Keutamaan Bulan Ramadhan, Momen Istimewa bagi Umat Islam

Keutamaan Ramadan -Menurut Wikipedia, Ramadhan adalah bulan ke sembilan dari kalender Hijriyah dan dirayakan oleh umat Islam di seluruh Dunia dengan berpuasa dan perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu dari rukun Islam.

bisa dibilang sebagai bulan yang paling membahagiakan bagi umat Islam. Ada banyak keutamaan bulan Ramadhan sehingga momen ini sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Keutamaan Bulan Ramadhan, Momen Istimewa bagi Umat Islam

Keutamaan bulan Ramadhan

muslimobsessioncom

6 Keutamaan Bulan Ramadan Bukan tanpa alasan bila bulan Ramadan selalu diistimewakan oleh umat Islam. Berikut ini adalah beberapa keutamaan Ramadan yang harus Anda ketahui.

1. Bulan penuh berkah

Keutamaan bulan Ramadhan

bincangsyariahcom

Ramadan sering dijuluki sebagai bulan yang penuh berkah. Di bulan ini setiap umat Islam pasti akan berlomba-lomba melakukan ibadah dan berbagai amal baik. Hal ini karena pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.
Selain itu, ada pula amalan-amalan khusus yang hanya bisa dikerjakan saat bulan puasa tiba, misalnya salat Tarawih. Tarawih termasuk amalan sunah muakkad, artinya ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dan memiliki pahala yang besar.

2. Bulan penuh ampunan

Keutamaan bulan Ramadhan

wajibbacacom

Ramadan juga sering disebut sebagai bulan pengampunan dosa. Itulah kenapa setiap muslim yang berhasil menjalani bulan Ramadan dengan baik, diibaratkan seperti bayi yang baru lahir dan bersih dari dosa.
Rasulullah Saw. bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari Muslim)

3. Dibukanya pintu surga dan pintu neraka ditutup

Keutamaan bulan Ramadhan

hijazid

Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah Allah membuka pintu-pintu surga. Sebaliknya, pintu neraka ditutup dan setan akan dibelenggu. Hal ini menandakan bahwa Allah Swt. memberi kemudahan dan keberkahan pada umat-Nya yang melakukan kebaikan.

4. Setiap doa akan dikabulkan

Keutamaan bulan Ramadhan

kisahhikmahcom

Salah satu keistimewaan Ramadan yang tidak terjadi di bulan-bulan lainnya adalah doa Anda akan dikabulkan oleh Allah Swt. Inilah kenapa Ramadan selalu disebut-sebut sebagai bulan yang penuh keberkahan yang sayangnya hanya datang sekali dalam setahun.

5. Malam Lailatul Qadar

brilionet

Pada saat bulan Ramadan, terdapat satu malam yang sangat istimewa dan disebut lailatul qadar. Malam ini menandakan turunnya kitab suci Al-Quran dan kerap disebut sebagai malam seribu bulan.

Lailatul qadar ada pada 10 hari terakhir Ramadan, dan di saat inilah Allah menjamin pengampunan dosa sekaligus mengabulkan doa-doa baik hamba-Nya. Jadi, jangan heran bila semua muslim selalu berlomba-lomba memburu malam lailatul qadar di akhir Ramadan.

6. Umrah di bulan Ramadan sama dengan haji

pasberitacom

Khusus bagi Anda yang berencana untuk umrah, ada baiknya melaksanakan ibadah tersebut saat bulan Ramadan. Pasalnya, umrah pada bulan Ramadan punya pahala yang senilai dengan ibadah haji, bahkan seperti berhaji bersama Rasulullah Saw.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah pernah bertanya pada seorang wanita, “Apa yang menghalangi Anda melaksanakan haji bersama kami?”. Lalu dia berkata, ”Kami hanya mempunyai dua ekor unta untuk menyiram tanaman.

Bapak dan anaknya menunaikan haji dengan membawa satu ekor unta dan kami ditinggalkan satu ekor unta untuk menyiram tanaman.”

Rasulullah kemudian bersabda: “Jika datang bulan Ramadan tunaikanlah umrah, karena umrah (di bulan Ramadan) seperti haji”. Dalam riwayat Muslim: “(seperti) haji bersamaku,” (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256).

Meski demikian, patut dipahami bahwa umrah di bulan Ramadan tetap tak bisa menggantikan haji, karena yang senilai hanyalah soal keutamaan dan pahalanya saja. Jadi bila mampu, Anda tetap punya kewajiban berhaji meskipun sudah pernah umrah di bulan Ramadan.

Nah, itulah beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Yang paling penting adalah jangan hanya rajin beramal saat bulan puasa saja, tetapi selalu perbaiki diri dan tingkatkan kualitas ibadah meskipun Ramadan telah usai.

Artikel Terkait :

Leave a Reply