Tujuan dan Manfaat Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Tujuan dan Manfaat Kuliah Kerja Nyata (KKN) – Bagi sebagian mahasiswa, KKN merupakan sesuatu hal menakutkan. Karena apa disana mereka dilatih untuk bisa hidup bisa bermasyarakat. Dilatih untuk hidup mandiri, namum apa daya KKN ini adalah salah satu syarat kelulusan bagi mereka. Mau tidak mau, harus tidak harus mereka harus menjalani nya dengan semangat. Jujur saya akui, saya adalah termasuk dalam sebagian mahasiswa yang menanggap bahwa KKN itu menakutkan.

www.mc.tanahbumbukab.go.id

Kerena, saya adalah orang yang tidak bisa jauh dari keluarga, tipe orang yang suka melakukan sesuatu tidak beraturan, berantakan, suka bermain, mengganggu, dan yang terpenting karena kurang nya kualitas ku tentang ilmu keagamaan. Namun dengan kekurang itu saya mencoba untuk memberanikan diri, membangun diri untuk siap, walaupun dalam hati masih was was. Tapi santai lah setiap kesulitan pasti ada kemudahan heheheh

Hari ini tetap hari selasa tanggal 12 Agustus 2014 di Auditorium IAIN Antasari saya dan mahasiswa(i) yang lain mengikuti Pembekalan KKN, disana dijelaskan secara detail semua tentang KKN tetapi Flasback dulu yah.

Beberapa hari yang lalu saya sudah melihat hasil penggumuman KKN, sebelumnya terima kasih kepada dosen penguji yaitu yang sudah mengetes saya selama 30 menit lebih, jauh lebih lama dari kawan-kawan yang lain namum hasil nya memuaskan dan membuat aku harus belajar dan belajar lagi. saya juga merasa sedih dan galau karena penepatan KKN ku berbeda dengan mahasiswa(i) yang lain.

Mahasiswa yang lain diletak di daerah yang jarak dekat dengan kampus IAIN Antasari seperti karang intan, pengaron, simpang empat,. saya meresa iri dengan mereka. Aku diletakan di desa Binaan I, Padang Sari I, Binuang tapin.

Awal nya saya tidak tahu dimana desa Binaan, dikira desa binaan itu emang nama desa nyaa, ehhh ternyata, maksud binaan disini ialah desa yang memang sudah dibina oleh IAIN Antasari. Pantas beberapa kawan-kawan “ciyyeee di desa binaan, heemmm, heemmm abayy, abaayy”.

Adapun sedikit ilmu yang aku dapat, dari pembekalan KKN tersebut :
Arah yang diingikan rektor ialah “memberdayakan masyarakat berbasis pada nilai-nilai akedemis” katanya KKN ini adalah termasuk TRIDARMA perguruan tinggi yaitu dalam bentuk pengabdian. Jadi merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan, dan bersabar lah bagi mahasiswa rumahan seperti aku ini.

Secara umum yang aku dapat dalam tujuan KKN, ada beberapa hal,

  1. Menyiapkan calon serjana sebagai syarat kelulusan,
  2. Memahami kondisi permasalahan yang terjadi dimasyarakat, setelah mengetahui dan memahami kita juga harus bisa memberikan solusi,
  3. Mengembangkan pengatahuan agama, sudah ku akui kekurangan ku disini, namun ku ingat kata-kata ustadzku, inti begini “ilmu itu akan lebih mantap apabila kita menyampaikan nya setelah kita mempelajarinya” mudahan aku bisa mengalamkan nya.
  4. Membantu pemerintahan dalam mempercepat proses pembangunan dibidang keagamaan dan pendidikan.
    Terkadang kita selalu berpikiran untuk apa KKN, toh ini bukan sesuai jurusan kita namum setelah aku dengarkan beberapa kaka-kaka alumni , ternyata sebagian besar mengatakan KKN menyenangka, banyak pengalaman yang kita dapatkan disana.

Sedangkan Manfaat KKN seseuai yang di inginkan IAIN Antasari ialah

  1. Mendewasakan berpikir, bersikap, bertindak sebagai leader di tengah-tengah masyarakat.
  2. Menyelesaikan masalah, bagaiman gejolak yang terjadi dimasyarakat.
  3. Memberikan pemahaman untuk diri kita sendiri.
  4. Melatih kemandirian yang menjadi bekal kita di masyarakat.

Sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kualitas keagamaan, pendidikan di tengah masyarakat bisa dengan cara pelatihan, penyuluhan dan lain lain. Meningkatkan kualitas hidup desa Qoryah Thaibah.

Demikian Tujuan dan Manfaat Kuliah Kerja Nyata (KKN), semoga bermanfaat buat mahahasiwa, untuk pengelaman lebih lanjutnya bisa dibaca www.hatma.net.

Leave a Reply