[PIDATO TERBAIK] #5 Contoh Pidato Tentang Pendidikan | Berkarakter | Moral

Contoh Pidato Tentang Pendidikan– setiap manusia berkewajiban mendapatkan pendidikan yang layak baik secara formal maupun nonformal, dalam pelaksanaannya pendidikan haruslah memberikan perlakuan sama tanpa memandang perbedaan dari latar belakang setiap peserta didik.

Menurut pengertiannya pendidikan formal merupakan kegiatan pendidikan yang di laksanakan dalam suatu lembaga pendidikan yang mempunyai kurikulum yang disusun secara sistematis sesuai tingkatannya , selain itu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan ini sudah diakui keberadaannya oleh pemerintah seperti Sdn, Min, Mtsn, dan Man

Sedangkan pendidikan nonformal ialah pendidikan yang didapat dari lingkungan sekitar, tanpa ada kurikulum yang mengikatnya, pendidikan ini bisa di dapat dari siapa saja, dimana saja dan kapan saja, baik pada keluarga, les private,keterampilan dan lain-lain

Suatu pendidikan sangatlah diperlukan dalam kehidupan baik masa sekarang maupun yang akan datang, dengan memperoleh pendidikan kehidupan akan semakin baik yang tentunya juga akan merubah pola pikir yang lebih baik sehingga akan menumbuhkan generasi-generasi muda yang cerdas, unggul dan peduli dengan sesama dan nantinya akan menjadi batu loncatan para pendiri bangsa yang lebih dari sekarang.

Membahas tentang pendidikan di Indonesia, pada zaman sekarang sudah mulai diterapkan program pendidikan yakni wajib belajar 12 tahun, maka dari itu dengan diterapkannya pendidikan wajib belajar 12 tahun ini diharapkan akan mencetak generasi penerus bangsa yang mendapatkan pendidikan baik dan layak.

Sehingga mampu bersaing dengan dunia luar dan bisa menjadi orang yang terdepan serta bisa mengharumkan nama bangsa dan negara tanpa menghilangkan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas bangsa.

Contoh pidato tentang Pendidikan wajib belajar 12 tahun telah lama banyak di sampaikan, pidato ini biasanya disampaikan oleh orang yang peduli pada dunia pendidikan seperti pada materi pendidikan, guru, lembaga dan lain sebagainya.

Pada pidato pendidikan selain menyampaikan tentang wajib belajar 12 tahun, biasanya juga disampaikan tentang hal lain yang berkaitan dengan dunia pendidikan seperti pentingnya belajar agama, belajar akhlak, menjaga kesehatan, lingkungan,menumbuhkan motivasi pada siswa dan sebagainya.

[PIDATO TERBAIK] #5 Contoh Pidato Tentang Pendidikan | Berkarakter | Moral

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

cinemapoetica com

Berikut contoh pidato tentang pendidikan. Pidato merupakan sebuah kegiatan yang mempunyai tujuan tertentu untuk memberikan sebuah ide atau gagasan kepada beberapa orang yang mendengarkanya. sedangkan mengutip dari wikipedia pidato merupakan sebuah kegiatan yang menyapaikan pendapat didepan umum atau berorasi

Meskipun disampai kan dalam kata-kata, ada beberapa hal yang harus juga diperhatikan saat menyampikan pidato agar pesan yang disampaikan akan diterima dengan baik oleh pendengar diantaranya, mimik wajah, intonasi dalam berbicara, dan sikap saat menyampaikan jangan sampai berbuat hal yang dianggap mengganggu saat penyampaian pidato.

Dalam penyampaian pidato, orang yang ada disekitar bukan hanya mendengarkan apa yang kita sampaikan, namun juga memperhatikan bagaimana cara penyampaian dan tampilan saat seseorang berbicara menyampaikan pidatonya, baik dari mimik wajah, gerak tubuh, penampilan dan lainnya.

Buat anda yang sedang bingung dan sangat memerlukan referensi tentang contoh-contoh pidato singkat yang berkaitan dengan dunia pendidikan, contoh dibawah ini bisa membantu dalam mengatasinya, berikut contoh pidato yang bisa dijadikan tambahan referensi.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

widini blogspot co id

Assalamu’alaikum Wr.WbYang saya hormati Kepala Sekolah MTSN 3 Banjarmasin
Yang saya hormati Wakil kepala sekolah MTSN 3 Banjarmasin
Yang saya hormati guru-guru MTSN 3 Banjarmasin
Serta seluruh murid MTSN 3 Banjarmasin

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah saw, berkat taufiq dan hidayahnya jualah kita dapat berkumpul pada pagi hari yang cerah ini serta masih diberikan kekuatan iman, islam, dan ihsan dan kesehatan.

Shalawat serta salam selalu tercurah kepada keharibaan kita Nabi besar Muhammad Saw, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.

Pada kesempatan ini izinkan saya untuk mengajak para hadirin semua mengingat kembali tantang hal yang mengakibatkan globalisasi dari pola hidup yang dilakukan. Selain itu saya akan menyampaikan beberapa pengaruh dari globalisasi dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Kata globalisasi berasal dari kata global yang berarti mencakup semua atau menyeluruh. Globalisasi merupakan suatu proses dalam menyebarkan hal-hal yang baru baik berupa informasi yang berkaitan dengan kehidupan sosial, maupun pendidikan yang disalurkan atau disampaikan melalui berbagai media.

Seperti cetak yang berupa, Koran, majalah dll, maupun media eletronik seperti, televisi serta media sosial berbasis aplikasi yang sering kita jumpai dimasa sekarang.

Globalisasi sangat mempengaruhi dalam seluruh aspek kehidupan dimasa sekarang. Contohnya dalam transportasi, di zaman sekarang banyak sekali kita jumpai alat transportasi yang dapat digunakan untuk bepergian tanpa memerlukan tenaga lebih untuk memanggilnya.

Namun hanya bermodalkan aplikasi androit, alat transportasi yang kita pilih untuk mengantarkan kita pada suatu tempat akan datang menjemput ditempat kita berada. Maka dari itu pada aplikasi ini bagi kebanyakan orang sangatlah mempermudah dalam melakukan kegiatan di keseharian.

Hal tersebut sangat berbeda jauh dengan zaman dahulu, yang mana pada zaman dahulu jika seseorang ingin bepergian maka ia harus menuju tempat tersebut dengan berjalan kaki tanpa menggunakan transportasi seperti sekarang.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

kebudayaan kemdikbud go id

Meskipun ada tersedia alat trasportasi, alat itu tidak bisa digunakan semua orang namun hanya bisa digunakan oleh orang yang tergolong mampu untuk memilikinya.

Selain dalam bidang transportasi, sistem telekomonikasi juga memberikan dampak global untuk kehidupan pada zaman sekarang. Contohnya saja handphone, pada zaman sekarang handpone sudah mengalami perubahan cara penggunaan yang sangat drastis.

Dulunya handpone hanya berfungsi sebagai alat komonikasi dengan telepon maupun sms, sekarang fungsi dalam penggunaannya sudah bertambah, bukan lagi hanya sekedar telepon maupun sms namun juga bisa chatting, permainan, aplikasi jasa dan lain sebagainya, hal ini sangat mempermudah semua kegiatan yang diperlukan.

Selanjutnya dalam penggunaan internet juga sudah mengalami pengaruh globalisasi, penggunanya tidak memandang usia baik muda maupun tua, anak-anak maupun orang dewasa, sampai bayi usia 2 dan 3 tahun sudah bisa menggunakannya.

Hal ini sangat diperlukan perhatian orang tua dalam mengawasi anak yang sudah bisa menggunakan internet, karna tidak semua yang disajikan merupakan hal positif namun hal negative juga bisa mereka akses jika orang tua tidak mengawasi.

Sifat anak-anak yang suka meniru sangat mempengaruhi perkembangannya jika yang mereka lihat dan menonton hal yang tidak layak, maka dalam pertumbuhannya kelak akan memberikan sesuatu perilaku yang negatif.

Dampak dari globalisasi juga merambat pada dunia kuliner di Indonesia, sekarang banyak orang yang menggemari makanan siap saji dan makanan yang berasal dari luar negeri seperti pizza, kebab dan lainnya, kita sebagai manusia yang berada pada zaman ini harus bisa menyikapi dan menjaga kekhasan negara kita jangan sampai makanan dari Indonesia yang kaya rempah kalah tenar dengan makan luar negeri.

Hal berikutnya yang mendapatkan dampak dari globalisasi yakni pada fashion, pada sudut pandang ini sudah secara jelas dilihat perubahan fashion dari dulu dan sekarang yang mulai mengikuti dunia luar dan seakan berpakaian dengan pakaian yang kekurangan bahan kain.

Hal ini sudah memberikan kesan yang kurang baik dan memberikan contoh yang tidak semestinya bagi bangsa indonesia dari beberapa aspek yang dipaparkan diatas, sudah menandakan bahwa pengaruh globalisasi sudah merambat pada semua kalangan dan aspek kehidupan tanpa memandang umur, status dan lainnya.

Tinggal kita sebagai manusia yang berpendidikan memilah dan memilih manahal yang patut dicontoh dan tidak, sehingga kita bukan hanya sekedar pemakai saja namun seharusnya juga bisa sebagai pencipta yang dapat mengenalkan budaya sendiri kerancah internasional.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan bisa merubah pola pikir anda bahwa janganlah hidup mengharapkan hasil karya orang lain, namun buatlah suatu hal yang bermanfaat serta timbulkan ciri khas dari negara kita sendiri sehingga orang luar tertarik dan menggunakan hasil dari negara kita dengan bangganya.

Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum Wr Wb.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Berkarakter

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

balaikita com

Karakter merupakan suatu hal yang harus ada pada tiap negara, karna hal ini merupakan suatu identitas dari kepribadian negara tersebut, misalnya saja Indonesia yang dikenal dengan negara yang ramah, dan santun.

Dalam beberapa pidato yang disampaikan oleh para tokoh pendidikan, karakter merupakan hal penting yang selalu dicanangkan dalam setiap pidato. Berikut contoh pidato tentang pendidikan karakter.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah saw, berkat taufiq dan hidayahnya jualah kita dapat berkumpul pada pagi hari yang cerah ini serta masih diberikan kekuatan iman, islam, dan ihsan dan kesehatan. Shalawat serta salam selalu tercurah kepada keharibaan kita Nabi besar Muhammad Saw, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada untuk menyampaikan pidato, kali ini saya akan menyampaikan tentang pendidikan karakter, yang mana pendidikan karekter ini sangatlah penting untuk diketahui dan kemudian harapnnya bisa diamalkan, sehingga akan menjadikan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak yang baik.

para hadirin yang saya hormati

Pada zaman sekarang kita sudah memasuki krisis moral khususnya dikalangan remaja yang mulai meninggalkan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas bangsa sejak dulu, hal ini tidak bisa dianggap enteng namun harus ditangani dengan serius serta harus diberi perhatian lebih, apalagi bagi orang-orang yang punya tanggung jawab dibidang pendidikan.

Kasus krisis moral ini bukan hanya isu belaka, namun ada beberapa penelitian yang sudah membuktikan, salah satunya dari lembaga independen menerangkan bahwa sekitar 65% remaja pada zaman sekarang sudah terjerumus dalam lembah hubungan seks dengan lawan jenis maupun sesama jenis yang seharusnya tidak di lakukan pada usia mereka.

Selain dalam hubungan seks, ternyata dalam narkotika pun saat ini sudah tidak terbendung lagi, terutama pada remaja, hal ini sesuai dengan data dari BNN yang mengatakan bahwa pemakai narkotika pada usia remaja sudah mencapai 79% pada tahun 2015 dan dalam tiap 7 menit terdapat korban yang meninggal dunia akibat narkoba , bisa anda bayangkan betapa mirisnya hati kita melihat banyak sekali generasi muda yang tejerumus kedalam obat-obatan terlarang tersebut.

Hadirin yang saya hormati,

Dari data yang dipaparkan tadi sudah jelas tergambarkan tentang bagaimana kondisi yang terjadi di negara kita saat ini. Lalu selama ini dimanakah peran pendidikan yang seharusnya diberikan oleh sekolah, guru, dan orang tua? Kenapa para remaja saat ini banyak yang terjerumus dengan perbuatan yang tidak mencerminkan identitas bangsa, dan malah merusak nama bangsa sendiri?

Ternyata setelah diadakan penelitian, hasilnya sangat mengejutkan, penyebab remaja yang melakukan hal-hal yang menyimpang seperti itu dikarenakan kurangnya pendidikan karakter yang diberikan di sekolah seperti progam sekolah yang hanya ingin mengejar target nilai siswa dan bukan mendidik anak untuk merubah sikap serta perilaku yang lebih baik, maupun lingkungan keluarga, yang menyebabkan mereka berani melakukan hal seperti itu.

Maka dari itu sebagai lembaga sekolah, sudah sepatutnya mencanangkan pendidikan karakter untuk setiap siswanya, pendidikan karakter bukan hanya tanggung jawab guru agama, namun pada pembelajaran yang lain pun harus menyisipkan pendidikan karakter pada saat pembelajaran berlangsung

Cukup sekian pidato dari saya, semoga hal yang disampaikan bisa membuka pemikiran kita semua, bahwa guru sebagai pendidik bukan pengajar yang menyampaikan suatu ilmu saja lalu pulang, namun guru mempunyai tanggung jawab yang sangat penting dalam merubah perilaku siswa yang lebih baik. Salah khilaf mohon maaf
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato tentang Pendidikan Moral

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

galeriuny ac id

Berikut contoh pidato tentang pendidikan moral :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah saw, berkat taufiq dan hidayahnya jualah kita dapat berkumpul pada pagi hari yang cerah ini serta masih diberikan kekuatan iman, islam, dan ihsan dan kesehatan. Shalawat serta salam selalu tercurah kepada keharibaan kita Nabi besar Muhammad Saw, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang yang behiasan iman, islam, dan ihsan

Hadirin yang berbahagia

Dalam kesempatan ini izinkan saya untuk menyapaikan pidato tentang pendidikan moral bagi kehidupan sosial di masyarakat yang merupakan ciri khas dari bangsa kita yakni bangsa yang sopan, santun dan beretika.

Hadirin yang berbahagia

Bangsa yang kuat ialah bangsa yang masyarakatnya mempunyai moral dalam bertingkah laku kepada sesama manusia,maka dari itu sangatlah penting untuk kita sebagai penerus bangsa menjaga dan mengamalkan moralitas yang baik dan benar tanpa terpengaruh dengan hal buruk yang ada pada bangsa lain, karena hal ini akan merusak ciri khas dari nilai-nilai yang kita jaga sampai sekarang

Dalam kehidupan sekarang manusia seakan dimanjakan dengan hal yang serba praktis dan memanjakan bagi setiap penggunananya, hal ini didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin mudah, sehingga dalam setiap aktivitas terasa sangat mudah dilakukan, tanpa perjuangan yang berarti.

Namun dengan kemajuan teknologi kita harus pintar dalam memanfaatkannya, jangan sampai kita diperbudak oleh teknologi yang canggih, tetapi kitalah yang harus cerdas dalam memanfaatkan dan mengarahkannya kepada hal yang positif

Saudara- saudara sekalian

Anak-anak merupakan tanggung jawab besar bagi orang tua agar dapat menjaga dan mengawasi mereka dalam pergaulannya, sehingga terhindar dari pengaruh negatif yang dapat merusak kepribadian mereka.

Sebagai orang tua haruslah selalu memberikan nasehat dan arahan kepada anak-anaknya,sehingga dapat mencegah dari hal yang dapat menjerumuskan mereka keperilaku menyimpang, dan akan menanamkan sikap menolak pada sesuatu yang mungkin akan mempengaruhinya.

Nasehat dan arahan bisa dilakukan sejak usia dini dengan cara memberikan waktu untuk keluarga saling tukar menukar pendapat, mendengarkan keluh kesah mereka dan berusaha menanamkan cara pandang yang baik untuk mengatasi suatu masalah

Hadirin yang saya cintai

Marilah kita sebagai penerus bangsa menjunjung tinggi kekhasan dari bangsa kita yang dikenal dengan keramahan dan kesantunannya, mulailah dari diri sendiri kemudian dalam kehidupan keluarga kita, agar bangsa ini selalu terjaga dari hal yang akan merusak nama baik bangsa.

Semoga apa yang saya sampaikan dapat memperbaiki hal yang dirasa kurang dalam kehidupan kita sekarang, dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, salah khilaf mohon maaf
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Narkoba

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

tirto id

Berikut contoh pidato tentang pendidikan Narkoba sebagai berikut :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah saw, berkat taufiq dan hidayahnya jualah kita dapat berkumpul pada pagi hari yang cerah ini serta masih diberikan kekuatan iman, islam, dan ihsan dan kesehatan. Shalawat serta salam selalu tercurah kepada keharibaan kita Nabi besar Muhammad Saw.

Beliaulah sosok panutan bagi seluruh alam, yang telah memberikan pengorbanan yang tiada tandingannya untuk umannya sekalian.

Pengguna narkoba di Indonesia sudah sangat memprihatinkan, hal ini disebabkan lemahnya hukum di Negara ini, bandingkan saja dengan negara lain yang tidak segan menghukumi secara berat bagi siapapun yang mengedarkan barang haram tersebut.

Penggunaan narkotika yang tidak sesuai dengan prosedur telah memberikan pengaruh yang sangat besar, dan berakibat fatal bagi kehidupan si pemakai diantaranya, kesehatan, perilaku yang menyimpang, menurunya kualitas hidup, suka berbuat anarkis dan lainnya.

Narkoba yang disalahgunakan ini sebenarnya dapat saja di antisipasi jika dilakukan dengan cara yang baik, seperti tidak bergaul dengan orang-orang yang menggunakan barang itu, punya pendirian yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh dengan rayuan yang akan menyebabkan kita menggunakannya.

Pada kehidupan sekarang remaja dan anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan hal seperti ini, maka dari itu sekolah sudah seharusnya memberikan perhatian lebih kepada siswa-siswinya agar tidak mendekati hal yang akan merusak hidupnya dimasa akan datang.

Salah satunya bisa dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan kepada orang tua murid tentang dampak dan bahaya dari mengonsumsi narkoba, yang secara tidak langsung nantinya juga akan merubah pola asuh orang tua kepada ananknya, agar lebih bisa berhati-hati dan lebih memperhatikan pergaulan anak-anaknya.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk mencegah narkoba ialah dengan mengidentifikasi secara langsung dan mendadak terdapat anak yang dicurigai memakai barang haram tersebut dan jika terbukti memakai maka akan ditindak lanjuti, selain itu pengamanan disekolah juga harus diperketat dengan cara mewaspadai setian tamu yang datang dan mengecek barang bawaannya.

Dari beberapa cara yang disampaikan tadi, semoga dapat memberikan pemikiran yang lebih luas kepada kita demi meningkatkan kualitas kehidupan bangsa yang baik dan bebas dari narkoba. Cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, kekurangan dari dalam diri saya dan kelebihan hanya semata-mata dari Allah yang maha kuasa, terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Kesehatan

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

berita berkemajuan com

Berikut contoh pidato tentang pendidikan kesehatan sebagai berikut :

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat karunia Nyalah kita dapat dipertemukan pada pagi hari ini dengan keadaan sehat dan tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Dalam kesempatan yang baik ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang ““Menjaga Kesehatan untuk Menyongsong Masa Depan”.?????

Dalam kehidupan hal yang sangat penting ialah kesehatan, tanpa disadari kesehatan merupakan hal yang tidak bisa dielakkan pada kehidupan, tanpa kesehatan semua aktivitas akan terhambat seketika, semua tugas akan terbengkalai dan tidak akan selesai pada waktunya, pada kondisi sekarang ini penyakit dapat menyerang bisa dimana saja dan kapan saja tanpa memandang usia penderitanya.

Maka dari itu kesehatan merupakan suatu hal yang harus di nomor satukan dalam kehidupan, jika tubuh sehat maka semua aktivitas akan berjalan dengan lancar sehingga apa yang ingin dicapai akan diperoleh dengan mudah sesuai usaha yang dilakukan.

Khususnya bagi para pelajar, pelajar sudah sepatutnya menjaga kesehatannya karena banyak tuntutan yang harus diselesaikan dalam dunia pendidikan sehingga sangat memerukan kesehatan untuk mengerjakan semua tanggung jawab itu.

Hal ini bisa dilakukan dari kegiatan yang sederhana seperti bangun pagi, sarapan sebelum berangkat, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang mendukung aktivitasnya, olah raga, banyak meminum air putih, dan mempunyai istirahat yang cukup.

Tidak kalah pentingnya seharusnya kita menjaga kesehatan tubuh dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan disekitaran kita tinggal, agar kesehatan tetap terjagam karena lingkungan yang kotor akan mempengaruhi kesehatan dan dapat menjadi sumber penyakit dikemudian hari.

Maka dari itu marilah kita jaga kesehatan diri dari sekarang, jangan biarkan tubuh ini akan merasakan sakit dikemudian hari, mulailah dengan pola hidup sehat dan teratur.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga hidup kita bisa lebih sehat, terimakasih atas perhatiannya
Wassalamu’alaikum.Wr.Wb

Ituah tadi beberapa contoh pidato tentang pendidikan semoga dapat menjadi tambahan refernsi anda dan dapat bermanfaat bagi anda serta para pendengarnya. Terima kasih ^-^

Salam sahabat hatma.net “tebar manfaat dengan berbagi satu artikel”

Leave a Reply