[DAHSYAT] !!! 7 Cara Memilih Gitar Yang Bagus dan Berkualitas Bagi Pemula

Cara Memilih Gitar Yang Bagus – Musik merupakan suatu susunan suara-suara atau nada yang diciptakan dari sebuah alat, kemudian dapat menghasilkan atau menciptakan lagu, irama dan keharmonisan.

Musik adalah sebuah fenomena intuisi, memperbaiki, mempersembahkan, untuk menciptakan sebuag seni. Musik adalah suatu unsur untuk menghibur diri dengan cara mendengarkannya, karena musik sangat unik yang dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Ada berbagai macam alat musik, ada alat musik modern, ada yang tradisional dari tempat daerah-daerah tertentu. Namun hal yang paling banyak di gunakan adalah alat musik modern seperti Gitar, apa itu Gitar ?

Gitar merupakan suatu alat musik berdawai di mainkan dengan cara dipetik menggunakan jari atau pun plektrum. Gitar terdiri dari sebuah bagian tubuh inti dengan bagian leher yang padat atau berisi, biasanya sebagai tempat tali gitar (senar) biasa enam senar.

Dalam bermain gitar pun harus berirama yang indah, bagus enak didengar oleh orang lain, karena apa bila dalam bermain gitar kita asal-asalan akan membuat orang lain tidak suka permainan gitar kita.

Faktor suara gitar itu dikatakan bagus, pertama memang orang pemain gitar memang hebat atau kualitas gitar nya bagus digunakan.

Sebagai pengguna atau konsumen yang cerdas, kita harus mengetahui bagaimana cara memilih barang berkualitas dan bagus. Begitu juga saat kita ingin membeli gitar, kita harus bisa memilih gitar yang berkualitas dan bagus. Seorang newbie atau pemula kita pasti bingung menentukan pilihan untuk memilih gitar yang menurut kita baik, jadi tidak ada salahnya Anda membaca 7 Cara Memilih Gitar Yang Bagus dan Berkualitas.

7 Cara Memilih Gitar Yang Bagus dan Berkualitas Bagi Pemula

Cara Memilih Gitar Yang Bagus

Pixaabay.com

Lakukan Riset Gitar Mana Yang Sering Orang Gunakan

Apa pentingnya riset barang sebelum anda memilih barang tersebut memang pantas dibeli? Dalam hal kita harus mengetahui dulu gitar apa saja yang sering digunakan orang untuk di mainkannya.

Misalkan kita masih pemula bisa dengan cara bertanya dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bermain gitar, atau kita pergi ketempat sekolah musik, cari di internet, dan lain-lain.

Bertanya-tanya lah seputar gitar yang bagus, kemudian setelah dapat hasil riset dan dipastikan jenis gitar apa yang akan Anda beli. Baru kelangkah selanjutnya.

Tentukan Kisaran Harga Gitar Yang Mau Anda Beli.

Cara Memilih Gitar Yang Bagus

pixabay.com

Survei harga Gitar, ini yang terpenting ingin membeli barang. jadi Anda bisa dengan cara mencari mengumpulkan daftar harga jual di pasaran, di Setelah semua data terkumpul, lalu lakukan bandingan harganya.
Jangan lupa juga kita membandingkan harga baru dan harga bekas nya.

Setelah itu kita tentukan kisaran harganya. Tetapi jika harga baru dan harga bekas dari barang tersebut tidak jauh berbeda, lebih baik beli yang baru saja.

Namun Karena dalam hal finansial tergantung dari kemampuan diri masing-masing. Jika anda memiliki budget yang cukup anda dapat memilih merk gitar ternama karena otomatis anda mendapatkan bagus dan berkualitas. Tetapi jika masih belum banyak budget lebih baik kita menabung dulu, dan membeli sesuai kisaran harga yang kita raih.

