Berbagai Amalan Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala Berlimpah

Berbagai Amalan Ramadhan – Saat mendengar kata Ramadan, Anda pasti akan langsung mengaitkannya dengan puasa. Menurut Wikipedia Puasa atau saum adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu.

Berbagai Amalan Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala Berlimpah

berbagai amalan ramadhan

wahdahorid

Ramadan adalan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Untuk menyempurnakannya, Anda harus melakukan beberapa amalan berikut ini dengan sebaik-baiknya.

9 Amalan yang Diutamakan di Bulan Ramadan

1. Puasa

Puasa Ramadan merupakan ibadah wajib yang memiliki banyak sekali keutamaan dan manfaat. Dengan berpuasa, Anda akan mendapatkan pahala, dosa-dosa akan dihapus, bahkan dapat terhindar dari berbagai penyakit.
Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Barang siapa berpuasa Ramadan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari 38 dan Muslim 760).

2. Salat Tarawih

berbagai amalan ramadhan

beritagarid

Selain ibadah wajib seperti puasa dan salat lima waktu, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah. Salah satu ibadah sunah yang paling utama saat bulan Ramadan adalah salat Tarawih.

Tarawih dikerjakan pada malam hari setelah salat Isya dan dilakukan selama bulan Ramadan. Tarawih termasuk ibadah sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena pahalanya yang luar biasa.

3. Membaca Al-Quran

berbagai amalan ramadhan

idntimescom

Ada banyak cara untuk menghidupkan bulan Ramadan, salah satunya dengan rajin membaca Al-Quran. Dan tentunya akan lebih baik bila Anda tidak sekadar membaca, tetapi juga memahami, mempelajari, sekaligus mengamalkan apa yang ada di dalam Al-Quran.

4. Sedekah

berbagai amalan ramadhan

appletreebsdcom

Bersedekah di hari biasa akan dicatat sebagai amal baik. Namun, bila dilakukan saat bulan Ramadan, pahala yang Anda dapatkan bisa berlipat ganda. Bersedekah pun bisa dalam bentuk apa saja, salah satu yang utama adalah memberi makan pada orang yang berbuka puasa.

“Barang siapa yang memberi buka orang yang puasa maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR. Tirmidzi)

5. Memperbanyak zikir dan doa

berbagai amalan ramadhan

nuorid

Ramadan sering disebut-sebut sebagai bulan penuh berkah dan ampunan, jadi Anda pun tidak boleh melewatkannya begitu saja. Isilah bulan Ramadan dengan memperbanyak zikir untuk mengingat Allah sekaligus berdoa memohon ampun kepada-Nya.

6. Berdakwah

berbagai amalan ramadhan

islamposcom

Amalan bulan Ramadhan lainnya yang tak boleh dipandang remeh adalah berdakwah. Berdakwah sebenarnya adalah kewajiban setiap orang Islam, dan siapapun bisa melakukan hal tersebut sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya masing-masing.

Anda tidak perlu menjadi seorang ustaz atau ustazah untuk berdakwah. Cukup dengan menyebarkan pengaruh positif, mengamalkan ilmu Al-Quran, menunjukkan sikap yang baik dan islami, maka Anda sudah termasuk melakukan dakwah.

7. Iktikaf demi mendapatkan lailatul qadar

Momen paling istimewa pada bulan Ramadan terletak pada 10 hari terakhirnya, karena di waktu-waktu inilah terdapat lailatul qadar atau malam seribu bulan. Itulah kenapa umat Islam dianjurkan lebih memperbanyak ibadah menjelang akhir bulan Ramadan.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan iktikaf, yaitu berdiam diri di masjid untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Selama iktikaf, Anda dianjurkan berdoa, berselawat, memperbanyak zikir, dan tentunya muhasabah diri.

8. Umrah

bliblicom

Umrah saat bulan Ramadan memiliki nilai dan pahala yang sama seperti menunaikan haji. Akan tetapi, hal itu bukan berarti umrah di bulan Ramadan bisa menggantikan ibadah haji. Hal ini sesuai dengan hadis berikut:
“Umrah pada bulan Ramadan senilai dengan haji.” (HR. Muslim 1256)

9. Zakat fitrah

nucareid

Zakat fitrah adalah amalan yang wajib dilakukan oleh umat Islam dan merupakan penyempurna ibadah puasa. Sebagai orang muslim, Anda harus mengeluarkan zakat berupa 2,5 kg atau 3,5 liter beras per orang dalam anggota keluarga yang Anda tanggung.

Zakat berupa beras dapat Anda berikan langsung kepada penerima. Atau, Anda dapat mempercayakan lembaga penyalur zakat dengan menyerahkan sejumlah uang yang senilai dengan ketentuan berat beras.
Nantinya, panitia penyalur zakat akan ‘mengonversi’ uang Anda menjadi beras sebelum menyalurkannya kepada penerima.

Itulah berbagai amalan bulan Ramadhan yang sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh. Ramadan adalah waktu yang sangat tepat untuk memperbaiki diri dan mencari rida-Nya, maka sempurnakanlah ibadah Anda dengan melakukan semua amalan tersebut.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply