Menikah Muda, ada 7 Alasan Kenapa diharuskan

Menikah Muda – Menurut Wikipedia Pernikahan atau nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti Ijab Qobul (akad nikah) yang mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata yang ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesusai peraturan yang diwajibkan oleh Islam.

Menikah Muda, ada 7 Alasan Kenapa diharuskan

Menikah Muda

nikahvice

Menikah memang bukan keputusan mudah, apalagi bila dilakukan di usia muda. Sampai sekarang pun masih banyak orang yang ragu untuk menikah muda karena beberapa alasan, mulai dari masalah kesiapan mental hingga soal karier yang belum mapan.

Benarkah Menikah Muda Rawan dengan Perceraian?

Sebagian orang biasanya menolak nikah muda karena memiliki sejumlah ketakutan, salah satunya perceraian. Tak bisa dipungkiri, memang tak sedikit pasangan muda yang bercerai dengan berbagai alasan.

Kurangnya kedewasan, minimnya rasa tanggung jawab, dan masih labilnya emosi usia muda sering jadi penyebab perceraian. Namun, bukan berarti tidak ada pasangan muda yang berhasil membina rumah tangga bahagia, bahkan jumlahnya pun terbilang banyak.

Yang perlu dipahami adalah kedewasaan tidak ditentukan oleh usia. Justru menikah di usia muda bisa melatih Anda menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab, baik terhadap diri sendiri maupun kepada pasangan.

Selain itu, masalah rumah tangga juga pasti akan muncul pada pasangan manapun, baik yang menikah muda atau tidak. Jadi, takut menghadapi masalah dan perceraian bukanlah alasan tepat untuk menunda-nunda pernikahan.

7 Alasan Memilih Menikah Muda

Menikah dengan segera sebenarnya memiliki banyak keuntungan. Jika masih merasa ragu, 7 alasan berikut ini mungkin akan mengubah pikiran Anda terhadap nikah muda.

1. Terhindar dari zina

Menikah Muda

beritaioncom

Usia muda umumnya memiliki perasaan yang menggebu-gebu, terutama dalam hal asmara. Jika tidak dikendalikan, hal ini bisa mengarah ke hal-hal yang negatif. Itulah mengapa nikah muda bisa mencegah seseorang dari perbuatan zina.

2. Meningkatkan rasa tanggung jawab

Jangan menolak nikah muda dengan alasan karena diri Anda belum bisa bertanggung jawab. Anda harus tahu, orang yang sudah tua sekalipun masih banyak yang tidak memiliki rasa taggung jawab, baik terhadap dirinya maupun orang lain.
Jadi ini bukanlah soal kemampuan, melainkan kemauan. Menikah di usia muda otomatis akan melatih diri Anda menjadi pribadi yang lebih dewasa, mandiri, dan pastinya bertanggung jawab terhadap banyak hal.

3. Pacaran halal

Pacaran memang menyenangkan, tetapi bila dilakukan setelah menikah tentunya akan jadi hal yang sangat membahagiakan. Anda tidak perlu takut dosa, bebas melakukan apa saja, dan bisa berdua dengan pasangan kapan pun.

4. Pertimbangan jarak usia anak dan orangtua

Bila menikah di usia tidak dewasa, maka usia Anda dan sang buah hati tidak akan terpaut jauh, dan hal ini akan berpengaruh pada hubungan antara orangtua dan anak. Jarak usia yang tidak terlalu jauh biasanya akan membuat Anda dan sang buah hati seperti sahabat dekat.

5. Bisa melakukan hobi bersama pasangan

Menikah Muda

karyapemudacom

Menikah di usia muda berarti bisa melakukan banyak aktivitas seru bersama pasangan, apalagi kalau memiliki hobi yang sama. Misalnya sama-sama suka traveling, jalan-jalan ke berbagai tempat bersama pasangan pastinya akan lebih menyenangkan, bukan?

6. Mengurangi resiko gangguan kehamilan

Khusus bagi para wanita, nikah muda bisa jadi pilihan tepat karena hal tersebut berkaitan dengan masalah kesuburan dan kesehatan. Dalam dunia medis, hamil di usia 20–30 tahunan memiliki risiko gangguan kesehatan yang relatif rendah.

7. Kesempatan mendapat lebih banyak pahala

Menikah Muda

alfahmuid

 

Bagi Anda yang beragama Islam, pasti sudah tahu bahwa menikah adalah ibadah seumur hidup. Semua hal positif yang dilakukan sebagai suami/istri akan mendatangkan pahala. Menikah di usia muda, berarti Anda memiliki kesempatan menumpuk pahala lebih banyak.

Itulah beberapa keuntungan menikah dalam usia muda yang harus Anda pertimbangkan. Nikah muda memang punya banyak kelebihan, tapi yang paling utama adalah carilah pasangan yang tepat, yaitu seseorang dengan tujuan yang sama dan bisa menjadi pendamping hidup yang baik.

Artikel Terkait:

Leave a Reply