akan di bahas mengenai tentang pengertian dan definisi sound sistem, harus kita pahami dulu konsep dasar tetang bunyi. Bunyi di hasilkan dikarena adanya benda yang bergetar, dengan bahasa yang mudah, jika terdengar suara berarti ada sesuatu yang bergetar, tidak cukup dengan getaran dari benda.

Bagi yang ingin memerlukan jasa sewa sound sistem banjarmasin bisa hubungi kami :

Info kerjasama Sound System Banjarmasin  WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

Menurut Wikipedia Sound Sistem adalah sebuah sistem yang dibangun untuk membantu memberikan output suara yang lebih besar dari inputan yang dimilikinya.

Ada 3 elemen yang mendasari yang membuat suara dapat terdengar yaitu dari getar, yaitu medium, penghantar, dan penerima ( dalam hal ini tersebut gendang telingan manusia ). Jika tidak bisa mendengar suara, maka salah satu dari elemen tersbut tidak ada.

Pengertian Sound Sistem

Menurut Gary Davis & Ralph Jones Sound sistem adalah susunan alat elektronik yang disusun sedemikian rupa agar meningkatkan kekuatan suara, agar suara dapat didengar sangat jelas oleh banyak orang pada acara pertunjukan musik, hajatan, dll.

Suara yang dihasilkan atau sound sistem merupakan peranan penting dalam suatu penampilan atau pertunjukan secara langsung dan menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dari susunan panggung dan bahkan untuk pertunjukan acara tersebut itu sendiri.

Sewa Sound Sistem Banjarmasin Kualitas suara-suara yang dikuatkan atau tata suara yang erat kaitannya dengan pengaturan atau settingan penguatan suara agar bisa terdengar dengan jelas dank eras. Disini dapat di simpulkan bahwa sound sistem ialah suatu susunan atau komponen elektronik yang di susun atau di rancang sebagai teknik pengatur suara untuk mengeluarkan suara yang lebih keras agar bisa di dengar oleh orang lain pada suata acara tersebut.
Pengenalan prinsip kerja sound sistem

Ada beberapa prinsip yang ada pada kerja sound sistem tersebut, antara lain:

1. Ketentuan source atau sumber bunyi
– Suara kita
– Gitar
– Suara dari Keyboard
– Dll

2. Input Transducer ( penangkap sumber bunyi )
– Microhphone

Sewa Sound Sistem Banjarmasin

krezt co id

 

Info kerjasama Sound System Banjarmasin  WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)

– Gitar Spool
– Pre Amp Out, contoh seperti laptop, computer, keyboard, ponsel jack speaker

3. Pengolah utama sinyal audio ( audio signal processing )
– Mixer / pre amplifier

Sewa Sound Sistem Banjarmasin

rf1990 com

– Power amplifier

Sewa Sound Sistem Banjarmasin

fedora id

Alat tambahan seperti:
– Equalizer
– Audio compressor
– Sound FX
– Crossover
– Audio distributor

4. Output Transducer
– Loudspeaker ( Speaker ) terdiri dari passive dan active speaker
– Horn Drive

5. Audience atau pendengar
Penggunaan alat tersebut banyak di jumpai dimana saja, yang sering kita lihat seperti di fasillitas tempat ibadah, di tempat mall, atau di gunakan untuk acara event tertentu lainnya.

Istilah Dasar dan Pengertian Dalam Audio

Istilah ini sering digunakan dalam kehidupan sound sistem tentang perkataan isitlah dalam sound sistem tersebut, dari dalam bidang pembelajaran di sekolah maupun dalam penerapan ilmu teori dasar yang bersangkutan dengan audio pada umumnya sering mengaplikasikan istilah tersebut. Orang yang ahli dalam bidang sound sistem yang kita sebut sound menatau teknisi sound.
Berikut adalah beberapa pengertian istilah sound sistem mulai dari umum maupun professional:

1. Kata-kata umum Audio yang sering dipakai
– Input (in) : Masukan sinyal suara ke dalam suatu audio perangkat.
– Outpot (Out) : keluaran sinyal audio dalam suatu perangkat ke dalam suatu perangkat audio lainnya.
– Decibel (db) : suatu unit untuk menunjukkan keras atau lemahnya pada bagian bunyi.
– Stereo : penempatan sinyal pada suara dalam dua discrete channel adalah dalam lajur kanan dan kiri yang di dengar pada speaker atau headphones.
– Hertz (Hz) : hal ini merupakan suatu unit yang fungsinya untuk frekuensi gelombang pada suara dalam hitungan cycles per second.
– Noise : suara yang tidak dikehendaki sehingga cukup mengganggu pendengaran orang lain atau berisik dalam suatu ruang lingkup bunyi.
– Clipping : hal ini bisa terjadi karena sewaktu Amplitudo suara melewati ambang batas maksimum. Umumnya suara menjadi pecah atau berlebihan
– Overtones : Frekuensi yang lebih dari tinggi pada frekuensinya, dapat berkelipatan pecahan atau bulat.

