Jenis Sablon ada #9 yang Terbaik Saat ini

Jenis Sablon – Selamat siang sahabat HATMA. NET, saya menyarankan jangan lupa bersyukur atas apa yang kita miliki dan kita alami saat ini, karena masih banyak diluar sana yang lebih membutuhkan daripada kita tetapi mereka masih bisa bersyukur. Dan juga untuk terus mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna dan apabila keluar rumah jangan lupa memakai masker, karena kabut asap sangat banyak bertebaran karena pembakaran lahan terutama daerah Kalimantan Selatan.

Sedikit bergeser dari pembahasan kita yang kemarin, kali ini kita membahas yang berhubungan dengan apa yang selalu kita bawa ketika sedang bepergian, yaitu baju. Masalah baju, pasti sahabat semua mempunyai baju yang bergambar – gambar kan. Nah yang akan kita bahas adalah tentang jenis sablon.

Sahabat ada yang tau ga, siapa sih penemu sablon itu? Menurut Wikipedia penemu cetak ablon ialah Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg beliau adalah seorang pandai logam dan penemu berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya di bidang teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk aloy logam huruf (type metal) dan tinta berbasis-minyak, cetakan untuk mencetak huruf secara tepat, dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.

Jenis Sablon ada #9 yang Terbaik Saat ini

Jenis Sablon

kain cashmere pusat konveksi bandungcom

Dalam dunia percetakan sablon, selain memperhatikan kualitas sablon, juga perlu diperhatikan tampilan sablon itu sendiri. Caranya yaitu kita harus mengenal jenis sablon yang digunakan. Ada sembilan jenis sablon yang terbaik saat ini. Langsung saja kita bahas semuanya.

1. Sablon Rubber

Jenis Sablon

blogporintocom

Sablon rubber ini juga biasa disebut dengan istilah sablon karet. Karena sablon rubber ini memiliki sifat alami yang bisa menutupi serat kain yang timbul dan hasilnya sangat elastis seperti karet. Tingkat kepekatan tinta sablon satu ini diklaim sangat cocok untuk penyablonan kain yang berwarna gelap.

Menggunakan sablon dengan jenis ini tidak hanya digunakan untuk kegiatan sablon utama, sablon ini juga bisa digunakan sebagai teknik penyablonan dasar sebelum sebuah kain menggunakan sablon dengan jenis lainnya. Kelebihan sablon rubber ini memiliki tinta yang cenderung lebih awet dan bisa disetrika.

2. Sablon Pigmen

Jenis Sablon

highmaticcom

Sablon pigmen juga merupakan salah satu yang terbaik yang paling banyak digunakan saat ini. Jenis sablon pigmen sangat bagus digunakan untuk teknik penyablonan kain yang berwarna terang. Hal ini karena tinta pada sablon ini sangat mudah menyerap kedalam serat kain.

Tetapi, juga memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa digunakan untuk penyablonan kain yang berwarna gelap, karena biasanya warna tinta dari sablon pigmen akan kalah dengan warna gelap kain tersebut.

3. Sablon Super White

sablon super white ini termasuk merupakan salah satu jenis sablon kaos terbaik yang sering menjadi pilihan utama yang digunakan oleh para industri konveksi saat ini. Sablon ini mempunyai sifat dasar yang hampir sama dengan sablon rubber, yaitu bisa menembus serat kain.

Sablon super white memiliki tinta yang jauh lebih transparan dan biasanya tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu white dan colour. Sablon super white juga bisa digunakan untuk penyablonan kain yang berwarna gelap.

4. Sablon Plastisol

Jenis Sablon

pinterestcom

Sablon plastisol terbuat dari tinta minyak atau PVC sehingga sablon ini memiliki daya rekat yang sangat kuat dibanding dengan jenis tinta pada sablon lainnya. Sablon jenis ini juga sangat cocok digunakan untuk mencetak dot atau raster yang kecil.

Sablon plastisol memiliki harga yang lumayan mahal, tetapi harganya juga sebanding dengan kualitas jenis sablon ini. Hasil dari penyablonan ini tidak bisa kering pada suhu dibawah 160 derajat celcius, maka anda harus membutuhkan peralatan khusus untuk membantu proses pengeringannya.

5. Sablon Floaking

Floaking merupakan jenis yng proses sablonnya membutuhkan beberapa tambahan lain seperti beludru sebagai bahan lapisan. Penggunaan bahan yang lain ini juga bertujuan untuk membentuk permukaan yang timbul dan dilekatkan pada perangkat tertentu.

Jenis sablon floaking tersedia dalam dua jenis, yaitu berupa bubuk dan juga lembaran. Untuk penyablonan dengan jenis ini dibutuhkan alat presser agar sablon tersebut bisa merekat lebih kuat.

6. Sablon Polyflex

Sablon ini merupakan yang sangat unggul dalam menciptakan berbagai macam warna padat yang membutuhkan ketajaman warna yang cukup tinggi. Sablon ini juga merupakan sablon digital dan juga tidak memiliki minimum order.
Sablon polyflex sering juga dipakai untuk membuat nomor jersey pesepak bola. Sablon jenis ini juga bisa diaplikasikan pada banyak jenis bahan kain katun hingga kain polyster.

7. Sablon DTG

ibdtgcom

Sablon DTG merupakan jenis sablon yang paling hits pada saat ini. Teknik sablon dengan jenis DTG dilakukan dengan menggunakan mesin digital sehingga sablon yang dihasilkan sangat jelas dan detail. Jenis ini sangat sering digunakan dalam produksi massal, seperti kaos partai dan kaos komunitas.

Hasil cetak dan sablon pada kaos putih dijamin sangat memuaskan. Bayaran untuk sablon ini terbilang lumayan mahal karena tinta yang digunakan dijual dengan harga yang juga relatif mahal dibanding dengan jenis tinta lainnya.

8. Sablon Discharge

sablon discharge ini sering digunakan dalam pembuatan kaos distro. Metode sablon discharge dikenal sebagai teknik cabut warna. sablon ini akan memberikan hasil yang lebih sempurna apabila dipakai dengan bahan kain yang berwarna gelap.

Hasil cetakan dari jenis ini akan memberikan kesan yang alami dan juga memberikan tampilan dengan motif asli dari kain yang dimilikinya. Jenis sablon yang satu ini umumnya cocok bila diterapkan pada jenis kain katun dengan konsentrasi tinggi.

9. Sablon Glow In The Dark

bukalapakcom

jenis ini juga banyak digunakan untuk kaos distro. Untuk membuat sablon dengan konsep yang agak berbeda, maka bahan – bahan yang digabungkan diantaranya adalah plastisol, rubber, serta penambahan dari bahan fosfor yang dapat memberikan tampilan yang menyala ketika berada dalam kegelapan.

Tampilan sablonan ini akan memberikan efek yang bagus dan juga lebih tahan lama karena dicampurkan dengan berbagai macam bahan pada proses pembuatannya.

Nah sahabat itulah tadi ada sembilan jenis sablon yang terbaik pada saat ini. Jika anda ingin menyablon baju ataupun yang lainnya, pilihlah yang paling bagus kualitasnya, jangan memandang dengan harganya. Karena kualitas yang bagus tidak akan mengecewakan para sahabat jika meyablon baju.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply