[TERLENGKAP] Contoh Dialog Wawancara Tentang Lingkungan

Wawancara Tentang Lingkungan – lingkungan merupakan suatu hal yang sangat lumrah kita dengar, bahkan setiap hari kita selalu berinteraksi dengan yang namanya lingkungan. Lingkungan dapat berupa sosial, budaya, rumah tangga dan lain sebagainya.

Sebagai penghuni jagat raya ini lingkungan sangatlah berperan penting bagi keberlangsungan hidup manusia, bayangkan saja jika lingkungan sekitar tempat kita tinggal merupakan lingkungan yang kumuh dan kotor maka orang-orang yang berada disekitar sana pasti akan rentan terserang penyakit.

Maka dari itu ciptakanlah lingkungan yang bersih, sehat dan indah untuk kita semua, karena penikmatnya bukan hanya kita secara pribadi akan tetapi untuk orang banyak.

Melihat pentingnya lingkungan bagi kehidupan, disini kami akan menyajikan hasil wawancara yang berhubungan tentang lingkungan, semoga wawancara ini bisa menambah ilmu pemikiran anda untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

[TERLENGKAP] Contoh Dialog Wawancara Tentang Lingkungan

 

Wawancara Tentang Lingkungan

satriabajahitam com

Data Diri Pewawancara dan Narasumber

Wawancara Tentang Lingkungan

Topik : Kebersihan Lingkungan di Sekolah MAN 2 Model Banjarmasin
Pewawancara : Mahmudah
Narasumber : Akbar
Kelas : XI Agama 1
Tempat : MAN 2 Model Banjarmasin
Waktu : Rabu 22 Nopember 2017
Pukul : 10.15 WIB

Mengutip dari wikipedia, sukses tidaknya suatu kegiatan wawancara tergantung oleh sikap wartawan, dan juga bagiamna penampilan serta prilaku wartawan terhadap narasumber. Dengan sikap yang baik akan menimbulkan suasana wawancara berjalan lebih santai dan lebih akrab.

Daftar Pertanyaan

Wawancara Tentang Lingkungan

travel.idntimes com

1. Apa pendapat anda tentang arti kebersihan, khususnya untuk sekolah?
2. Pentingkah menjaga kebersihan, berikan alasan anda!
3. Seberapa pentingkah menurut anda kebersihan lingkungan sekolah dengan keberhasilan suatu proses pembelajaran?
4. Sejauh ini menurut anda seberapa besar kesadaran para siswa terhadap kebersihan di lingkungan sekolah?
5. Bagaimana cara anda untuk memberikan kesadaran terhadap siswa disekolah, agar mereka bisa menjaga kebersihan dilingkungannya?
6. Menurut anda seharusnya siapa yang berperan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah?
7. Apakah kebersihan sekolah sangat mempengaruhi proses belajar mengajar?
8. Menurut anda apa alasan bagi mereka yang tidak memperhatikan kebersihan pada lingkungannya?
9. Jika anda yang diberi tanggung jawab untuk mengawasi kebersihan dilingkungan sekolah, program apa yang akan anda rencanakan dan dilakukan kedepannya?
10. Apa harapan anda kedepannya terdapat kebersihan yang ada dilingkungan sekolah ini?

Hasil Wawancara Tentang Lingkungan

Wawancara Tentang Lingkungan

almoneplus blogspot co id

Pewawancara : “ assalamu’alaikum ka “

Narasumber : “ wa’alaikum salam “

Pewawancara : “ Maaf sebelumnya apakah saya mengganggu waktu anda?“

Narasumber : “Tentu tidak, ada yang bisa saya bantu? “

Pewawancara : “Saya mendapatkan tugas dari guru untuk mewawancarai salah satu murid yang ada disekolah ini tentang kebersihan yang ada disekolahan kita, bolehkah saya mewawancarai anda?“

Narasumber : “ iya dengan senang hati, silahkan, apa yang mau kamu tanyakan?“

Pewawancara : “iya terimakasih atas waktunya ka, baiklah yang pertama saya akan menanyakan tentang apa pendapat anda tentang kebersihan?khususnya bagi lingkungan sekolah?”

Narasumber : “kebersihan menurut saya ialah suatu pemandangan yang nyaman, enak dipandang, dan tidak ada sampah yang berserakan, baik di dalam kelas maupun diluar kelas”

 

Pewawancara : “ Menurut anda,pentingkah kebersihan itu dan apa alasannya? ”

Narasumber : “ ya pasti penting sekali, karna dengan kita menjaga kebersihan, secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan diri kita dan lingkungan yang ada disekitar kita“

Pewawancara : “Seberapa pentingkah menurut anda kebersihan lingkungan sekolah dengan keberhasilan suatu proses pembelajaran?

Narasumber : “menurut saya sangat penting, jika pembelajaran diadakan dilingkungan yang tidak bersih dan bahkan menimbulkan bau tidak sedap, seperti sekolah yang berdampingan dengan kandang sapi dan lainnya, maka pembelajaran akan terhambat karena akan mengganggu konsentrasi dalam belajar, dan akan mempengaruhi nilai kita nantinya karna pelajaran yang diajarkan tidak semuanya dapat diserap dengan sempurna”

Pewawancara: “Sejauh ini menurut anda seberapa besar kesadaran para siswa terhadap kebersihan di lingkungan sekolah?”

Wawancara Tentang Lingkungan

suzuki co id

Narasumber : “Menurut saya kesadaran siswa disini terhadap kebersihan sekolah masih kurang memuaskan, bisa kita lihat dari kebersihan yang ada dikelas masing-masing, yang mana sampah kertas dan pasir masih banyak berserakan dilantai. Padahal jadwal piket sudah dibagikan tiap kelas”

Pewawancara: “Bagaimana cara anda untuk memberikan kesadaran terhadap siswa disekolah, agar mereka bisa menjaga kebersihan dilingkungannya?”

Narasumber : “ biasanya saya hanya bisa menegur teman-teman yang melakukan hal yang tidak baik, seperti membuang sampah tidak pada tempatnya, sambil menegur dengan candaan, karena tidak bisa dengan cara yang kasar dan tegas hal ini mungkin bisa menyinggung perasaan taman-teman”

Pewawancara: “Menurut anda seharusnya siapa yang berperan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah?”

Narasumber : “ Menurut saya yang seharusnya berperan untuk menjaga kebersihan seharusnya semua murid dan guru yang ada disekolah, selain itu memulai dari diri sendiri untuk membiasakan kebersihan baik dirumah, maupun disekolah.”

Pewawancara :” Apakah kebersihan sekolah sangat mempengaruhi proses belajar mengajar?”

Narasumber : “ ya jelas, seperti yang saya katakana tadi, jika lingkungan sekolah tidak bersih maka pembelajaran akan terganggu konsentrasinya.”

Pewawancara: “Menurut anda apa alasan bagi mereka yang tidak memperhatikan kebersihan pada lingkungannya?”

Narasumber : “ Menurut saya alasan mereka tidak memperhatikan kebersihan mungkin karena ada rasa malas, dan hanya mengaharapkan tenaga kebersihan yang ada disekolah saja, tanpa ada kesadaran langsung dari diri masing-masing bahwa kebersihan itu merupakan tanggung jawab bersama.”

Pewawancara : “Jika anda yang diberi tanggung jawab untuk mengawasi kebersihan dilingkungan sekolah, program apa yang akan anda rencanakan dan dilakukan kedepannya?”

Wawancara Tentang Lingkungan

Narasumber : “ jika saya diberi tanggung jawab seperti itu, saya akan mencanangkan jum,at bersih pada setiap minggunya, yang mana setiap murid dan guru saling bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah, selain itu diadakan juga sabtu indah yakni dengan cara menghiasi setiap ruangan kelas masing-masing agar terlihat lebih indah dan bersih, dan untuk program bulanannya bisa saja diadakan minggu sehat dengan cara jalan santai untuk semua murid dan guru disekolah kita.”

Yuk Baca Artikel Terkait : Gotong Royong Termasuk Bentuk Kerjasama di Sekolah

Pewawancara : “Apa harapan anda kedepannya terdapat kebersihan yang ada dilingkungan sekolah ini?”

Narasumber : “ harapan saya kedepan untuk kebersihan dilingkungan sekolah kita lebih diperhatikan lagi, jangan sampai hanya mengharapkan tenaga kebersihan disekolah, akan tetapi mulailah rasa kesadaran dari diri masing-masing supaya proses pembelajaran kita dapat berjalan dengan baik.”

Pewawancara : “ wah jawaban kaka sangat bagus sekali, Terima kasih atas waktunya. Ya ka maaf sekali lagi menganggu waktunya “

Narasumber : “ iya, sama-sama “

Kesimpulan

Wawancara Tentang Lingkungan

jasapengetikancibinong blogspot co id

Menurut akbar, kebersihan yang ada disekolah masih kurang bersih, dan menjaga kebersihan sekolah itu merupakan hal yang sangat penting karena dengan menjaga kebersihan lingkungan, secara tidak langsung juga akan menjaga kesehatan dalam diri kita dan lingkungan sekitar.

Menurut akbar menjaga kebersihan bisa saja dilakukan dengan cara mengadakan jum,at bersih pada setiap minggunya, yang mana setiap murid dan guru saling bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah, selain itu diadakan juga sabtu indah yakni dengan cara menghiasi setiap ruangan kelas masing-masing agar terlihat lebih indah dan bersih, dan untuk program bulanannya bisa saja diadakan minggu sehat dengan cara jalan santai untuk semua murid dan guru disekolah kita.

Wawancara Tentang Lingkungan

megatantiana blogspot co id

Dengan cara ini mungkin saja nantinya akan menyadarkan siswa dan guru yang dirasa belum menyadari akan arti pentingnya kebersihan bagi kehidupan dan lingkungan sekolah. Kebersihan tidak hanya siswa yang seharusnya menjaga akan tetapi semua yang ada dilingkungan sekolah tersebut baik guru, staf dan lainnya.

Dalam proses pembelajaran kebersihan sangatlah mempengaruhi hasil belajar, Karen jika lingkungan kelas yang tidak nyaman, dan tidak bersih akan menganggu konsentrasi dalam belajar. Bagi siswa dan guru yang masih kurang sadar akan pentingnya kebersihan disekolah, hal ini mungkin karena adanya rasa malas dan hanya mengharapkan tenaga kebersihan disekolah.

Demikian artikel tentang contoh dialog Wawancara Tentang Lingkungan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, bagikan ke orang-oraang terdekat Anda Agar bisa manfaat makin terasa.

Leave a Reply