5 Hal [PENTING] Yang Perlu Di Perhatikan Saat Membaca Berita

Membaca Berita – Hay Sahabat Hatma.net, gimana kabar hari? pasti semua dengan keadaan yang baikkan, Amin Yaa Rabb. Terus untuk hari ini, apakah sudah ada melihat berita terbaru ditelevisi atau mendengar berita di radio kesayangan Anda?

Setiap orang pasti memerlukan sebuah informasi terkini atau berita terbaru, baik masalah politik, ekonomi, sosial dan lainnya, agar tidak ketinggalan berita dari orang lain. Walau di zaman sekarang sudah banyak inovasi informasi yang lebih menjangkau orang banyak, seperti google, koran online dan lain-lain, jadi semua informasi itu sudah ada di tangan kita.

Tapi kita tidak menampikkan bahwa masih banyak penikmat berita dilayar telivisi dan radio terbukti bertahan sampai saat ini. Dalam penyampaian berita suatu kejadian, kita tidak mengetahui betapa sulit mereka menjadi pembawa acara televisi ataupun penyiar radio.

Kita hanya duduk serta diam menyaksikan dan menyimak isi berita, tanpa peduli apa yang mereka lakukan sebelum mereka membaca berita.

Di beberapa stasiun televisi atau radio tidak sedikit di antara mereka pembaca berita salah dalam penyampaian berita, dari suara, intonasi maupun dalam penyebutan kata. Bagi Anda yang sedang ingin berlatih atau lagi sedang persiapan melamar kerja sebagai orang yang membaca berita, silahkan baca artikel dibawah ini:

5 Hal [PENTING] Yang Perlu Di Perhatikan Saat Membaca Berita

Membaca Berita

pixabay.com

Berita merupakan sebuah informasi baru berisi tentang peristiwa/fakta dan/atau pendapat yang terjadi hari ini (berita terkini). Biasa disajiakan dikoran, telivisi, radio dan lain sebagainya. Pengertian lainya, berita sering juga disebut sebagai kejadian-kejadian penting yang didapat oleh wartawan kemudian laporkan, untuk dapat perhatian oleh pendengar, pemirsa ataupun pembaca.

Membaca berita merupakan upaya menyampaikan sebuah informasi atau pesan berita dengan cara membaca teks berita dengan baik dan benar.

Teks berita yang dibawakan melalui media televisi atau radio sangat berbeda dengan teks berita dalam media cetak. Semua kalimat dalam teks berita tersebut ialah kalimat tidak langsung, dan lebih pendek karena waktu penyampain berita yang disediakan juga terbatas.

Agar penampilanmu saat membaca berita bagus, perhatikanlah hal-hal berikut ini:

Intonasi

Membaca Berita

lahiya.com

Intonasi sering disebut juga dengan lagu kalimat. Intonasi kalimat adalah gabungan dari bermacam-macam gejala, yang umumnya disebut tempo, tekanan nada, dan jeda ketika mengucapkan satu kalimat.

Dalam membaca teks berita hal paling di perhatikan oleh seorang pembaca berita adalah ketepatan dan kecermatan pada setiap kata dan kalimat yang di ucapkan. Anda harus bisa mengatur volume suara, dimana meletak suara dengan penekanan, keras, lemah, atau lembut.

Irama

Membaca Berita

pixabay.com

Irama merupakan ritme atau gerakan tempo suara yang teratur saat membacakan berita. Anda Sebagai pembaca berita, harus diperhatikan dalam hal pembacaan kata/kalimat yang perlu diucapkan, baik irama naik, turun, atau datar sesuai pemenggalan suku kata, kata, atau kalimat.

Artikulasi

Membaca Berita

Youtube.com

Artikulasi merupakan suatu pengucapan kata melalui mulut pembaca berita yang membuat orang terdengar dengan baik dan benar serta jelas, sehingga telinga pemirsa, pendengar atau penonton dapat, mendengar dan mengerti pada kata kata yang diucapkan.

Lafal

Membaca Berita

pixabat.com

Dalam pengucapan lafal kata yang benar, harus Anda Perhatika beberapa unsur vokal yaitu huruf a, i, u, e, o, I, ny, ng) dan sebagainya.

Seorang pembaca berita sebisa mungkin harus menghindari unsur dialek. Dialek adalah ciri khas suatu suara dari daerah asalnya. Usahakan mengguakan dialek Indonesia, kecuali yang dibaca di telivi atau radio lokal.

Volume suara

Membaca Berita

pixabay.com

Volume  suara merupakan kekuatan suara dalam mengucapkan kata ataupun kalimat berita. Volume suara hal yang harus diperhatikan karena Keras-lemahnya, nyaring atau tidaknya suara saat membaca berita itu juga menentukan kualitas pembaca berita tersebut

Namun untuk lebih lengkap sebagai bahan latihan penulis menambahkan 2 Contoh Teks Berita dibawah ini :

Contoh Teks Berita

Membaca Berita

radiodakwah.co

Coba Anda langsung praktekan saat membaca berita, dengan mengikuti 5 Hal [PENTING] Yang Perlu Di Perhatikan Saat Membaca Berita yang Baik dan Benar di atas. silahkan Anda coba kemampuan membaca berita. Kemudian mintalah sahabat Anda untuk menilai penampilan kalian. Berikut Contoh Teks Berita.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Banjir

Terjadi banjir besar disekitar riam kanan, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari jam 08.00 WIB hingga malam jam 23;00 WIB. Tedapat 4 Desa terendam dan banyak keluarga yang mengungsi di kampung sebelah.

Sekitar 231 kepala keluarga harus mengungsi kerana kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah harus segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan

Telah terjadi bocornya soal ujian nasional untuk sekolah tingkat SMA yang dilaksanakan pada kamis, 23 April 2012 merupakan berita yang kecelongan dalam pelaksanaan ujian tahun ini. Manteri Pendidikan tingkat provinsi menyatakan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian sudah dicari dan diselidiki. Ia menjelaskan bahwa pelaku pembocoran akan diproses sesuai hukum sesuai pasal yang berlaku.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang (PUSPENDIK) Kemdikbud, telah ditemukan sebanyak 25 buklet soal dari 11.730 yang telah diupload ke internet secara ilegal

Hal ini terjadi karena ada Oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Saat penggeledahan dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa yang terlibat dengan kejadian ini

Setelah berita ini tersebar, membuat Menteri Komunikasi dan Infomasi melakukan sikap untuk memblokir konten ilegal di google yang telah merilis soal UN. Kerjasama dilakukan dengan pihak google dalam pemblokiran konten tersebut.

Dengan bocornya soal UN ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan apakah mengadakan kembali ujian ulang atau tidak. Tetapi kemungkinan besarnya adalah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan yang menyangkut besarnya nilai biaya pembuatan soal.

Semoga dengan 2 contoh teks berita di atas menjadi bahan latihan Anda untuk menjadi pembawa berita yang sesuai dengan mempertimbangkan 5 Hal [PENTING] Yang Perlu Di Perhatikan Saat Membaca Berita.
Tetap simak dan nantikan artikel-artikel di hatma.net “tebar manfaat dengan berbagi satu artikel”. Bantu share dan bagikan, agar manfaat ini bisa juga bisa tersebar luas kepada orang lain.

Leave a Reply