Akbar Hatma – Hallo Sahabat HATMA.Net, untuk rekan-rekan sekalian selamat berkativitas di hari yang cerah ini. Semoga saja hari ini adalah hari yangterabaik bag kita semua, sampai besoknya semakin hari akan semakin baik amin.

Gaji yang di dapat dari kantor saat ini masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bulanan, bahkan harus mencari tambahan untuk bisa memenuhinya. Usaha atau bisnis sampingan dari pekerjaan utama anda saat ini sangat ramai di lakukan orang lain untuk menambah penghasilan untuk kebutuhan rumah.

menurut wikipedia Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba.

Saat ini yang ramai di lakukan orang lain adalah bisnis online, karena bisnis online bisa anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Bisa di lakukan bebarengan dengan pekerjaan utama anda atau mencari waktu yang kosong untuk melakukan bisnis online.

Untuk sekarang lakukan pekerjaan sampingan atau bisnis online untuk menambah penghasilan. – Akbar Hatma

Berikut cara memulai bisnis online dari nol – Akbar Hatma Banjarmasin

Akbar Hatma

Pixabay

1. Cara Memulai Bisnis Online Mencari inspirasi – Akbar Hatma

Sebelum anda memulai bisnis online, ada baiknya anda melaukan riset produk apa yang saat ini banyak di cari masyarakat. Boleh yang sedang tren atau memang produk yang selalu di butuhkan banyak orang.

Di mualia dari teman atau keluarga yang menceritakan tentang produk yang saat ini sedang tren. Anda harus memahami kebutuhan public di tahap awal ini. Ingat, produk yang di jual adalah produk yang di cari orang saat ini.

2. Akbar Hatma memberikan saran Tetapkan Produk yang akan di jual

Anda juga bisa melakukan riset produk di online, persaingan untuk mempromosikannya pasti tidak mudah, karena pasti banyak orang lain yang mempromosikannya. Anda bisa menjual produk dengan dua tipe.

Pertama produk yang sedang tren saat ini, produk kedua adalah produk yang bersifat long time, selalu di butuhkan masyarakat pada saat ini.

3. Pilih Sistem Penjualan

Pada saat ini dunia digital atau online memang memudahkan banyak hal dalam berbisnis online saat ini. Untuk mencari produk dan menjual kembali di online untuk menambah penghasilan. Menjadi dropshiper adalah usaha bisinis online yang di awal di lakukan banyak orang.

Sistem yang di lakukan tidak harus menyimpan barnag yang di jual, biarkan penjual utama yang melakukannya. Mencari pembeli dan urusan pengiriman barang menjadi urusan distributor. Jangan sampai anda banyak menerima keluhan karena kualitas barang tidak sesuai dengan yang di promosikan.

4. Bangun website

Membangun website yang menjadi jualan anda di dunia online. Website merupakan pusat dari aktivitas bisnis online anda. anda bisa melakukan stok hingga pengiriman barang oleh anda sendiri. Untuk meningkatkan kualitas produk terhadap pembeli.

Tempat menyimpan data costumer yang suatu saat pasti di perlukan. Dengan memiliki website, pembeli pun bisa melihat banyak pilihan dari produk yang anda jual. Termasuk mendapat informasi lebih rinci tentang produk yang di butuhkan costumer saat ini.

5. Buka jaringan media sosial

Setelah membuat website tersebut, langsung saja anda melakukan promosi website anda melalui media sosial, karena media sosial merupakan pilihan utama sebagai sarana promosi saat anda memulai bisnis online dan juga melakukan promosi di media sosial gratis.

Buat akun dengan nama toko online atau website anda. jangan hanya di satu media sosial, tetapi juga banyak media sosial lainnya, namun masyarakat Indonesia banyak menggunakan aplikasi saat ini adalah facebook, youtube, twitter, dan instagram. Tujuannya untuk anda lebih mudah menyebar luaskan informasi mengenai produk dan website yang akan menajadi pekerjaan sampingan dan menambah penghasilan untuk kebutuhan perbulan.

6. Sebar di marketplace

Media sosial untuk para pembisnis masih kurang luas untuk semua public, anda juga bisa memperluas area pemasaran produk melalui marketplace. Keberadaan marketplace seperti bukalapak, tokopedia, atau shopee memang sangat membantu para pelaku usaha online dalam menemukan pembeli.

Marketplace saat ini menjadi alat untuk penjualan anda meningkat. Pada dasarnya marketplace punya fungsi yang tak berbeda dengan media sosial. Mempromosikan produk yang anda jual tidak mengeluarkan banyak dana.

Marketplace ini juga menjadi saran untuk membuat masyarakat menyadari kehadiran toko online milik anda. untuk kemudian membuat konsumen makin mengenal toko online milik anda tersebut.

7. Cari asisten jika di butuhkan

Ini mungkin sudah menjadi tahap selanjutnya dari bisnis online yang anda lakukan. Namun saat ini tidak salahny anda menyiapkannya sejak saat ini, sehingga bisnis anda bisa tetap berlari kencang tanpa kendala.

Asisten akan di butuhkan saat bisnis online anda sudah mulai jalan bahkan semakin hari pemesanan produk semkain banyak. Anda tidak akan mungkin bisa mengatasi semuanya dengan sendirinya. Mulai mempromosikan barang, menerima order, packing barang, sampai menerima keluhan konsumen. Anda harus butuh asisten untuk membantu anda untuk melakukan itu semua.

Bisa dari teman dekat anda atau pun keluarga anda untuk membantu anda melakukan bisnis online ini. Mereka juga harus mendapat upah dari apa yang telah mereka lakukan untuk membantu pekerjaan bisnis online anda.

8. Buat Rekening baru khusus bisnis

Dari bisnis online maupun offline, banyak orang sering mencampur pendapatannya di dalam satu rekening. Ini justru yang akan membuat usaha anda sulit maju. Ini menyebabkan kesulitan untuk melakukan bisnis, karena anda tak bisa mengukur sudah seberapa jauh penghasilan yang di dapat dari bisnis online.

Untuk saat ini jangan di gabung dengan rekening yang menerima payroll setiap bulan, atau anda akan di buat pusing setiap bulannya saat melakukan perhitungan neraca pendapatan.

9. Komitmen dengan dua kesibukan anda

Meski saat ini anda sudah banyak menghabiskan waktu anda di kantor, anda tetap berkomitmen untuk meluangkan waktu di bisnis online anda. katakanlah anda punya jam kerja di kantor antara 8-9 jam perhari. Waktu yang anda berikan untuk melakukan bisnis online cukup 3-4 jam sehari. Itulah hal penting dalam memulai sebuah usaha adalah komitmen yang tinggi. – Akbar Hatma

Tapi pembagian waktu tadi pastikan anda melakukannya secara konsisten setiap hari. Bahkan, waktu libur anda di akhir pekan akan di gunakan untuk melakukan bisnis online ini. Karena bisnis ini selalu berputar waktunya.

Sebagai penutup memulai bisnis online memang di butuhkan kaerja keras dan usaha yang di butuhkan. Karena anda harus pintar membagi waktu antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingan tersebut.

Jangan sampai anda melalaikan pekerjaan utama anda, karena terlalu asik dengan bisnis sampingan anda. Pintar-pintarlah dalam membagi waktu saat anda mengawali bisnis ini sebagai seorang karyawan.

Semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penjelasan artikel tersebut. Terima Kasih .

Artikel Terkait :