Tahura Mandiangin, Tempat Yang Wajib Dikunjungi Di Kalimantan Selatan

Tahura Mandiangin – Hallo sahabat HATMA. NET gimana nih kabarnya, semoga kegiatan yang dikerjakan hari ini lancar. Dan jangan lupa untuk terus berfikir positif karena dengan pikiran positif kita akan banyak menerima energi baik yang terus membuat kita selalu tersenyum ceria.

Tinggal beberapa hari lagi weekend akan tiba nih, pasti anda ingin merasakan nikmatnya angin sepoy – sepoy dan pasti ingin menyaksikan indahnya matahari terbit kan? Kita punya nih satu destinasi yang lumayan dekat dengan Kota Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura. Ya, namanya Wisata Tahura Mandiangin.

Menurut Wikipedia Taman Hutan Raya Sultan Adam atau yang biasa disebut tahura mandiangin adalah tahura yang terdapat di Kalimantan Selatan. Mempunyai luas sekitar 112.000 hektare, dan meliputi kecamatan Aranio, Karang Intan, Pelaihari, Batu Ampar, Jorong, dan Kintap, serta terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.

Tahura Mandiangin, Tempat Yang Wajib Dikunjungi Di Kalimantan Selatan

Tahura Mandiangin

bappelitbangbanjarkabgoid

Wisata alam ini merupakan wisata yang paling banyak dituju oleh traveller pemula. Biasanya pada saat weekend tiba, pasti ada yang berkemah di tahura tersebut.ada juga yang banyak melakukan kegiatan di daerah tahura. Seperti organisasi kemahasiswaan sering sekali melakukan kegiatan di kawasan tahura mandiangin, ada juga yang hanya sekedar refreshing membuang lelah.

Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan cantik yang tak boleh dilewatkan saat berkemah di kawasan puncak Tahura Mandiangin adalah pemandangan remang – remang lampu kota Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura dan sekitarnya yang mengiasi indahnya malam di puncak mandiangin. Biasanya para pengunjung menikmati pemandangan tersebut sambil meminum segelas kopi, dan memainkan musik santai seperti seorang anak indie. Menikmati suasana malam di puncak Mandingan dijamin tidak akan mengecewakan, apalagi kalau bersama sahabat dan orang terkasih.

Dan pada pagi hari pemandangan akan menjadi lebih indah ketika matahari mulai perlahan terbit dari arah timur. Dan biasanya kalau dipuncak pasti dibawahnya ada anak awan yang terhampar luas, membuat kita terasa berada di negeri awan. Maka dari itu disarankan agar tidak bangun kesiangan, karena pemandangan tersebut hanya terjadi beberapa jam saja.

1. Lokasi Tahura Mandiangin Banjarbaru

Taman Hutan Raya Sultan Adam atau tahura mandiangin adalah area hutan dan perbukitan yang terletak di Jl. Pengeran Mohammad Noor, Desa Mandiangin Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

2. Rute Menuju Puncak Tahura Mandiangin Banjarbaru

Untuk menuju tempat wisata tersebut, dari Kota Banjarmasin menuju tempat wisata dapat ditempuh kurang lebih dua jam perjalanan, setelah melewati gerbang masuk tahura, disana ada jalanan beraspal yang agak rusak, tetapi rusaknya tak terlalu panjang, selanjutnya aspalnya lumayan bagus. Di tepi jalannya, sesekali ada rumah-rumah warga desa setempat.

Jalanan aspal menuju puncaknya jalannya cukup kecil dan berliku, tetapi masih muat untuk dua kendaraan bermotor. Pemandangan disekitar jalan sangat sejuk dan angin yang nyaman dapat kita rasakan sepanjang perjalanan.

Objek wisata pertama di Tahura adalah kolam pemandian peninggalan Belanda yang mana disekitarnya ada beberapa warung yang menjual aneka makanan dan minuman sekaligus bisa dijadikan tempat parkir. Anda bisa singgah sejenak untuk berstirahat dan belanja atau main air di Kolam Belanda tersebut.

Tahura Mandiangin

jejakrekamcom

Kemudian terus naik lagi mengikuti jalan beraspal, jadi kita bisa naik dengan menggunakan kendaraan. Hingga menjumpai sebuah warung di sebelah kanan jalan, disana juga menyediakan jasa parkir, dan kita bisa parkir disitu. di sana akan terlihat papan petunjuk menuju puncak. Jika kita lurus terus mengikuti jalan beraspal, disana kita bisa menemukan benteng bekas peninggal pada zaman Belanda.

Untuk naik kepuncak mandiangin ikuti papan petunjuk. Jalan menuju puncaknya adalah jalan setapak berupa anak tangga dari semen. kiri kanan jalan ditumbuhi pepohonan, sehingga suasananya sangat asri dan teduh. Sekitar 15 menit perjalanan menanjak, sampai deh di titik puncak bukit Mandiangin. Suasana sejuk dan pemandangan indah kian tampak jelas.

Tahura Mandiangin

wikimapiaorg

Selain ada banyak area untuk mendirikan tenda, di puncaknya juga ada bangunan pemancar radio dan dua buah shelter yang biasa digunakan pengunjung untuk duduk santai. Ada juga warung dekat puncak yang sewaktu-waktu buka.

3. Fasilitas di Bukit Mandiangin

Tahura Mandiangin

bappelitbangbanjarkabgoid

Ada banyak fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung, yaitu banyak lahan parkir yang ada disekitar puncak dan dibawahnya, kolam renang dan air terjun apabila kita ingin menyegarkan diri, shelter atau pendopo disana kita bisa bersantai dan bernaung dari panasnya matahari apabila kita tidak membawa tenda, dan banyak warung di sekitar tahura mandiangin tersebut.

Disana juga sering diadakannya lomba, seperti lomba sepeda gunung, kendaraan trail, dan masih banyak lomba yang bermacam – macam.

Itulah beberapa informasi tentang indahnya dan eksotisnya tahura mandiangin. Jika anda ingin berlibur di saat weekend, tetapi malas untuk mendatangi yang jauh dan melalui medan yang sulit. Tempat inilah yang paling cocok untuk anda tuju, selain dekat dan medannya pun mudah dilalui.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply