[WAJIB] 13 Syarat Menjadi Kepala Desa Sesuai Dengan Nilai Kepemimpinan

Syarat Menjadi Kepala Desa – Dalam setiap kehidupan sebagai manusia kita adalah mahluk yang bersifat sosial di mana segala sesuatunya memerlukan bantuan orang lain. karena dengan hidup sosial segala akan mudah dijalankan, saling membantu satu sama yang lain dan terciptanya ke harmonis antar manusia

Terlepas dari itu dalam hidup bersosial pun harus diimbangi Sifat kepemimpinan. Kepemimpinan itu adalah sifat seorang yang dapat mempengaruhi orang lain. Dengan semua itu kita bisa lebih mengarahkan dan ingin dibawa kemana kehidupan sosial kita.

Kemudian dalam kehidupan bermasyarakat pasti terdapat masalah-masalah yang harus diselesaikan secara musyawarah. kemudian diselesaikan oleh seorang yang berpengaruh atau pemimpin tersebut yang mengambil keputusan sesuai kesepakatan bersama.

Apabila masalah yang terjadi di nasional di negara Indonesia presiden lah mengambil keputusan sesuai rapat dengan anggota-anggotanya.

Masalah lintas provinsi gubernur lah yang menjadi penyelesaiannya, kalau di kota itu walikota yang memegang hak mengambil keputusannya. Di kabupaten sudah menjadi bupatinya.

Sedangkan di kelurahan atau di desa itu menjadi hak Lurah atau Kades tersebut.

Dari bermacam-macam tingkatan pemimpin tersebut memiliki masalah-masalah berbeda yang harus di selesai secara profesional. Maka sebab itu pemimpin itu harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik tanpa pengecualian, khusus dalam artikel ini yaitu sifat kepemimpinan kepala desa menjadi syarat utama.

Dengan alasan tersebut penulis ingin membahas tentang 13 syarat menjadi kepala desa yang harus memiliki sifat kepemimpian seperti sebagai berikut

orang dapat saja diangkat mengepalai sesuatu usaha atau bagian (berdasarkan surat keputusan atau surat pengangkatan), walaupun belum tentu orang yang bersangkutan mampu menggerakkan mempengaruhi dan membimbing bawahannya serta (memimpin) memiliki kemampuan melaksanakan tugas-tugas untuk mencapai tujuan.

13 Syarat Menjadi Kepala Desa Sesuai Dengan Nilai Kepemimpinan

Syarat Menjadi Kepala Desa

lebakkab.go.id

 

13 Syarat Menjadi Kepala Desa yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin yang baik dan bijaksana, yaitu memiliki nilai kepemimpinan sebagai berikut:

Motivasi Dan Dorongan Pribadi

Syarat pertama yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa Adalah, yaitu memiliki dorongan kuat dan motivasi dari dalam dirinya sendiri yang mampu menimbulkan semangat, gairah, dan ketekunan dalam bekerja.

Kepandaian Berkomunikasi

Syarat Menjadi Kepala Desa

pixabay.com

Syarat kedua yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa Adalah memiliki kepandaian berkomunikasi yang baik, karena dengan komunikasi yang baik akan memudahkan saat menjadi kepala desa mampu menyampaikan pendapat, ide maupun gagasan kepada warga sekitar, serta dapat mengambil kesimpulan dari pembicaraan tersebut.

Kekuatan atau Energi

Syarat Ketiga yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa Adalah Seorang Kepala Desa harus memiliki kekuatan atau Energi secara menyeluruh baik lahiriah dan rohani, sehingga dengan memiliki kekuatan tersebut pasti akan bekerja keras untuk memikirkan memecahkan masalah-masalah yang terjadi.

Tidak Emosional

Syarat keempat yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah bisa menjaga emosi saat terjadi suatu permasalahan yang tidak di ingin, seorang kepala desa harus tahu dimana meletakkan tegas dan emosi, serta dapat menguasai perasaannya dan tidak mudah marah dan putus asa.

Menjaga Hubungan dengan Rekan Kerja

Syarat Menjadi Kepala Desa

pixabay.com

Syarat kelima yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah dimana seorang kepala desa harus dapat melaksanakan hubungan yang manusiawi yaitu antara bawahannya dan orang-orang lain, sehingga saat ingin membutuhkan pertolongan dengan mudah mendapatkan bantuan dalam setiap kesulitan yang dihadapinya

Kemampuan Teknis Kepemimpinan

Syarat keenam yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah Seorang pemimpin harus bisa menguasai baik kemampuan organisasi maupun kemampuan teknis dalam bidang usaha yang dipimpinnya.seperti harus memahami tentang visi-misi, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan lain-lainnya, agar dalam pencapaian visi-misi suatu desa tersebut berjalan dengan lancar.

Integritas kepada orang lain

Syarat ketujuh yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah memiliki Integritas yang tinggi atau kepedulian kepada orang lain atau memberikan kesetiaan kepada bawahan, untuk mempertahankan nilai-nilai dan moral yang dipercayai kepada orang lain. Integritas yang kuat terhadap desa akan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda pantas sebagai kepala desa.

Kecakapan Memotivasi

Syarat Menjadi Kepala Desa

pixabay.com

Syarat kedelapan yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah kepala desa yang baik adalah dapat menjadi guru yang mampu mengajar memberi motivasi, memberikan teladan dan petunjuk-petunjuk, yang mampu menerangkan yang belum dengan gambaran jelas serta memperbaiki dimana terdapat kesalahan dalam pelaksanaan

Kecakapan Bergaul

Syarat kesembilan yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah dapat bergaul atau bermasyarakat dengan warga nya sendiri. bisa dengan cara mengetahui sifat dan watak orang lain agar kemudian memudahkan dapat memperoleh kesetiaan dan kepercayaan dari warga yang kepala desa pimpin. Sebaiknya warga juga harus bersedia bekerja dengan senang hati dan sukarela untuk mencapai tujuan bersama.

Percaya Terhadap Kemampuan Orang Lain

Syarat kesepuluh yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah Setiap warga akan merasa senang jika dirinya dipercaya oleh kepala desa jika diberi tugas dan mampu mengerjakan apa saja untuk memenuhi kepercayaan tersebut. kepercayaan kepada orang yang kita pimpin sesuai dengan kemampuan dan wilayah kerjanya.

Memelihara Orang Lain

Syarat kesebelas yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah dapat memelihara orang di sekeliling kita, maksudnya dalam menjadi kepala desa harus mengetahui keadaan warga di desa, jadi harus bisa mendorong orang saling memberi apa yang kita punya, dan mengusahakan akan kesejahteraan Warga di desanya.

Mendengarkan Pendapat Orang Lain.

Syarat Menjadi Kepala Desa

pixabay.com

Syarat keduabelas yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah mendengarkan pendapat orang lain, dalam hal ini sangat diperlukan sifat tersebut karena dapat memperbaiki keadaan yang kurang dalam pelaksaan kerja kita saat memerintah di desa. Kemudian ketika hal tersebut kita dilakukan sesungguhnya dapat membangun hubungan terhadap orang lain. Karena pada dasarnya semua orang pasti menginginkan dirinya dihargai. Orang yang tidak pernah menghargai orang lain, jangan pernah berharap dia akan dihargai apalagi dicintai.

Menjadi Arah (navigator) Bagi Orang lain

Syarat Menjadi Kepala Desa

pixabay.com

Syarat ketigabelas yang merupakan bagian dari 13 Syarat Menjadi Kepala Desa adalah mengidentifikasi tempat tujuan. Ketika seseorang memiliki potensi pribadinya maka ia memerlukan arah untuk mengembangkan potensi tersebut. Dengan mengarahkan orang lain kepada kesuksesan, tanpa kita sadari kita pun telah melatih diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih sukses. Ilmu kita meningkat, pengalaman kita bertambah, kemampuan kita semakin diasah, relasi atau jaringan kita bertambah dan kebaikan kita pun berlipat ganda. Sungguh sebuah multiple effect yang luar biasa.

Demikian 13 Syarat Menjadi Kepala Desa sesuai dengan nilai kepemimpinan, semoga tulisan ini menjadi hal bermanfaat bagi kita, terutama bagi calon-calon kepala desa di tempat mereka tinggal, tetap tebar manfaat dengan berbagi satu artikel di www.hatma.net.

Bagi kawan-kawan pembaca beri komentar, kritik dan saran untuk www.hatma.net

 

 

 

Leave a Reply