Bahan Kaos ada #7 yang Cocok untuk Disablon

Bahan Kaos – Hallo Sahabat HATMA. NET selamat siang, selamat beraktivitas pada hari jumat yang cerah ini. Meskipun hari ini bisa jadi hari yang melelahkan, janganlah patah semangat karena Tuhan selalu bersama kita di setiap waktu. Terus kejar cita – cita anda dan jangan pernah berhenti untuk belajar meskipun kulit sudah menua.

Kembali lagi kita untuk membahas hal yang berkaitan dengan yang kita pakai ditubuh kita. Mengenai hal itu, saya akan tuliskan tentang sejarah pakaian. Menurut Wikipedia setiap bangsa mengenal tradisi berpakaian pada masa yang berbeda sesuai dengan kebudayaan masing-masing. Jauh sebelum memasuki abad Masehi, bangsa Mesir, Persia, Yunani, dan Romawi sudah mengenal tradisi berpakaian. Sekitar 2000 Sebelum Masehi (SM), pakaian mulai dibuat dengan cara ditenun. Saat itu, bangsa Mesir sudah menenun kain linen. Pada era Persia Kuno, wanita sudah menggunakan celana panjang. Sekitar 200 SM, bangsa Romawi mulai mengenakan kain linen (seperti kaus). Manusia di Nusantara sendiri mengenal tradisi berpakaian sejak Zaman Batu Muda (Neolitikum).

Bahan Kaos ada #7 yang Cocok untuk Disablon

Bahan Kaos

ibdtgcom

Biarpun terdapat banyak sekali jenis – jenis kain yang dapat dipakai untuk membuat pakaian kaos, namut tidak semua bahan tersebut cocok untuk disablon. Kaos yang paling bagus untuk disablon yaitu sejenis bahan yang mempunyai komposisi bahan katu paling mendominasi dari elemen penyusun kaos lainnya.

Ada beberapa jenis bahan kaos yang sangat cocok dan bagus untuk disablon diantaranya yaitu, cotton combed, cotton carded, cotton slub, cotton spandex, cotton tri – blend, cotton bamboo, dan juga cotton supima. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu – persatu.

1. Cotton Combed

Bahan Kaos

blogporintocom

Bahan kaos cotton combed merupakan jenis bahan yang diperoleh dari serat kapas. Serat tersebut memiliki karakteristik benang yang lebih halus. Hasil rajutannya pun lebih bagus dan terlihat lebih rata, karena diproduksi dengan finishing disisir (combed). Bahan yang dihasilkan pun umumnya memiliki permukaan yang halus dan tidak berbulu.

2. Cotton Carded

Bahan Kaos

bukalapakcom

Bahan cotton carded memiliki serat benang yang kurang halus dibandingkan dengan bahan cotton combed. Cotton carded ini adalah jenis bahan katun sekelas dibawah jenis katun combed. Hal ini dikarenakan hasil rajutan dan penampilan bahannya yang cenderung kurang halus dan memiliki jahitan cenderung tidak rata.

3. Cotton Slub

Bahan Kaos

nflshop

Bahan kaos berjenis cotton slub termasuk dalam jenis kain katun yang lembut dipermukaannya memiliki tekstur yang tidak merata keseluruhan. Sehingga pada saat ditenun bahan katun atau kapasnya dipelintir sehingga menimbulkan benjolan – benjolan kecil yang ada dipermukaannya.

4. Cotton Spandex

Bahan Kaos

gearonecom

Cotton spandex termasuk salah satu jenis kain yang diperoleh dari campuran serat spandex dengan benang katun. Campuran dari kedua bahan tersebut menjadikan bahan kaos yang terbuat dari bahan cotton spandex mempunyai sifat yang elastis dan lebih tahan lama, namun bahan ini tetap dingin saat sedang dipakai.

5. Cotton Tri – Blend

Bahan Kaos

underarmourcom

Bahan cotton tri – blend merupakan jenis kain yang diperoleh dari penggabungan serat polyster, katun, dan rayon yang memiliki komposisi 50% bahan polyster, 25% bahan katun, serta 25% bahan rayon. Ketiga bahan tersebut dicampur hingga menjadi satu kain yang dinamakan dengan tri – blend. Bahan kaos tri – blend memiliki sifat yang halus, lembut, lentur, dan tidak mudah kusam.

6. Cotton Bamboo

surgamallcoid

Bahan kaos yang terbuat dari cotton bamboo memiliki karakteristik yang hampir sama dengan cotton combed. Yaitu sama – sama mempunyai daya tahan yang kuat terhadap susut, dan juga memiliki hasil rajutan yang rapi dan memiliki permukaan yang lebih rata. Tetapi benang yang yang dipakai untuk cotton bamboo cenderung lebih halus.

7. Cotton Supima

johnlewiscom

Bahan yang terakhir yaitu cotton supima, cotton supima adalah salah satu jenis bahan kain yang diperoleh dari nama perkebunan kapas di Amerika yaitu kebun Pima. Supima adalah singkatan dari Superior Pima, yang artinya benang cotton yang berasal dari kapas pima. Kapas pima adalah kapas yang terbaik didunia.

Itulah tadi ada tujuh pembahasan tentang bahan kaos yang paling bagus untuk disablon. Jika para sahabat ingin menyablon pakaian berupa kaos, maka perhatikanlah bahan yang digunakan untuk disablon. Karena bisa saja ada bahan yang dipakai untuk sablon namun bahan tersebut tidak cocok untuk disablon, sehingga bisa menjadikan kain dan sablonan tidak menyatu secara sempurna bahkan bisa melepas sablon tersebut dari kain.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply