Permainan Jadul yang Mulai Jarang Terlihat

Permainan Jadul – Menurut Wikipedia, Permainan atau Game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok).

Permainan Jadul yang Mulai Jarang Terlihat

permainan jadul

idntimescom

Dahulu, ketika akses teknologi masih terbatas, banyak anak-anak yang sering bermain di luar, bersosialisasi dengan teman-teman. Dari situlah mulai dikenal permainan jaman dulu yang memiliki sisi nostalgia jika diingat kini.
Anda bahkan mungkin pernah mendengar atau ikut bermain dalam beberapa jenis permainan ini.

Lompat Tali

permainan jadul

dictioid

Salah satu permainan jadul adalah lompat tali. Umumnya, permainan ini lebih sering dilakukan oleh anak-anak perempuan dan minimal dimainkan oleh tiga orang. Namun, tak jarang anak-anak lelaki ikut memainkannya.

Tali yang digunakan biasanya dari karet karena murah dan mudah ditemukan di mana-mana, tetapi bisa juga dibuat dari bahan lain.

Sesuai namanya, permainan ini dilakukan dengan dua orang memutar tali, sedangkan satu orang lagi berdiri di tengah sambil melompati tali dan berusaha untuk tidak menginjak atau menyentuh tali.

Permainan ini bisa juga sebagai latihan koordinasi dan keseimbangan tubuh. Karenanya, meski lompat tali mulai jarang dimainkan, masih ada saja beberapa orang yang masih memainkannya sebagai olahraga ringan.

Egrang

permainan jadul

youtubecom

Cara memainkan egrang bisa dibilang agak sulit. Untuk memainkannya, Anda harus bisa menyeimbangkan tubuh, selagi berdiri di atas pijakan bambu atau kayu. Namun tidak hanya sekadar berdiri, namun Anda juga harus bisa berjalan dengan bambu atau kayu tersebut tanpa terjatuh.

Jika dilihat, berdiri di atas egrang memang agak menyeramkan, terutama jika Anda takut pada ketinggian. Meski sulit, permainan ini termasuk asyik dan menyenangkan, apalagi jika dimainkan beramai-ramai.

Permainan ini juga bisa membuat anak-anak merasa kompetitif. Ini karena egrang dimainkan dengan dua cara: adu kecepatan atau saling menjatuhkan.

Petak Umpet

permainan jadul

temanmainid

Permainan ini cukup populer pada masanya karena memang seru dan menyenangkan. Terlebih lagi, petak umpet bisa dimainkan oleh banyak orang di mana pun, meski tempat terbuka dan luas umum dipilih.

Peraturannya, salah satu dari pemain harus menjadi penjaga, lalu berhitung sampai 10 sambil menutup mata selagi yang lain bersembunyi di sekitar arena permainan.

Tugas penjaga adalah mencari pemain yang bersembunyi. Jika menang, Anda bebas menunjuk salah satunya untuk menjadi penjaga berikutnya.

Petak umpet bisa ditemukan di seluruh negara. Namun, cara bermain di Indonesia termasuk unik, karena umumnya ada aturan tambahan. Selain bersembunyi, pemain juga harus bisa mencapai dan menyentuh base camp (tempat penjaga berhitung) tanpa terlihat atau tertangkap untuk menang.

Benteng

utakatikotakcom

Permainan ini memiliki aspek perang, kompetisi, dan strategi untuk menang. Benteng juga bisa berlangsung sangat lama, tergantung bagaimana cara dan gaya bermainnya. Intinya, banteng adalah permainan yang seru dan bisa memacu adrenalin.

Sama seperti petak umpet, banteng bisa dimainkan oleh banyak orang sekaligus. Namun, bermain banteng harus saling mengandalkan, karena permainan ini mengedepankan kerja sama tim. Benteng biasanya dimainkan di tempat terbuka, seperti lapangan.

Para pemain dibagi menjadi dua tim. Tiap tim harus mencari dan menetapkan posisi ‘benteng’. Tugasnya adalah menangkap semua anggota tim lain dan merebut banteng mereka. Anggota tim yang dikejar bisa aman dan mengejar balik jika mereka berhasil menyentuh banteng mereka sendiri.

Biasanya, ada satu tambahan peraturan. Anggota yang tertangkap bisa dibebaskan oleh tim mereka jika berhasil menyentuh anggota yang ditangkap dan kembali ke banteng mereka sendiri dengan sukses.

Masih ada banyak permainan jaman dulu lainnya yang sempat populer, seperti gasing, menerbangkan layang-layang, congklak, ular tangga, dan lainnya.

Sama seperti kebanyakan permainan, siapa pun bisa memainkan permainan-permainan ini. Banyak dari permainan ini diadakan di acara teambuilding atau outbond untuk meningkatkan kemampuan kerja sama antara sesama peserta.

Jika Anda rindu masa lalu dan ingin berkumpul bersama teman-teman, salah satu dari permainan jaman dulu ini bisa dicoba untuk sekedar bersenang-senang. Umur seharusnya bukan jadi masalah.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply