Air Terjun Haratai, tempat yang cocok untuk refreshing

Air Terjun Haratai – Selamat Siang dan selamat beraktivitas sahabat HATMA. NET. Di hari senin yang cerah ini harus kita awali dengan senyum yang penuh semangat, agar pekerjaan seberat apapun dapat kita kerjakan dengan penuh kesenangan dan kebahagiaan tanpa ada rasa gundah dihati.

Disini kita akan membahas topik yang sangat menenangkan, yaitu tentang keindahan alam. Disini kita akan bahas keindahan yang ada di Desa Haratai, Loksado, Kandangan, Kalimantan Selatan.

Air Terjun Haratai, tempat yang cocok untuk refreshing

Air Terjun Haratai

youtubecom

Menurut Wikipedia Loksado adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Indonesia. Loksado terletak di pegunungan Meratus merupakan salah satu daerah wisata alam dan atraksi budaya masyarakat Dayak Bukit.

Air ini terletak tepat di Desa yang bernama Haratai, maka dari  desa inilah nama air terjun ini diambil. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Debit airnya cukup besar dan arus deras sehingga sulit sekali berenang di sekitar air terjun. Di bawah air terjunnya, terdapat telaga yang dapat digunakan untuk mandi atau sekadar berendam. Untuk mandi, pengelola wisata menyediakan ban untuk pengunjung. Bagi anda yang tidak ingin berendam di jernihnya Air Terjun Haratai, anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun.

Air Terjun Haratai

jurnalborneocom

Disini juga sudah di sediakan beberapa fasilitas seperti gazebo besar, WC, jembatan dan tangga khusus. Dari perkampungan warga, Air Terjun Haratai hanya berjarak 1 kilometer. Namun, dari pusat kecamatan jaraknya 9 kilometer. Adapun dari Kandangan jaraknya sekitar 50 kilometer dan dari Banjarmasin sejauh 185 kilometer. Bagi yang menggunakan angkutan umum, pilih saja angkutan menuju Kandangan, ibu kota kabupaten Hulu Sungai Selatan. Selanjutnya dari Kandangan menuju Loksado dapat ditempuh sekitar 1 jam.

Sesampai di Loksado perjalanan dilanjutkan ke Desa Haratai yang berjarak sekitar 20 kilometer. Dari Loksado menuju lokasi obyek wisata Air Terjun Haratai hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Medan yang dilalui juga cukup ekstrem. Bagi anda yang tidak membawa kendaraan, anda bisa menyewa motor atau menggunakan jasa ojek motor. Ongkos ojek pergi pulang sama dengan ongkos sewa sepeda motor, yakni Rp 80.000 sekali jalan.

Lokasi parkir kendaraan berjarak sekitar 100 meter dari air terjun. Dari lokasi parkir, anda harus berjalan kaki dan melewati jembatan gantung hingga mencapai loket. Anda harus membayar retribusi masuk lokasi obyek wisata air terjun sebesar Rp 5.000 per orang. Setibanya di lokasi air terjun, anda akan terkagum-kagum dengan keindahannya. Lokasi obyek wisata Air Terjun Haratai buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIT.

Air Terjun Haratai

maulanamublogspotcom

Jika anda ingin kesana, anda harus menjaga sikap anda, jangan berbuat perbuatan yang tidak senonoh. walaupun air terjun haratai sudah dikenali masyarakat bahkan sampai kemancanegara, tetap saja kita tidak boleh berbuat semena – mena disana, karena air terjun ini juga masih kental dengan hal – hal yang berbau mistis.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply