Manfaat Menulis #5 dari yang terbaik

Manfaat Menulis – Apa kabar para sahabat HATMA. NET, di hari senin yang cerah dan membahagiakan ini tentunya kita harus semangat dan saling menyemangati satu sama lain. Dan juga apabila ada yang membutuhkan pertolongan kita, janganlah enggan untuk menolongnya. Karena kita adalah mahkluk sosial yang pastinya kita juga membutuhkan pertolongan dari orang lain. Mana mungkin kita bisa hidup sendiri tanpa orang lain.

Hari ini kita mengubah topik pembicaraan kita, yang tadinya membahas cara mengolah dan jenis bahan menjadi manfaat. Yaitu kita akan membahas tentang manfaat menulis. Menurut Wikipedia Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.Menulis biasa dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Pada awal sejarahnya, menulis dilakukan dengan menggunakan gambar, contohnya tulisan hieroglif (hieroglyph) pada zaman Mesir Kuno.

Manfaat Menulis #5 dari yang terbaik

Manfaat Menulis

tempoinstituteorg

Bagi sebagian orang menulis merupakan kegiatan yang bisa dikatakan gampang – gampang susah melakukannya. Bagi mereka yang sudah terbiasa dan rajin menulis, hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit mereka sudah mampu menuangkan apa yang ada dipikiran mereka dan mereka tulis dalam beberapa halaman. Dan susah bagi orang yang tidak terbiasa melakukannya, mereka mengungkapkan susahnya menuliskan apa yang ada dipikiran mereka, semuanya sudah lengkap, tema sudah ada, gambaran juga sudah ada, tetapi setelah beberapa kata mereka menulis, mood menulisnya mulai hilang.

Sebenarnya dari menulis sangat banyak manfaat yang kita bisa dapatkan,contohnya saja seperti mencegah kepikunan, dan masih banyak lagi. Mari langsung saja kita bahas dengan seksama.

1. Mencegah Kepikunan

Manfaat Menulis

lifebrowncom

Menulis sangat erat kaitannya dengan kerja otak. Sama seperti halnya tubuh butuh olahraga, dan juga hati membutuhkan ibadah, otakpun juga butuh olahraganya, dan olahraga otak dengan melatih otak tersebut untuk terus berfikiran positif.

Bagaiamana caranya agar otak untuk terus berfikir positif, yaitu dengan membiasakan menulis, mengungkapkan apa yang kita pikirkan melalui tulisan. Dengan melakukan kebiasaan ini otak akan terus bekerja, terlebih lagi apabila menulis sebuah tulisan ilmiah, otak akan bekerja lebih dalam untuk mengumpulkan beberapa referensi untuk menjadi sebuah tulisan.

2. Instrumen Perekam Jejak Sejarah

Manfaat Menulis

penerbitdeepublishcom

Menulis adalah salah satu dari sekian banyak instrumen perekam jejak sejarah dan wasilah ini yang paling banyak tersebar dan mudah didapat, kita mengenal sejarah Indonesia, perang, para nabi dan ulama, serta para pahlawan kita melalui tulisan.

Jika kita hendak mengenang sesuatu,cukuplah tuangkan ingatan kenangang tersebut melalui tulisan. Tulisan ini adalah suatu media perekam klasik yang tidak pernah digantikan oleh apapun, kegiatan menulis dan hasil tulisan akan selalu ada sampai akhir dunia ini.

3. Instrumen Untuk Menjaga Ilmu, dan Untuk Menyebarkannya

Manfaat Menulis

yuksinauid

Tersebarnya buku – buku karya orang terkenal tidak lain adalah salah satu manfaat menulis. Tanpa usaha dan kerja keras para penulis untuk menuliskannya, tidak mungkin kita bisa tau apa yang terjadi pada zaman dulu.

Sudah hal yang maklum bahwa kekuatan otak untuk mengingat sesuatu sangatlah terbatas. Tak cukup hanya mengandalkan hafalan dan ingatan yang kuat, tetapi harus diperkuat lagi melalui tulisan agar ingatan tersebut tidak menghilang.

4. Sebagai Media Dakwah

masterseoid

Salah satu manfaat menulis adalah sebagai media dakwah. Di zaman yang berteknologi yang canggih masa kini, kita bisa menulis sebuah ilmu pengetahuan, dan saat itu juga mereka bisa membaca tulisan kita dan mengambil hal yang bermanfaat yang ada pada tulisan tersebut oleh mereka yang tinggal di negara – negara lain.

Jadikanlah menulis sebagai sebuah rutinitas keseharian, baik menulis di kertas buku ataupun di dunia teknologi seperti blog – blog yang bermanfaat. Dengan kita menulis akan melengkapi usaha dakwah kita di masyarakat.

5. Menulis Sebagai Media Belajar

sumbercenelcom

Belajar bukan hanya melalui mendengar dan membaca. Tidak lengkap rasanya jika kita belajar tanpa menulis. Ilmu yang kita dengar dan kita baca tidak akan selamanya akan terus teringat maka dari itu kita dianjurkan untuk menulisnya.

Coba kita perhatikan kisah hidup para ulama, tokoh – tokoh terkenal, bahkan orang sibuk dalam bisnis pun hidup mereka tak lepas dari menulis. Menulis adalah media belajar, dengan menulis akan mendorong kita menyerap ilmu pengetahuan yang kita tuis. Saat mencari dan mengumpulkan informasi inilah kita sebenarnya sedang belajar, sedang mengasah dan menguatkan pikiran otak kita.

Itulah tadi ada lima manfaat menulis, sebenarnya ada banyak lagi manfaat menulis namun tidak bisa di ekspersikan melalui tulisan dan hanya bisa dirasakan oleh para penulis. Ada banyak keuntungan menulis maka dari itu janganlah bermalas – malasan kalau disuruh menulis oleh guru disekolah, karena ilmu tidak bisa hanya diingat oleh otak karena ingatan kita sangat terbatas dan harus diperkuat dengan tulisan.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply