Biaya Nikah paling Hemat

Biaya Nikah – Menurut Wikipedia Pernikahan atau nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti Ijab Qobul (akad nikah) yang mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata yang ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesusai peraturan yang diwajibkan oleh Islam.

Biaya Nikah paling Hemat

Biaya Nikah

alfahmuid

Siapa bilang biaya nikah itu mahal? Bagi Anda yang ingin melangsungkan pernikahan, jangan terlalu cemas memikirkan soal biaya. Anda bisa menikah dengan biaya seminimal mungkin, bahkan bisa gratis.

Khusus bagi Anda yang ingin berhemat dan tidak terlalu mementingkan gengsi, pernikahan sebenarnya bisa dilakukan di KUA. Apabila akad nikah dilaksanakan di KUA pada jam kerja, Anda dan pasangan tidak akan dipungut biaya sedikit pun.

Namun, apabila Anda memilih menikah di luar KUA, siapkan biaya sebesar Rp600.000 sebagai kelengkapan administrasi. Selanjutnya, Anda tinggal menyusun anggaran untuk biaya acara pernikahan yang akan digelar.

Contoh Rincian Biaya Nikah Sederhana

Memiliki bujet terbatas bukan berarti tidak bisa melangsungkan acara pernikahan yang berkesan. Agar tidak boros, tentu ada beberapa biaya yang harus dihilangkan, misalnya sewa gedung, fotografer profesional, hingga hiburan musik/penyanyi.

Di bawah ini adalah contoh rincian biaya yang harus disiapkan untuk acara pernikahan sederhana.

1. Tenda, perlengkapan, dan dekorasi ruangan : Rp5.000.000,-
2. Katering (untuk 100 undangan) : Rp8.000.000,-
3. Tata rias dan sewa baju pengantin : Rp3.000.000,-
4. Undangan (100 orang) : Rp 200.000,-
5. Suvenir : Rp 500.000,-
6. Biaya tak terduga : Rp3.000.000,-
Total : Rp19.700.000,-

Dengan anggaran kurang dari 20 juta, Anda sudah bisa menggelar pernikahan simpel di rumah. Angka tersebut bahkan masih bisa berkurang apabila Anda pandai menyiasatinya, misalnya memilih suvenir yang lebih murah.

Tips Menghemat Biaya Nikah

Ada banyak cara untuk menghemat biaya pernikahan. Di bawah ini adalah sejumlah tips yang bisa Anda coba bila ingin menggelar acara pernikahan yang sederhana.

1. Lokasi pernikahan

Biaya Nikah

HATMANET

Anda tidak perlu menyewa gedung karena hal itu bisa menghabiskan banyak biaya. Agar lebih hemat, sebaiknya pilih rumah sebagai lokasi pernikahan.

2. Hilangkan prosesi adat

Menggelar pernikahan dengan adat tertentu memang jadi kebanggaan tersendiri. Namun, bila bujet terbatas, Anda sebaiknya menghilangkan tradisi pernikahan yang bisa menghabiskan banyak biaya.

3. Batasi jumlah tamu

Jumlah tamu akan sangat berpengaruh pada biaya lainnya, mulai dari undangan, suvenir, hingga katering. Untuk pernikahan sederhana, cukup undang kerabat, teman dekat, dan beberapa tetangga.

4. Sewa baju pengantin

Biaya Nikah

brilionet

Baju pengantin hanya akan dipakai sekali seumur hidup, jadi rasanya kurang tepat bila Anda membelinya dengan harga mahal, apalagi bila bujet pernikahannya terbatas. Daripada membeli, lebih baik menyewanya dengan harga yang jauh lebih murah.

5. Pemilihan katering

Biaya Nikah

dailymoslem

Katering adalah salah satu hal utama yang harus dipersiapkan secara matang, tetapi makanan yang enak tidak selalu harus mahal. Pilihlah jenis masakan yang umum dan familier bagi tamu undangan. Anda tidak perlu memesan makanan mewah, seperti lobster dan kaviar.

6. Minta bantuan teman dan kerabat

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dalam pernikahan. Beberapa di antaranya membutuhkan bantuan dari orang-orang yang profesional di bidangnya, seperti tata rias pengantin, dokumentasi, hingga masalah hiburan.
Sebelum Anda menyewa tenaga profesional, coba periksa dulu apakah ada anggota keluarga atau teman yang punya keahlian tersebut. Bila ada, Anda bisa minta bantuan mereka sehingga bisa lebih menghemat biaya pernikahan.

7. Pilih undangan dan souvenir murah

organicvolunteerscom

Saat ini ada banyak sekali undangan yang murah tetapi tidak murahan. Untuk mendapatkan harga murah, pilihlah desain undangan yang simpel tetapi tetap terlihat elegan. Lagipula setelah pernikahan selesai, undangan tersebut nantinya pasti akan dibuang juga, bukan?

Hal ini juga berlaku untuk masalah suvenir. Anda tidak perlu membeli suvenir mewah dengan harga puluhan atau ratusan ribu per buahnya. Saat ini ada banyak pilihan suvenir yang unik dan murah, seperti kipas, bros, gantungan kunci, atau lilin.

Itu dia beberapa tips untuk menghemat biaya nikah yang bisa Anda coba. Berapa pun biayanya, pastikan Anda mempersiapkan semuanya dengan sangat matang sehingga acara pernikahan bisa berjalan dengan lancar.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply