Adab-Adab Belajar Di Sekolah, Di Rumah + Adab Belajar Mengaji dan Adab Bermain

Adab Belajar – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat hatma.net, kali ini kami akan berbagi artikel kembali, yang Insya Allah akan bermanfaat untuk kita semua. Masih semangat untuk mencari manfaat dan setelah selesai kita tebar manfaat dengan membagikan artikel ini yaa..:)

Jika sebelum sudah membahas tentang adab terhadap guru, kali ini kami dari hatma.net akan bagaimana adab belajar di sekolah, dirumah dan juga adab belajar mengaji.

Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim, ini sudah menjadi anjuran Nabi Muhammad Saw dari dulu, karena dengan ilmu dapat mempermudah bagi kita menuju jalan Surga. Sehingga kita sebagai murid dituntut harus memperhatikan adab-adab belajar saat disekolah maupun dimana saja.

Mengutip dari wikipedia belajar merupakan sebuah sebab akibat adanya interaksi antara sifat stimulus dan respon, atau sebuah perubahan perilaku sebagai hasil pengalaman atau latihan.

Imam Malik Berkata “pelajarilah adab sebelum memeperlajari ilmu” jadi para ulama salaf dari dahulu sangat memperhatikan masalah adab belajar, sampai-sampai mereka (para salaf) lebih mementingkan adab dari pada Ilmu.

Kemudian Abdullah bin Mubarak juga berkata, “Dahulu kami belajar adab 30 tahun, sedangkan kami mempelajari ilmu selama 20 tahun”

Masya Allah, dari perkataan di atas membuktikan bahwa pentingnya adab yang baik, terutama ketika menuntut ilmu. Dengan mempelajari adab akan lebih mudah memahami ilmu, selain itu ilmunya juga bisa menjadi berkah
Untuk lebihnya jelas mari kita simak penjelasan Adab-Adab Belajar sebagai berikut :

Adab-Adab Belajar Di Sekolah, Di Rumah + Adab Belajar Mengaji dan Adab Bermain

Adab Belajar

pdmjogja.org

Adab belajar

Belajar merupakan upaya menuntut ilmu yang telah dianjurkan bagi seluruh umat muslim, baik laki-laki ataupun perempuan.

Menurut Imam Syafi’i, “menuntut Ilmu lebih utama daripada salat sunnah” Jadi setiap orang wajib menuntut ilmu karena ilmu adalah modal kita semua untuk meraih kesuksesan dunia akhirat.

Keutamaan belajar atau menuntut ilmu sangat banyak, belajar merupakan ibadah, mendapatkan pahala, siapa yang belajar akan menjadi pintar sebaliknya orang malas belajar akan bodoh dan lain-lainya

Tuntulah ilmu sejak dari buayan hingga liang lahat, maksud dalam menuntut Ilmu kita mulai dari sejak dini sampai waktu tutup usia, jadi tidak adanya batas usia, belajar dimana saja tidak hanya disekolah, bisa saja di dirumah, majelis ta’lim dan lain sebagainya.

Seperti kata pepatah “Belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu. Belajar diwaktu dewasa bagai mengukir diatas air. Artinya jika masih muda dalam menyerap pelajaran akan lebih mudah tetapi sebaliknya bila kita sudah tua maka akan sulit.

Kita sebagai seorang murid harus memperhatikan adab-adab belajar. Agar ilmu yang dituntut akan menjadi bermanfaat. Serta mendapat ridha Allah.

Baca Juga : 13 Khasiat Kurma Ajwa Serta Manfaat Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Adab Belajar Disekolah

Adab Belajar

alazharjambi.com

Mempunyai Niat Sungguh-Sungguh

Setiap perbuatan yang kita lakukan tergantung kepada nianya, apabila dalam belajar kita berniat baik, maka hasil juga baik, namun sebaliknya jika kita berniat buruk maka hasilnya pun buruk juga

Nabi Muhammad Saw bersabda :

Artinya : “Dari Amirul Mukminin Umar bin Khattab ra. berkata : saya mendengar Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya amal itu tergantung kepada niatnya dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai apa yang diniatkannya.”

Seorang murid harus mempunyai niat sungguh-sungguh untuk belajar, jadi dengan niat yang benar maka hasilnyapun juga benar. Seandainya niat belajar tidak benar, maka apapun yang mereka lakukan sia-sia, pikiran mereka selalu ingin cepat pulang atau selalu ingin bermain dan jajan.

Baca juga : 11 Adab Terhadap Guru [BUKTI KITA MENGHORMATI GURU]

Memberi Salam Kepada Guru

Adab Belajar

majalahfahma com

Ketika kita tiba di sekolah sebagai murid harus memberi salam kepada guru dengan cara bersalaman, mencium tangan sebagai beliau, ini merupakan tanda penghormatan dan meminta ridho guru, agar dalam menyerap ilmu bisa lancar dan mudah

Membaca Doa Sebelum Belajar

Sebelum belajar hendaklah membaca doa sebagai bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT, kita meminta kemudahan saat belajar, pemahaman menyerap ilmu. Ingat yang memberi Ilmu adalah Allah SWT, sudah patutnya kita berdoa meminta.

Membaca mulailah dengan membaca basmalah, setalah itu membaca doa sebelum belajar.
Yang berbunyi :
رَبِّ زِدْنِى عِلْمًا نَافِعًا وَارْزُقْنِى فَهْمًا وَسِعًا
Artinya : “Wahai Allah Tuhanku tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berilah aku kefahaman yang luas.”

Bersikap Sopan Terhadap Guru

Guru merupakan orang yang memberikan ilmu kepada kita, beliaulah yang mengajarkan dari yang tidak paham sampai menjadi paham. Maka sudah sepatutnya kita menghormati beliau. Dengan cara, suara kita tidak boleh keras kepadanya, apalagi membentak, Bertanyalah dengan sopan kepada guru apabila ada kurang paham, tidak boleh duduk dikursi guru.

Membaca Doa Sesudah Belajar

Kemudian setelah kita selesai belajar jangan lupa untuk membaca doa kembali, sebagai wujud syukur kita sudah mendapatkan llmu.

Doa setelah belajar adalah :
اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ اِلَيْهِ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya : “Ya Allah sesungguhnya aku menitipkan kepadamu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah kepadaku pada waktu akau membutuhkannya, dan janganlah Engkau jadikan aku lupa padanya wahai Tuhan semesta alam.”

Adab Belajar Dirumah

Adab Belajar

arwini.com

Menuntut Ilmu atau belajar itu tidak hanya disekolah namun dirumah juga harus belajar. Bisa dengan cara mengulang kembali pelajaran yang di dapat di sekolah, agar ilmu yang yang di dapat tidak cepat hilang dan menambah pemahaman yang mendalam tentang pelajaran tersebut atau pelajaran selajutnya.

Adapun adab belajar dirumah adalah :

Belajar Ditempat Yang Sesuai

Carilah tempat belajar yang baik dan tenang, agar saat belajar Anda bisa fokus tanpa gangguan apapun. Misalnya dikamar di meja belajar Anda, sebaiknya jangan didepan telivisi saya yakin akan mengganggu konsentrasi Anda.

Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar.

Doa yang dibacakan sama dengan doa belajar saat di sekolah, ingat Allah SWT yang memberikan ilmu, maka minta dengan Nya dengan sungguh-sungguh. Agar saat belajar dirumah diberi pemahaman oleh Allah SWT.
Merapikan buku dan alat tulis

Biasakanlah merapikan alat tulismu baik sebelum maupun sesudah belajar, karena dengan keadaan meja belajar yang rapi, kita akan lebih maksimal, tidak terganggu dengan pemandangan meja yang berantakan. Setelah selasai belajar letakkan ditempatnya semula, agar saat mencari mudah ditemukan.

Baca juga : #5 Bentuk Tindakkan Kerjasama Di Sekolah | Yang [WAJIB] Di Ketahui

Menyiapkan Buku Untuk Pelajaran Besok

Setelah belajar selesai dan keadaan meja belajar sudah rapi, selajutnya siapkan buku pelajaran besok hari, agar saat sekolah besok mau berangkat tas Anda sudah siap. Coba seandainya Anda tidak siapkan sebelumya, tapi hari sekolah hari ini juga menyiapkannya, apa yang terjadi?

Adab Mengaji

Mengaji biasanya berarti membaca al-Qur’an, yaitu kita sabagai orang yang beragama Islam diharuskan membaca Al-Quran, karena dengan membawa Al Quran banyak manfaat yang kita dapat. Malah Ilmu yang paling utama yang pelajari adalah Al-Quran, jangan sampai kita lupa, kita terlalu asik dengan pelajaran umum lain padahal nilai-nilai pelajaran umum sudah terdapat didalam Al quran

Seluruh ayat al-Qur’an adalah wahyu Allah, bukan buatan manusia dehingga al-Qur’an selalu terjaga kemurniannya. Al-Qur’an berisi pedoman hidup bagi manusia, umat Islam wajib mempelajari al-Qur’an, tidak hanya mempelajari tetapi juga mengamalkannya.

Membaca al-Qur’an termasuk ibadah, karena al-Qur’an adalah kitab yang agung, maka untuk membacanya ada adab-adab tertentu.

Adab mengaji antara lain:

Adab Belajar

perjalananumroh.com

Pertama, sucikan diri dengan cara berwudhu

Kedua, memakai pakaian yang bersih dan suci

Ketiga membawa al-Qur’an dengan sopan

Keempat menghadap kiblat, kelima tidak tergesa-gesak

Kelima sesuaikanlah dengan bacaan tajwidnya.

Sebagaimana firman Allah swt. dalam surat al-Muzammil ayat 4 :
Artinya : “Atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.”

Keenam membaca ta’awuz dan basmalah

Ketujuh Membaca doa sebelum mengaji

Doa sebelum mengaji adalah :

اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ مِنْ خَزَائِنِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Artinya : “Ya Allah bukakanlah hikmah-Mu dan taburkanlah kepada kami rahmat dari khazanah-Mu Ya Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.”

Selesai mengaji membaca :
صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ
Artinya : “Maha benar Allah yang maha agung.”

Adab Bermain

Adab Belajar

balebengong.id

Mungkin kita sebagai seorang murid terkadang juga bisa bosan apabila terlalu sering belajar, jadi boleh lah untuk penyegaran sebentar dengan cara bermain. Bermain boleh kita lakukan asalkan tidak mengganggu waktu belajar, jangan sampai terlena.

Kita juga harus mendahalukan Ibadah dan belajar, setelah kedua tersebut dilaksankan baru lah kita bermain. Seadainya terlalu asik bermain akan merugikan diri sendiri, misalnya PR menjadi terbengkalai atau kita bisa mendapat dosa karena meninggalkan salat.

Sama dengan hal di atas bermain juga ada adabnya sebagai berikut:
Adab bermain antara lain :

Memperhatikan Waktu

Carilah waktu yang tepat untuk bermain mungkin bisa diwaktu sore setelah sholat Asar, bermain bebas yang penting positif dan bisa menjaga diri. Jangan sampai terlalu lelah bermain karena bisa menyebabkan Anda sakit sehingga melupakan belajar.

Bersikap Jujur

Islam melarang kita untuk berbuat curang, dalam bermain kita harus bersikap jujur terhadap teman Anda, seandainya curang pasti Anda akan dijauhi mereka. Di tambah perbuatan curang akan mendapatkan dosa.

Tidak Menggangu Orang Lain

Bermain bolah dilakukan dimana saja terserah, dalam bermainlah harus dengan tertib sesuai dengan kesepakatan bersama. Misalnya harap tidak bermain dijalan raya karena akan mengganggu orang lain pengemudi kendaraan dan membahayakan diri kita sendiri.

Bermain juga jangan terlalu berisik, karena akan mengganggu orang yang sakit atau tidur, bermain jangan sampai mengganggu orang lain.

Tidak Boleh Bertengkar / Bermusuhan

Sesama teman harus saling menyayangi dan mencitai mereka, Ketika dalam bermain kita kalah, kita tidak boleh marah pada teman kita apalagi sampai membuat celaka teman kita. Kalah dan menang merupakan hal bisa yang penting perteman kita tetap terjaga, kita tidak boleh egois. Tidak perlu mengejek teman yang kalah, apalagi sampai menyinggung perasaannya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, agar semua orang dapat merasakan manfaat, mari “tebar manfaat dengan berbagi satu artikel” hatma.net

Leave a Reply