Manfaat Buah Pir yang Tak Banyak Diketahui

Manfaat buah – Seperti yang diberitahukan oleh alodokter manfaat memakan buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Manfaat Buah Pir yang Tak Banyak Diketahui

manfaat buah pir

hellosehatcom

Selain enak dan dapat dengan mudah ditemukan di mana-mana, buah pir memiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi. Jika dikonsumsi di hari yang panas, buah pir bisa melegakan rasa haus Anda. Buah ini juga sempurna sebagai menu diet. Ada banyak manfaat buah pir buat kesehatan.

Buah pir hampir memiliki semua manfaat yang dibutuhkan tubuh, mulai dari menjaga sistem kekebalan tubuh, sampai berperan penting dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

Menjaga Tubuh dari Penyakit Jantung

manfaat buah pir

hellosehatcom

Penyakit ini tentunya ditakuti sebagian besar orang. Mengonsumsi buah pir secara rutin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga mencegah timbulnya penyakit jantung. Buah ini juga membantu mencegah datangnya strok.

Meningkatkan Sistem Kebal Tubuh

Tubuh Anda harus selalu dijaga dari setiap penyakit agar bisa selalu tetap beraktivitas. Buah pir memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk menjaga Anda agar tidak mudah terserang penyakit.

Melindungi Kehamilan

manfaat buah pir

rahimsehatcom

Untuk wanita hamil, buah pir sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesempurnaan bayi, berkat kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah ini. Buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur selama periode kehamilan.

Pencegah Diabetes

Buah ini mungkin manis, tapi pir justru baik untuk mencegah diabetes. Buah ini bermanfaat untuk mengatur kadar gula dalam tubuh berkat kandungan gliserolnya yang rendah.

Menangani Osteoporosis

manfaat buah pir

doktersehatcom

Mengonsumsi buah pir secara rutin dapat memaksimalkan penyerapan kalsium yang diperlukan tubuh. Proses ini dibantu oleh asupan boron yang ada di dalam buah ini.

Mencegah Penuaan Dini

manfaat buah pir

hellosehatcom

Siapa pun pasti ingin menjaga agar diri mereka tampil awet muda. Buah pir bisa membantu mewujudkan keinginan itu. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, K, dan mineral tembaga yang berperan sebagai antioksidan dan membantu menjaga sel-sel kulit dari radikal bebas.

Mencegah Datangnya Jerawat

hellosehatcom

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dipersoalkan. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah pir bisa jadi solusi alternatif Anda, karena bisa membantu dalam pembentukan kulit yang kuat sekaligus mencegah infeksi.

Pencegahan Kulit Berminyak, Kering, dan Bersisik

hellosehatcom

Masalah pada kulit memang membuat aktivitas di luar rumah agak sedikit rumit, karena bisa berdampak pada kepercayaan diri. Buah pir juga bisa membantu dalam hal ini. Hanya saja, bukan dengan cara dimakan, tetapi gunakan sebagai masker.

Untuk mengendalikan kadar minyak pada tubuh, Anda perlu memotong beberapa buah pir untuk dihancurkan dan dicampur dengan madu. Kemudian, pakai adonan buah dan madu ini di wajah selama 15 menit. Lalu, bilaslah wajah dengan air.

Selain sebagai masker, ekstrak buah ini juga bisa digunakan sebagai losion organik untuk mengendalikan kadar kelembapan kulit. Pir memang mengandung jumlah kadar air tertentu, tapi juga mengandung senyawa humektan yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral tembaga yang ada di dalam buah pir juga membantu melawan radikal bebas dan menjaga kulit bebas dari keriput.

Buah pir juga bebas lemak, kolesterol, dan sodium, sehingga menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan yang tepat untuk dikonsumsi kapan pun. Ditambah lagi, selain menahan haus, buah pir juga melancarkan pencernaan dan bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Dari segala manfaat di atas, rasanya tidak salah jika Anda merasa harus mengonsumsi buah pir secara rutin. Hal itu justru sangat dianjurkan. Manfaatnya yang banyak dapat membantu Anda merasa lebih sehat dan lebih muda, terutama karena banyak manfaat positif untuk kulit.

Maka dari itu, jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi vitamin berupa tablet, buah ini bisa jadi alternatif Anda untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Meski manfaat buah pir begitu ‘memudahkan’ Anda, rajin berolahraga dan mengatur pola hidup sehat tetap harus dijalankan.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply