karya tulis, dan jenis – jenisnya

Karya tulis – menurut ruangilmiah karya tulis merupakan hasil karangan dalam bentuk tulisan yang merupakan hasil pikiran, hasil pengamatan, tinjauan dalam bidang tertentu dan disusun secara sistematis.

Macam – macam jenis Karya Tulis

karya tulis

penerbitdeepublishcom

Banyak contoh karya tulis yang sering ditemui sehari-hari, baik itu di koran, buku pelajaran, atau bahkan jurnal. Dan tiap karya tulis umumnya memiliki gaya penulisan dan pembahasan yang berbeda-beda. Jika ingin menulis, pertama Anda harus tahu dulu untuk siapa tulisan itu dibuat.

Karya Ilmiah

karya tulis

yuksinauid

Karya tulis ilmiah membahas suatu masalah atau peristiwa dan bersifat netral, tapi juga membeberkan solusi atas masalah tersebut yang didasari fakta dan data yang akurat. Pada dasarnya, karya ilmiah berfungsi sebagai bahan latihan penyelesaian masalah dan pengembangan akademik.

Makalah: karya ilmiah yang paling umum dan berfokus pada suatu masalah tertentu, beserta solusi penyelesaian masalah dan metode penelitian. Makalah sering ditemui sebagai tugas akademik maupun non-akademik.

Tesis: karya ilmiah satu ini cenderung bersifat argumentatif, yang didasari fakta dan/atau opini. Tesis sering digunakan sebagai tolak ukur sejauh mana Anda bisa mempertahankan argumen dan memahami semua yang telah dipelajari.

Disertasi: karya yang wajib ditulis mahasiswa yang berencana untuk meraih gelar doktor. Disertasi berisi analisis dengan data yang dapat dibuktikan. Disertasi juga sering diikuti dengan penemuan baru yang orisinal hasil kerja si penulis itu sendiri.

Surat pembaca: Yang satu ini umumnya pendek dan bersifat konstruktif. Tujuannya, yakni memberikan opini, kritik, dan saran untuk meningkatkan kualitas suatu layanan, hasil pekerjaan, atau produk.

Artikel

karya tulis

masterseoid

Artikel umumnya bersifat subjektif dan berguna untuk memperlihatkan suatu masalah dari sudut pandang tertentu. Artikel termasuk karya yang paling sering ditemui dan mudah dibuat karena tidak memerlukan cara penulisan yang kompleks dan memiliki banyak fungsi.

Resensi

karya tulis

satryame

yang satu ini umumnya bersifat subjektif, dan sering berisi penilaian terhadap karya seni lain, seperti lukisan, musik, buku, puisi, dan film. Resensi berisi kelebihan dan kekurangan dari karya yang dinilai dan umumnya bisa ditemui di surat kabar dan majalah.

Dongeng

karya tulis

tirtoid

Dongeng pasti sudah akrab dengan Anda. Dongeng adalah karya tulis yang umumnya berisikan cerita rakyat berdurasi pendek dan mengandung pesan tertentu. Karya tulis ini biasanya ditujukan untuk anak kecil dan bisa diartikan sebagai pelajaran moral, belajar membaca, atau sekedar hiburan.

Novel

tempoinstitudeorg

Novel adalah cerita panjang yang memiliki unsur ekstrinsik dan intrinsik. Novel memiliki alur cerita yang jauh lebih padat dibanding dongeng atau cerita pendek lain karena seringkali mengangkat tema yang lebih berat. Penulis yang menulis novel disebut novelis.

Novel termasuk karya yang sangat digemari karena memiliki banyak jenis, mulai dari drama, misteri, komedi, sampai horor. Karenanya, novel mengandung banyak emosi. Usia pembacanya juga beragam, tetapi biasanya rata-rata pembaca dan penulisnya adalah remaja hingga dewasa.

Puisi

subagiowaluyoblogspotcom

Tidak seperti yang lain, puisi biasanya ditulis dalam ungkapan dan tidak bisa langsung diartikan secara harfiah. Puisi biasanya berisi pesan moral, perasaan atau isi pikiran, dan kesan si penulis terhadap sesuatu.
Puisi sepintas mirip lagu; karya tulis ini memiliki nada dan irama sendiri. Gunanya adalah memudahkan pendengar atau pembaca menangkap maksud dari puisi tersebut dan dapat menyentuh perasaan.

Itulah beberapa macam contoh karya tulis. Dari berbagai macam contoh tersebut, Anda bisa mengetahui bahwa menulis itu bisa lebih dari sekedar hobi atau pekerjaan. Sebuah karya tulis, jika dirangkai dengan baik dan benar, dapat memberikan dampak lebih bagi pembaca atau pendengar.

Artikel Terkait:

Leave a Reply