11 Adab Terhadap Guru [BUKTI KITA MENGHORMATI GURU]

Adab Terhadap Guru – Melihat dan mendengar berita yang terjadi tentang perkembangan anak remaja kita di Indonesia, kita dihadapkan dengar krisis anak remaja yang telah mengalami kemorosotan prilaku, adanya pekelahian antar remaja, ngelem, minum obat terlarang, dan lain sebagainya.

Selanjutnya hal tersebut membuat mereka juga para remaja sebagai seorang murid cenderung melawan dan tidak sopan santun terhadap guru, yang pada inti guru adalah orangtua kedua selain orangtua kandungmu.
Menurut Anda apakah dikatakan sopan seorang murid berbicara lebih keras dari gurunya, memotong perkataan guru dan lain sebagainya. Ini merupakan sifat yang tidak beradab dari seorang siswa.

Siapa yang harus disalahkan kalau keadaan remaja kita memang seperti adanya, apa yang bisa kita lakukan untuk merubah keadaan mereka menjadi lebih baik?

Salah satu jalan adalah melakukan pendekatan terhadap mereka secara personal. Kenapa mereka bertindak yang kurang baik atau perbuatan buruk, itu salah satu alasannya, karena kurangnya perhatian orang tuanya dirumah dan lingkungan mereka tinggal.

Jadi disini lah peran orang tua yang hadir untuk bisa kembali mengarahkan ke arah yang benar. Bisa dengan memberi pendampingan nasehat, di tambah dengan pengetahuan bagaiamana adab terhadap guru yang sebenarnya.

Guru merupakan orangtua kedua mereka selain ibu dan bapak kandung mereka, seadainya orang tua menjelaskan tentang adab terhadap guru, maka secara otomatis meraka juga paham adab terhadap orangtua.

11 Adab Terhadap Guru [BUKTI KITA MENGHORMATI GURU]

Adab Terhadap Guru

aswajanucenterjatim.com

Seorang guru merupakan orangtua kedua kita sebagai pengganti saat berada sekolah. Jasa seorang guru sangat banyak, sehingga diberi gelar guru tanpa Jasa, beliar mendidik, membina, dan memberikan ilmu pengetahuan.

Kita sebagai murid seharusnya patuh terhadap beliau, karena tanpa beliau mungkin kita sebagai murid tidak mendapatkan ilmu dari beliau. Berkat beliau juga kita dapat mencapai cita-cita, bekarya dengan prestasi, bakat, dan kualitas yang Anda miliki.

Jasa mereka sangatlah besar terhadapmu, maka dari itu kamu wajib mematuhi dan menghormatinya. Dalam bersikap terhadap guru, sebaiknya kamu selalu menghormati dan menghargainya.
Bentuk sikap kita menghormati seorang guru, dan ucapkan terima kasih kepada beliau, yaitu bisa lakukan dengan beradab terhadap guru sebaik-baiknya.

Adapun 11 Adab Terhadap seorang guru, yaitu:

  1. Tidak mencari kekurangan,kelemahan dan kesalahan guru
  2. Tidak menjelekkannya dan membicarkannya, melainkan kita harus membantu, membelanya ketika dijelekkan orang lain.
  3. Selalu mendoakan atas segala kebaikanya, karena sudah memeberikan ilmu kepada kita, yang sudah ia ajarkan.
  4. Mengambil teladan atas kebaikan guru dan mengamalkan akhlak mulia yang dilakukannya.
  5. Tidak memotong perkataan beliau, serta Menjaga adab berbicara dan diskusi dengannya.
  6. Kita harus taat kepada guru dalam semua perkara, kecuali ada beberapa perkara maksiat kepada Allah Swt.
  7. Berbicara dengan beliau dengan lemah lembut dan penuh dengan rendah diri kepada guru.
  8. Meminta izin kepada guru ketika tidak hadir sekolah dan akan keluar kelas karena ada keperluan.
  9. Saat datang ke sekolah langsung salam kepada guru apabila berjumpa.
  10. Memberi perhatian besar dalam pengajaran guru, duduk dengan sopan, dan dalam keadaan tenang.
  11. Rendah hati dihadapan guru. Dengan rendah hati maka ilmu yang masuk dalam dirimu akan lebih mudah.

Kesimpulan, selain kita berbuat baik kepada orangtua kandung, kita juga harus bersikap baik dengan guru kati disekolah. Semoga dengan kita mengamalkan 11 Adab Terhadap Guru, kita akan memberikan kebanggaan terhadap guru. Sebagai bentuk rasa hormat kita terhadap guru.

Leave a Reply