2. Istilah kata dalam professional
– Sound Pressure level (SPL) : level tekanan yang sebabkan oleh gelombang suara yang biasa satuannya adalah db, akan dilihat setiap microphone (kemampuan SPL sebuah Microphone)
– Public Addres (PA) : perangkat sound sistem yang menghadap ke penonton untk bahasa profesionalnya.
– Front Of House (FOH) : ini digunakan untuk mengatur sound sistem, biasanya FOH control area umumnya berada di depan panggung.
– Audio Compressor : Alat yang di gunakan mengatur tkanan unutk dynamic range audio
– Equalizer (EQ) : alat ini digunakan untuk menaikkan dan menurunkan range level suara (db) pada frequency yang tertentu.
– Direct Inject Box : suatu alat yang digunakan sebagai pencabang alat musik sebelumnya masuk ke mixer audio. Biasanya terdapat dalam sound sistem sebuah acara panggung.
– Desk Consule / Audio Mixer : Suatu alat yang berfungsi sebagai pencampur dari beberapa sumber bunyi yang di colokkan beberapa input channel.
– Mixer Monitor : Mixer yang ada di samping atau belakang panggung acara yang konsentrasi adalah untuk melayani pembagian suara dan balancing monitor diatas panggung.
– Multi Effect Processor : yang digunakan alat ini untuk memberikan effect suara tertentu.
– Pre Fade Listening (PFL) : ini berfungsi untuk melihat sebuah channel yang sudah aktif pad sebuah mixer saat mixer ke audio masuk. Kondisi ini juga untuk melihat beberapa besar kekuatan pada level pada channel tersebut yang masuk (Gain Input). Biasanya akan terhubung ke headphones monitor apabila PFL tersebut di tekan.

3. Istilah kata dalam Microphone
Sewa Sound Sistem Banjarmasin Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi suara adalah microphone. Energi akan di terima oleh sebuah kumparan yang terdapat dalam tempat micropohone. Memiliki impedenasi kurang lebih 400 ohm sampai 600 ohm ini untuk vocal.

Berikut jenis-jenis microphone yang sering digunakan:

– Wired Microphone, menggunakan sambungan kabel pada microphone ini, sambungan kabel terdiri dari sistem balance dan unbalance.
– Wireless Microphone, microphone ini digunakannya tanpa kabel yang bisa dihubungkan sinyal microphone ini menggunakan sistem transmitter kepada receiver dalam satu paket VHF atau UHF.
– Microphone clip on : microphone ini bentuknya kecil yang dijepitkan dengan posisi penempatan microphone dipasangkan pada pakaian pembawa acaran atau hal lain sebagainya.
– Omni Directional, microphone ini berjenis yang dapat menerima suara dari resapan segala arah.
– Shotgun Microphone, microphone ini berjenis yang bekerja yang menggunakan ribbon foil metal.
– Uni Directional, jenis microphone ini hanya menerima suara hanya daro satu arah saja.
– Hypercardioid, mempunyai pola penerimaan satu arah yang lebih sempit dari bagian Uni Directional dari pola super cardioid.
– Bi Directional, microphone yang mencegah suara yang datangnya dari arah yang di samping akan tetapi sangat peka pada arah depan dan belakang.
– Super cardioid, pola penerimaan suara satu arah yang lebih sempit dari pola cardioid dari bagian Uni Directional.
– Sub Cardioid, dari pola cardioid bagian dari Uni Directional mempunyai pola penetimaan suara satu arah yang lebih sempit lagi dari pola cardioid.

4. Istilah dalam Effect (FX) suara – Profesional Anechoic Chamber
Rancangan ini dibuat khusus pada ruangan untuk menghilangkan pantulan suara dari dinding, karena dindingnya menyerap semua frekuensi jadi sebuah anechonic chamber tidak menimbulkan pantulan suara pada frekuensi berapa pun. Suara asli yang telah di rancang atau didesain dapat di produksi seakurat mungkin terhadap suara yang dilakukan pada percobaan yang dilakukan disitu.

Reverberation Time
Yang dibutuhkan waktu suara unutk berkurang 60db yan gmempunyai dinding refletive disuatu ruangan.

Reverberance
Sensasi yang di reverberation di dalam suatu ruangan, maksudnya dapat diartikan adalah suasana yang di dimana kita dikelilingi oleh suara.

Sewa Sound Sistem Banjarmasin Demikian dasar –dasar umum tentang sound sistem yang sering didengar. Semua yang dibahas diatas belum semuanya dibahas Karena semua yang di bahas masih banyak lagi akan tetapi penjelasan di atas merupakan pembahasan dasar atau pembahsan yang sering di gunakan atau di liat pada acara-acara event tersebut.
Semoga artikel ini bermanfaat, Terima Kasih.

Artikel Yang Terkait:

 

Info kerjasama Sound System Banjarmasin  WA : 08999901222 (Atau Klik PESAN SEKARANG Untuk Langsung Terhubung Ke Kontak WA Tanpa Simpan Nomor)