Tari Adat Kalimantan Barat #5 yang Mengesankan

Tari adat Kalimantan Barat – Apa kabar sahabat HATMA. NET, bagaimana keadaan di sekitar sahabat hari ini. Bagi yang beragama Islam jangan lupa untuk menunaikan Sholat Jumat nya hari ini. Sesibuk apapun kita, harus sempatkan untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. janganlah melalaikan perintahnya, karena segala apa yang kita miliki adalah milik Tuhan Yang Maha Esa bukan milik kita pribadi. Tuhan pun bisa saja langsung mengambil semuanya dari kita jika kita terus berbuat maksiat. Maka dari itu selalu ingatlah Tuhan kapanpun dimanapun.

Kita akan kembali dengan pembahasan yang unik – unik yaitu kita akan kembali mengelilingi Indonesia yang kaya akan budaya serta masyarakat – masyarakat yang memang unik. Tetapi kita masih di pulau yang paling besar di Indonesia, yaitu pulau Kalimantan. Kita akan bergeser ke Kalimantan Barat, disana juga tidak kalah menariknya dari Kalimantan – Kalimantan lainnya. Tentunya kebudayaan disana akan membuat kita takjub.

Menurut Wikipedia Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Tari Adat Kalimantan Barat #5 yang Mengesankan

Tari Adat Kalimantan Barat

ragamsenicom

Kalimantan Barat juga mempunyai monumen yang terkenal yaitu Tugu Kathulistiwa. Tetapi disini sebagai pembuka pembahasan tentang provinsinya, kita akan membahas tari adat yang ada di Kalimantan Barat. Tarinya sangat mengesankan dan ada juga yang menegangkan. Mari langsung saja kita bahas.

1. Tari Kondan

Tari Adat Kalimantan Barat

youtubecom

Tari adat Kalimantan Barat yang pertama ada yang namanya tari Kondan. Tari kondan ini memiliki makna yang berbeda antara satu gerakan dengan gerakan yang lainnya, sehingga pada jenis tarian tertentu ada yang sangat dikenali masyarakat pada kalangan tertentu juga, ada juga yang kurang terkenal karena ada beberapa gerakan yang belum pernah dilihat dan terkesan kaku sama sekali.

Tari kondan juga merupakan tarian yang sering digunakan pada acara pernikahan, acara adat istiadat atau acara keagamaan dan acara ritual lainnya. Tari kondan mengandung nilai misteri karena ada gerakan – gerakan yang tidak bisa dipahami maknanya. Ada yang dapat memahami tetapi hanya sebagian kecil saja.

2. Tari Monong

Tari Adat Kalimantan Barat

senitari12blogspotcom

Tari monong juga sering disebut dengan tari minang. Tari monong merupakan tari penyembuhan atau sebagai menangkal penyakit yang ada dalam tubuh si penderita sakit. Dalam tari adat ini, si penari bertindak seperti layaknya seorang dukun yang sedang menjampi – jampi pasiennya.

Tarian ini awalnya merupakan tarian penyembuhan yang digunakan oleh para dukun suku Dayak dengan membaca mantra – mantra dan sambil menari. Tarian ini juga diikuti oleh anggota keluarga dari yang sakit dan dipimpin oleh seorang dukun. Tetapi, setelah didirikannya rumah sakit, sepertinya perlahan – lahan pengobatan seperti ini mulai ditinggalkan.

3. Tari Pedang Mualang

Tari Adat Kalimantan Barat

sanggarsengalangburongblogspotcom

Tari Pedang Mualang merupakan sebuah tarian tunggal tradisional yang umumnya ditampilkan untuk menghibur masyarakat, seperti acara pernikahan, acara panen padi, dan acara serta upacara lainnya. Dalam pementasannya, tarian ini lebih mengedepankan gerakan yang sangat aktraktif dengan menggunakan pedang sebagai properti tarian ini.

Menurut sejarah, pada masa lalu tarian ini dilakukan oleh para ksatria untuk mendatangkan rasa semangat serta kepercayaan diri dalam berperang sebelum melaksanakan ekspedisi mengayau dengan memakai alat perang tradisional. Tari tersebut berguna untuk memperkuat kepercayaan mereka bahwa mereka harus menang dalam melawan baik itu diserang maupun menyerang lawannya. Tarian ini umumnya akan diiringi oleh tebah tradisional yang biasa disebut dengan Tebah Undup Banyur, namun ada juga kalanya dilakukan dengan tebah undup biasa.

4. Tari Kinyah Uut Danum

kamerabudayacom

Tari adat Kalimantan Barat yang satu ini merupakan salah satu tarian perang yang memperlihatkan keberanian dan teknik bela diri dalam berperang. Seperti namanya sendiri, tarian ini berasal dari Suku Dayak Uut Danum yang ada di daerah Kalimantan Barat.

Merujuk pada sejarah, tarian ini awalnya merupakan tarian persiapan fisik sebelum mengayau, yaitu tradisi perburuan kepala musuh yang dilakukan oleh suku Dayak pada zaman dulu. Tarian ini juga untuk menunjukkan kesiapan para lak laki Dayak Uut Danum untuk dilepaskan di hutan untuk mengayau.

5. Tari Zapin

youtubecom

Tari Zapin adalah tari rumpun melayu yang menghibur juga sekaligus syarat pesan agama dan pendidikan. Memiliki kaidah dan aturan yang tidak boleh diubah, namun dari masa ke masa namun keindahan Tari ini Zapin tak lekang ditelan zaman. Nikmati dendang musik dan syairnya yang legit bak sajian megah langit biru dan jernihnya laut di Kepulauan Riau.

Tari zapin dikembangkan berdasarkan unsur sosial budaya masyarakat dengan ungkapan ekspresi dan wajah batiniahnya. Tarian ini lahir di lingkungan masyarakat Melayu Riau yang sarat dengan berbagai tata nilai.

Demikianlah tadi ada lima tari adat Kalimantan Barat.tari – tari tersebut sangat mengesankan dan juga sekaligus menegangkan apabila dimasa kini ada yang menggunakan tari tersebut untuk tujuan yang sebenarnya. Tak herankan jika Indonesia juga disebut banyak kejadian mistisnya.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply