13 Syarat Menjadi Wirausaha Muda yang Sukses

Syarat Menjadi Wirausaha – setiap orang pasti memiliki keinginan untuk sukses, namun mereka tak memiliki makna sukses itu seperti apa. Sebenarnya sukses itu apa sih? Apalagi di era sekarang masih banyak orang yang menganggap bahwa sukses itu apabila sudah bisa terdaftar CPNS.

Mengutip dari wikipedia wirausaha merupakan sebuah proses kegiatan bisnis dalam mengenalisis, mengembangkan dan untuk mencapai visi dalam kehidupan bisnis. Visi berupa tujuan ingin dibawa kemana bisnis kita, seperti ide inovatif, peluang, atau cara yang lebih baik dalam menjalankan visi tersebut. Kemudian hasil dari proses tersebut adalah penciptaan bisnis baru yang mengandung ketidakpastian.

Tapi ada juga dari sebagian kecil memanggap bahwa sukses itu apabila kita bisa banyak bermanfaat buat orang, bisa memberikan lapangan pekerjaan, memberi gaji tidak diberi gajih. Salah satu cara nya itu dengan berwirausaha.

Namun sayang masih banyak yang ingin menjadi seorang menjadi pengusaha sukses tapi tidak dibarengi dengan usaha yang pasti. Sehinggu Impian itu hanya sebatas mimpi saja yang tak akan pernah terwujud.

Dengan alasan tersebut jika ingin betul-betul dan serius ingin menjadi wirausaha yang sukses, harus bisa memperhatikan 13 Syarat Menjadi Wirausaha Muda

13 Syarat Menjadi Wirausaha Muda

Memiliki Visi dan Misi Jelas

Syarat Menjadi Wirausaha

pixabay com

Syarat Menjadi Wirausaha Muda pertama, Setelah kita sudah yakin ingin terjun langsung dalam dunia wirausaha yang harus dipikirkan, apa tujuan kita berwirausaha atau disebut Visi dan Misi.

Kenapa visi dan misi itu perlukan, karena jika tidak memiliki Tujuan akan mengakibatkan kita tidak disiplin, seperti kapal tanpa nahkoda, dan seenaknya sendiri dalam menjalankan usaha.

Dengan memiliki visi dan misi maka dalam menjalakan sebuah usaha akan lebih jelas terarah terorganisir dan terstruktur, jelas arah tujuannya.

Berani

Syarat Menjadi Wirausaha

Pinterest com

Berani disini bukan hanya sekedar bermodalkan nekat dan keberanian saja, namun juga harus siap menanggung dan berani atas resiko. Jika ingin menjadi seorang wirausaha harus memiliki keberanian dalam mempersiapkan rencana dengan matang.

karena di dalam wirausaha pasti akan mengalami bermacam-macam kendala. Tanpa keberanian hanya akan mengendurkan niat awal berwirausaha ketika mulai muncul berbagai masalah agar tercapai Syarat Menjadi Wirausaha Muda

Tidak Takut Gagal atau menanggung Resiko

Jika tidak berani menanggung risiko atau takut gagal sebaik tak usah menjadi seorang pengusaha. Kegagalan merupakan kemenangan tertunda yang akan menjadi mentor yang palinh utama.

Dengan kegagalan kita akan belajar dan memperbaiki kedepannya harus seperti apa, kita mengetahui kesalahannya dan akan mengetahui cara mengatasinya secara baik.

Dibalik sebuah kegagalan ada banyak ilmu dan pengalaman yang kita peroleh, jadi jika kita mengalami kegagalan janganlah menyerah dengan hal ini, yakinlah setelah kegagalan ada kesuksesan, karena dengan kegagalan kita akan menjadi lebih baik dan akan menciptakan kesuksesan sempurna.

Berani Mengambil Keputusan dan Resiko

Di dunia Wirausaha Muda pasti akan menghadapi banyak rintangan dan resiko yang harus dihadapi. Seperti, penjualan kita sedikit tak tercapai target, promosi kita bocor, ditipu dicurang dan lain, apabila terjadi maka Sikap mengambil keputusan sangat diperlukan dalam menghadapi masalah ini.

Namun, perlu diperhatikan dalam mengambil sebuah keputusan harus dipertimbangkan dampak kedepannya, jadi harus tepat mengambil keputusan dalam berwirausaha agar tidak terulang kembali kejadian seperti diatas.

Mau Mendengarkan Nasehat

Menjadi seorang wirausaha harus mau mendengarkan masukan dari orang lain terutama yang lebih berpengalaman dari kita. Hindari praduga atau merasa bahwa kita sendiri saja sudah cukup pintar, cukup menguasai, atau merasa sudah benar tanpa harus mendengarkan masukan dari orang lain.

Jangan hanya mengandalkan bakat dari diri pribadi, belajar dari orang lain, mengikuti seminar-seminar kewirausahaan juga penting untuk mempertajam pengetahuan dan kemampuan kita.

Kreatif dan Inovatif

Syarat Menjadi Wirausaha

kompasiana com

Melihat dizaman sekarang sudah banyak tumbuh pengusaha-pengusaha baru yang kita beranggapan bahwa itu adalah kompotitor atau saingan kita yang akan merugikan usaha kita, menurut kita ini adalah anggapan yang salah, dengan ada pesaing akan membuat kita lebih bersaing dengan sehat dengan ide terbaru denga usaha kita.

Menjadi seorang wirausaha tidak harus bersekolah tinggi, memiliki nilai yang tinggi atau seorang gelar sarjana. Disini lebih dibutuhkan seseorang yang kreatif dan inovatif, yaitu mampu menciptakan / menggunakan kemampuan yang baru dan berbeda dengan yang lain.

Memiliki Prinsip Kuat

dengan prinsip yang kuat yang dimiliki seorang pengusaha dalam wirausaha, itu akan mendorong harus melakukan dengan sebaik mungkin. Ingat prinsip yang kuat harus diiringi tindakan yang serius, seandainya sudah prinsip yang kita yakin tak akan goyah dengan godaan apapun

Meninggalkan Rasa Malas

Malas tak akan membuat akan berubah menjadi sukses yakinlah, buang rasa kemalasan itu jangan jadi kan teman. Saran saya anda perlu memikirkan seorang yang ingin ada jadikan tujuan agar malas itu hilang. Jika sudah memiliki kebiasaan bermalas-malasan maka sudah dapat dilihat hasil akhirnya.

Contoh saja dari sifat malas misalnya menunda-nunda . Bagi seorang pengusaha ini merupakan kerugian yang sangat besar karena waktu itu adalah asset, sekali terlewat hilang lah rezeki Anda.

Tidak Cepat Puas

Tidak cepat puas dengan hasil didapat sekarang, bukan berarti tidak mau bersyukur atas apa yang sudah dicapai saat ini, namun melainkan untuk membangkitkan rasa semangat kita agar lebih semangat berusaha lagi untuk mencapai hasil yang lebih tinggi daripada saat ini.

Selalu Bersyukur

Syarat Menjadi Wirausaha

muslim or id

Sebagai manusia yang beragama dan berTuhan tentunya kita harus selalu bersyukur atas segala usaha yang telah kita capai saat ini. Karena dalam kehidupan manusia selalu ada campur tangan Tuhan.

Namun, dalam bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan saat ini bukan berarti kita langsung pasrah pada nasib yang Tuhan berikan. Ingat! Tuhan akan melebarkan pintu rizki pada orang yang mau berusaha. Dengan selalu bersyukur dan berusaha maka Tuhan akan melebarkan pintu rizki selebar-lebarnya untuk anda.

Tidak Gengsi

Syarat Menjadi Wirausaha

pixabay com

Dalam berwirausaha hilangan rasa gengsi, dalam wirausaha jangan malu berjualan, usaha bagaimana bagaimana banyaknya barang terjual. jadi seorang wirausaha harus membuang jauh-jauh rasa gengsi tersebut. Seandanya masih saja gengsi jangan jadi wirausaha saja, takutnya banyak kerugian yang akan terjadi.

Harus Tegas

Seorang pengusaha harus bersifat tegas, disiplin dalam membangun usaha. dengan ketegasan kita miliki akan membuat segala yang dilakukan pasti baik, bisa mengatur teman kerja agar lebih serius bekerja sesuai dengan aturan berwirausaha

Memanfaatkan Peluang

Dalam berwirausaha harus diperlukan dengan namanya bisa membaca peluang, maksudnya setiap ada kesempatan lakukan dan jalankan, jangan sampai disia-siakan, peluang tidak datang dua kali, jadi manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Apabila diri Anda adalah seorang karyawan yang ingin berwirausaha maka harus fokus, dan memilih, yuk simak artikel terkait contoh surat resign atau pengunduran diri, agar Anda bisa fokus dalam berbisnis

Demikian beberapa hal perlu diperhatikan dalam menjadi seorang wirausaha, harus ada dari 13 Syarat Menjadi Wirausaha Muda, harus Anda Miliki, jangan sampai disini saja anda membaca Artikel ini karena www.hatma.net berusaha Tebarkan Manfaat dengan Artikel.

Leave a Reply