Khasiat Susu Kurma – Hallo Sahabat HATMA.NET, selamat bekerja bagi yang sudah bekerja, semoga hari ini perkejaannya di mudahkan walaupun di masa pandemic ini tetap semangat bekerjanya.

Selalu mematuhi Protokol Kesehatan seperti, selalu menjaga kesehatan, menjaga jarak, memakai masker, dan tidak lupa selalu cuci tangan dengan sabun di air mengalir. Apabila tidak ada aktifitas di luar rumah, sebaiknya anda berdiam diri di rumah saja, lakukan kegiatan yang mengandung hal positif dan bermanfaat.

menurut wikipedia Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan.
Hampir semua masyarakat yang ada di Indonesia sudah pasti mengenal buah kurma, buah yang di anggap banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita, karena banyak mengandung nutrisi dan juga vitamin yang banyak.

Tidak sedikit orang mencampurkan buah kurma ini yang memiliki varian dengan susu, jadi apakah ada manfaat susu kurma untuk kesehatan tubuh kita? Jawabannya pasti ada. Bukan rahasia umum lagi kurma sangat bermanfaat dan kaya nutrisi dan susu pun banyak mengandung vitamin yang khasiatnya sama.

Khasiat Susu Kurma Untuk Kesehatan
Susu kurma adalah olahan buah kurma yang menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Banyak kandungan nutrisi buah kurma yang mengandung karbohidrat, protein, dan segudang vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan Vitamin D.
Bayangkan, ketika susu kurma tersebut di olah, apakah khasiatnya akan bertambah atau tidak sama sekali? Dengan campuran nutrisi dan vitamin yang ada pada keduanya, ini khasiat yang di tawarkan oleh susu kurma yang khasiatnya luar biasa.
1. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat Susu Kurma

pixabay com

Mengomsumsi kurma adalah salah satu manfaatnya ialah menurunkan tekanan darah hingga menjadi stabil. Manfaat yang di tawarkan oleh susu kurma salah satunya adalah baik untuk kesehata n jantung.
Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ternyata dapat menurunkan penyebab penyakit jantung. Karena hal ini kurma kaya akan kalium, tetapi memiliki natrium yang cukup sedikit. Kalium juga membantu menurunkan tekanan darah dan membantu tubuh mendorong natrium, sehingga pembuluh darah tidak begitu terganggu.
Campuran antara susu yang menjadi sumber kalium untuk tubuh dengan kurma membuat keduanya menjadi pilihan untuk anda yang ingin mengurangi risiko penyakitnya jantung. Selain itu, serat yang ada pada kurma pun juga membantu menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat.
Normalnya, empat buah kurma mengandung 6 gram serat yang memnuhi lebih dari 30% nilai kebutuhan harian.
2. Mebantu Meringankan Sembelit
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurma kaya akan serat. Apabila anda mengalami sembelit, salah satu cara mengatasinya adalah makan makanan yang mengandung serat. Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat susu kurma lainnya adalah membantu meringankan sembelit.
Sebelumnya, serat tidak sepenuhnya dapar di cerna dengan baik, tetapi menahan air saat melewati usus anda. Air tersebut akan melunakkan BAB dan membantu meringankan sembelit.
Cobalah untuk mengambil sedikitnya 5-6 kurma dan tambahan kedalam susu anda. jangan lupa untuk di olah susu ini dan biarkan hingga dingin usahakan untuk mengomsumsinya dalam perut kosong pada di pagi hari.
Campuran susu dengan kurma akan memudahkan anda untuk mendapatkan serat yang dapat membuat BAB lancar melewati usus. Lalu, air tersebut akan melunakkan BAB dan membantu meringkan sembelit.
3. Susu Kurma Memperkuat Tulang

Khasiat Susu Kurma

pixabay com

Kalsium dan magnesium bekerja sebagai pendorong tulang manusia lebih kuat. Selain itu, tubuh juga mengelaurkan kalsium setiap hari butuh membutuhkan yang baru untuk menggantikan kalsium yang hilang.
Seperti anda yang diketahui bahwa konsumsi susu dapat memperkuat tulang. Namun, apakah susu kurma tersebut memiliki manfaat yang sama? Jawabannya adalah iya tepat sekali. Baik susu ataupun kurma akan kaya kalsium.
Bahkan kurma juga mengandung selenium, tembaga, dan magnesium yang bersifat memperkuat tulang anda. tidak juga tulang yang kuat, kandungan nutrisi juga membuat gigi kita menjadi lebih kuat. Maka itu, susu kurma banyak mengandung kalsium yang tinggi untuk kebutuhan kita.
4. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Khasiat Susu Kurma

pixabay com

Menurut penelitian dari Scientific World Journal, Kurma mengandung sifat anti penuaan dini, yaitu phytohormone. Hormon ini di nilai dapat membantu mengurangi efek penuaan yang sangat berpengaruh.
Siapa sangka konsumsi susu kurma ternyata bisa memberikan manfaat untuk kulit yang membuat lebih cerah dan lembut. Sementara itu, ketika anda akan memilih susu mungkin melihat label vitamin terlebih dahulu, terutama vitamin D pada kotaknya.
Hampir semua susu saou UHT telah Diperkaya oleh Vitamin D. vitamin D yang terkandung pada susu pun terdapat mambantu melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet dan mengurangi risiko kulit kering dan eksim.
Maka dari itu, campuran susu dan kurma memberikan efek yang baik bagi kesehatan kulit kita yang dibutuhkan saat ini.
Susu UHT atau Ultra High Temperature atau yang lebih akrab dengan sebutan UHT adalah metode pengolahan susu sapi yang dengan menggunakan teknologi pemanasan tingkat tinggi dalam waktu yang sebentar.
Dalam prosesnya, susu sapi akan di panaskan dengan suhu di atas 138 derajat celcius dalam kurun waktu 2-4 detik. Setelah melewati proses tersebut , susu akan langsung di kemas dalam karton atau kaleng steril. Ketimbang dengan susu lainnya, susu UHT memiliki waktu simpan yang memiliki waktu yang panjang dengan tidak dalam keadaan terbuka.
5. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf
Manfaat susu kurma memang banyak khasiat bagi tubuh, terutama saat anda menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan yang sebentar lagi yang akan kita jalani pada umat muslim. Kaya akan vitamin B, Kalium, dan natrium ternyata membuat manfaat susu kurma dapat menjaga kesehatan system saraf tubuh.
Kandungan nutrisi dan vitaminnya anda dapat manfaatkan ketika sahur dan berbuka puasa lancar dan tubuh tetap sehat. Ketiga nutrisi tersebut sangat di perlukan untuk tubuh agar dapat mengirimkan pesan dari tubuh ke otak, serta sebaliknya lewat system saraf tubuh.
Ion pada natrium dan kalium juga menghasilkan rangsangan saraf yang membantu menyampaikan pesan dari otak. Oleh karena itu, terlabih lagi konsumsi susu kurma menjadi alternatif yang baik untuk ingin yang system sarafnya tetap sehat.
6. Booster ASI
Beberapa kandungan pada kurma seperti tryptophan, diyakini dapat menghasilkan serotonin yang merupakan hormon yang bahagia. Selain enak dan kenyal, kurma yang di olah menjadi susu dapat memberikan manfaat sebagai booster ASI.
Kondisi tersebut dapat membuat ibu lebih tenang dan jauh dari stress. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurma yang di tambahkan sebagai sumplemen pada diet ibu menyusui dapat di ungkapkan bahwa kurma yang di tambahkan sebagai suplemen pada diet ibu menyusui dapat meningkatkan kualita ASI, mengurangi stress, dan meningkatkan kesehatan ibu secara keseluruhan.
Kondisi ibu yang jauh dari stress dan memiliki kadar prolactin yang sangat tinggi, dapat membuat produksi ASI meningkat dan Volume ASI pun semakin banyak. Serotonin itu juga dapat mencegah turunnya kadar prolactin yang diperlukan untuk produksi susu ibu.
7. Mengobati Anemia
Susu kurma dapat dipercaya mengatasi kondisi kekurangan sel darah merah karena kurma kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah dan sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh. Kekurangan sel darah merah atau anemia membuat jaringan tubuh kita mendapatkan oksigen yang cukup.
8. Meningkatkan Fungsi Seksual
Buah ini juga di kenal sebagai afrodisiak alami yang membuat merangsang daya seksual seseoarang. Manfaat susu kurma lainnya adalah dapat menyembuhkan gangguan seksual. Kurma kaya akan asam amino yang di yakini dapat meningkatkkan fungsi seksual.
Paduan kurma dan susu membuatnya kaya akan flavonoid yang dapat mengingkatkan jumlah dan kualitas pada sperma.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Khasiat Susu Kurma

pixabay com

Suatu studi yang dilakukan pada binatang percobaan menemukan bahwa kurma dapat mengurangi aktivitas protein beta-amyloid, yang dapat mengurangi kerja otak karena membentuk plak pada otak. Meskipun telah terbukti pada hewan, hingga kini belum ada penelitian yang di lakukan pada manusia.
10. Membantu Ibu Hamil Melahirkan
Dalam sebuah penelitian yang sudah di lakukan, 69 wanita yang mengomsumsi 6 buah kurma per harinya selama 4 minggu secara berturu-turut, memiliki 20% lebih besar untuk melahirkan normal di bandingkan dengan wanita yang tidak memakan buah kurma tersebut.
Jika anda tengah hamil dan menginginkan proses kelahiran yang normal, mungkin anda akan di rekomendasikan untuk mengonsumsi susu kurma tersebut. Beberapa penelitian sudah membuktikan kurma dapat mengurangi kebutuhan induksi pada saat persalinan.
Penelitian ini juga disebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kurma setiap hamil dapat membantu melunakkan serviks sehingga membantu mempercepat pembukaan sebelum melahirkan.
Disini juga ada resep susu kurma yang dosisnya sudah di sarankan
Bahan bahan yang di butuhkan untuk membuat susu kurma tersebut:
• 4-5 buah kurma utuh
• 1 cangkir susu sapi
• Bubuk kayu manis secukupnya dengan catatan jika anda inign menguatkan rasanya
Semua bahan tersebut di campurkan bahan-bahanya di atas ke dalam blender hingga halus dan tercapur rata. Minumlah setiap hari secangkir susu kurma tersebut, jika ada susu kurma yang tersisa, anda bisa menyimpannya di dalam kulkas.

Itulah pemaparan beberapa khasiat susu kurma yang bisa di konsumsi setiap harinya, semoga saja artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan apabila ingin mencobanya bisa anda lihat resep yang sudah disarankan untuk di konsumsi setiap hari.

Artikel yang terkait:

Terima Kasih.