5 Sikap Cinta Tanah Air Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Sikap Cinta Tanah Air – 72 tahun yang lalu rakyat dihadapkan dengan bermacam-macam pertumpahan darah dalam rangka memerdekakan negara republik Indonesia, semua pejuang dihadapkan dengan puluhan peluru malah jutaan dari senjata para penjajah,

Para pejuang rela berkorban dengan jiwa dan raga nya, hanya demi bisa menaikkan bendera merah putih di tiangnya. Banyak penjuang kita terluka, banyak rakyat kita sengsara akibat penjajahan tersebut.

Dengan keberanian, dan kerja sama antar pihak, pejuang kita dan rakyat tak pantang menyerah untuk memperjuangkan negara republik Indonesia. Para pemuda dengan sumpah pemuda nya, yang berjuang dengan tindakan yang nyata.

Pada akhirnya perjuangan itu membuahkan hasil yaitu kemerdekaan Negara Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, dengan dibacakan teks proklamasi oleh presiden pertama kita yaitu Bapak Soekarno dan Bapak Hatta berakhirlah penjajahan di negara kita sampai sekarang

Kemerdekaan bangsa Indonesia raih dengan perjuangan dan kerelaan berkorban oleh para pahlawan. Mereka adalah pahlawan berjasa bagi seluruh rakyat Indonesia, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Banyak tumpah darah dan keringat nya membasahi bumi kita Nusantara ini, banyak pejuang mewariskan nilai-nilai perjuangan yang selalu memberi semangat persatuan dan kesatuan, dan saling bantu-membantu, tolong-menolong dan membahu untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan demi masa depan bangsa.

Terus apa yang kita bisa lakukan, apa yang kita buktikan, kalau para pejuang kita membuktikan cinta tanah air dengan cara memerdekakan Negara Republik Indonesia, sedangkan kita apa?

5 Sikap Cinta Tanah Air Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Sikap Cinta Tanah Air

pixabay.com

Sikap cinta tanah air merupakan wujud cinta pada sebuah negeri tempat kita tinggal yang memperoleh kehidupan dan mengalami kehidupan mulai kita lahir sampai akhir hayat atau meninggal dunia. Seseorang yang dikatakan cinta kepada tanah airnya yaitu ketika senantiasa dengan sungguh-sungguh dan berusaha agar negerinya tetap sesuai dengan ideologi kita yaitu pancasila dan undang-undang 1945

Sikap cinta tanah air juga merupakan suatu sikap yang rasa keikhlasan dan ketulusan jiwa yang diwujudkan dalam sikap maupun perbuatan untuk kejayaan tanah air dan kebahagiaan bangsanya. Kita sebagai warga yang tinggal di negara Indonesia kita wajib mempunyai rasa dan sikap cinta terhadap tanah air, sebagai berikut :

Menjaga Nama Baik Bangsa dan Tanah Air Indonesia;

Sikap Cinta Tanah Air

kodam16pattimura.mil.id

Sikap pertama yang merupakan bagian 5 Sikap Cinta Tanah Air adalah menjaga nilai nama yang baik serta nama besar suatu bangsa, yang disandang kemudian dapat dijadikan modal paling utama untuk bersaing di Internasional. Tak dapat dipungkiri, setiap bangsa dan tanah air pasti akan melihat prestasi dan latar belakang bagaimana negara tersebut. Karena biasanya, nama besar sebuah bangsa menjadi cerminan, apakah negara itu dikatakan baik dan berkembang

Kesadaran seorang warga wajibnya menjaga nama baik bangsa dan tanah air, dapat memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang baik, meningkatkan kualitas kemampuan, serta mengembangkan potensi dalam diri kita, agar dapat memajukan negara kita Indonesia. Citra baik sebuah bangsa dan tanah air pun dapat dibangun jika kewajiban itu terpenuhi.

Sifat Kejujuran serta rasa tanggung jawab yang tinggi, dapat menciptakan pandangan baik pada suatu negara yang kita sandang. Begitu pun sebaliknya, jika kita tidak mampu mengemban tanggung jawab dan mengabaikan kejujuran, bangsa bangsa dan tanah air kita pun akan mendapat citra buruk di mata dunia.

Terlihat memang tidak mudah menyandang nama besar sekaligus menjaga nama baik bangsa dan tanah air di dunia yang penuh persaingan. Akan tetapi kita tetap wajib menjaga citra baik bangsa dan tanah air, karena di sanalah tempat kita dijadikan pribadi yang tangguh dengan dibekali pemikiran yang kritis, kreatif, dan pantang menyerah.

Berjiwa dan Berkepribadian Merupakan Sikap Cinta Tanah Air Pertama

Sikap Cinta Tanah Air

sumselpostonline.com

Sikap Kedua yang merupakan bagian 5 Sikap Contoh Cinta Tanah Air adalah berjiwa Indonesia, merupakan sikap dimana kita berbuat sesuatu yang menghasilkan kebaikan antara kita dan orang lain. Dalam arti yang sesungguhnya merupakan “mengalah” karena lebih mengutamakan kepentingan Bangsa dan Tanah Air daripada kepentingan diri sendiri, hal itulah yang kini sulit untuk dicapai.

Mengalah bukan berarti kita kalah, namun berbuat sesuatu yang membuat situasi akan menjadi lebih terkendali. Biarlah diri kita ter sakiti, namun kita harus yakin suatu saat rasa sakit itu akan terobati dan ter gantikan. ingat setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

Dalam sebuah minuman bila terdapat racun pasti ada pula penawar racun nya, meski penawar itu kadang sulit untuk kita dapatkan. Namun alangkah indahnya hidup yang bergejolak, jika kita hias dengan rasa mengalah itu sendiri.

Jadi dengan berjiwa dan berkepribadian Indonesia kita harus meluangkan waktu, jiwa, raga maupun harta untuk Indonesia.

Bangga Bertanah Air Indonesia Sikap Contoh Cinta Tanah Air

Sikap Cinta Tanah Air

suarapilardemokrasi.blogspot.co.id

Sikap Ketiga yang merupakan bagian 5 Sikap Contoh Cinta Tanah Air adalah kita sebagai warga negara Indonesia agar bisa menyatakan bahwa rasa bangga sebagai bangga Indonesia karena dengan rasa bangga tersebut akan menumbuhkan rasa ikut berpartisipasi (sense of participation),  rasa ikut memiliki (sense of belonging), dan rasa ikut bertanggungjawab (sense of responsibility).

Semua identitas kita sebagai bangsa Indonesia yang cinta dengan tanah air, yang melekat dan sulit kita buang, semua adalah milik kita. Atas semua identitas bangsa Indonesia itu, baik yang kita bangga-bangga kan maupun yang kita sembunyikan karena sangat memalukan, masuk ke dalam kategori sebagai milik kita, di mana kita harus mengembangkan rasa ikut memiliki.

Jadi sebagai bukti kita memiliki kebanggaan terhadap tanah air ini harus bertanggung jawab untuk mempertahankan, dengan penuh rasa kepemilikan terhadap bangsa dan tanah air agar lebih meningkatkan perkembangan Indonesia dari semua bidang

Tidak Akan Melakukan Perbuatan dan Tindakan yang Merugikan Tanah Air dan Bangsa;

Sikap Cinta Tanah Air

oto191919.wordpress.com

Sikap Keempat yang merupakan bagian 5 Sikap Contoh Cinta Tanah Air adalah tidak melakukan perbuatan yang merugikan bangsa seperti pembahasan di atas kita harus bisa membantu mengharumkan nama baik bangsa dan Negara Indonesia kepada warga Negara asing yang di dalam maupun di luar negeri, serta tidak melakukan tindakan – tindakan yang mencoreng nama baik bangsa Indonesia.

Tindakan yang mencorengkan nama baik bangsa dan tanah air akan menyebabkan banyak kerugian tanah air dan bangga, baik skala nasional maupun internasional

Jadi kita tidak perlu bertindak dengan kemauan dan nafsu pribadi, karena akan menyebabkan kerugian bagi seluruh rakyat indonesia.

Setia Dan Taat Kepada Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku

Sikap Cinta Tanah Air

Pixabay.com

Sikap Kelima yang merupakan bagian 5 Sikap Contoh Cinta Tanah Air adalah harus setia dengan peraturan berlaku, yaitu pancasila dan undang-undang dasar 45. setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pemerintah

Dan ini semua berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia, di samping taat juga berkewajiban melaksanakan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, kebijakan negara dan Pemerintah serta tidak mempermasalahkan dan/atau menentang Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sikap Cinta Tanah Air

cekpremi.com

demikian lah 5 Sikap Contoh Cinta Tanah Air, semoga semua pembahasan ini tidak hanya menjadi bahan bacaan saja namun juga kita bisa mengamalkan bersama-sama. agar bisa menjaga tanah kelahiran kita ini dengan sungguh seperti para pejuang berjuang untuk memerdekakan Indonesia, “Tebar Manfaat Dengan Berbagi Satu Artikel” www.hatma.net

Leave a Reply