Tentukan Bahan Gitar

Cara Memilih Gitar Yang Bagus

Cari bahan gitar antara kayu bodi dan neck jenisnya sama. Karena gitar juga terdiri dari 2 main part yaitu bodi dan neck. biasanya ada beberapa gitar yang dibuat dari kayu bodi dan neck yang berbeda,karena dengan berbeda kualitasnya juga beda, jenis bahan kayu yang digunakan untuk gitar tersebut sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan saat anda memainkan.

Sebagian besar gitar memakai bahan kayu nato mahogany, rosewood, spruce, dan lain-lain, bahan kayu tersebut juga sering disebut jaga tonewood. Masing-masing kayu mempunyai kekurangan dan kelebihannya. maka dari itu kita harus jeli dalam melihat serat dan warnanya apakah jenis bahan kayu gitar tersebut dan perhatikan apa bodi dan neck menggunakan kayu yang sama.

Tentukan Senar Gitar Yang Akan Digunakan

Cara Memilih Gitar Yang Bagus

pixabay.com

Secara umum untuk memilih senar gitar yang tepat adalah : 1) Pilih ukuran yang tepat bagaimana ketebalan yang sesuai dan enak dimainkan oleh jari kita. 2). Pilihlah jenis bahan yang tepat. 3) Pilihlah yang mempunyai lapisan atau coated.

Cara terbaik untuk pemula seperti Anda yaitu dengan mengetahui karakter senar gitar yang tepat untuk aliran musik yang sering Anda mainkan adalah dengan mencoba semua senar gitar tersebut. Dengan demikian maka Anda akan tahu senar gitar yang tepat untuk gitar kamu.

Namun yang perlu kita ketahui, ada dua jenis senar yang digunakan untuk gitar akustik, Anggap Anda menggunakan gitar Akustik, yaitu senar steel dan senar nylon. Ini tergantung selera Anda, jika anda suka bermain musik klasik pilihlah gitar dengan senar nylon. Tetapi jika anda suka memainkan musik dengan banyak melodi lebih baik memilih gitar dengan senar steel.

Tapi untuk yang seorang pemula masih belajar gitar jika Anda memilih gitar dengan senar steel saat pertama pasti jari akan terasa sakit, tapi gitar dengan menggunakan senar ini neck gitar enak di genggam. berbeda dengan gitar bersenar nylon, neck pada gitar ini biasanya lebih besar. Jadi Anda memilih yang mana terserah.

Tentukan bentuk Gitar

Cara Memilih Gitar Yang Bagus

pixabay.com

Bentuk gitar yang sesuai adalah melihat bentuk dari gitar yang akan Anda pilih. Ada bermacam-macam jenis body gitar. sebaiknya sesuaikan bentuk gitar dengan ukuran badan Anda. Kalau badan kamu kecil, pilih gitar yang berukuran kecil, sedangkan jika badan Anda besar, maka pilih lah, kemudian cukup sesuaikan saja.

 

Kemudian membeli gitar akustik, maka bagus gitar yang bagus dan berkualitas ciri- cirinya sebagai berikut  yaitu  terbuat dari bahan triplek yang tebal dan rapi dalam. Bandingkan saja dengan gitar yang kualitas biasa saja yaitu dengan bahan tpipleknya tipis dan kurang rapi.

Test Suara Gitar

Cara Memilih Gitar Yang Bagus

pixabay.com

Setelah sudah beberapa hal di atas dilakukan, maka sekarang giliran mencoba suara gitar tersebut. Cek semua senar satu persatu apakah ada nada yang tidak enak didengar atau fals. Bisa dengan cara memetik setiap senar dan menyesuaikan dengan nada tersebut dengan tuner. Atau dengan menggunaan aplikasi smartphone, jadi tak perlu beli tuner.

Cek Fisik Gitar

Cara Memilih Gitar Yang Bagus

pixabay.com

Kemudian cara memilih gitar yang bagus terakhir yaitu, Periksalah setiap detail fisik dari gitar tersebut apakah kecacatan barang seperti lecet maupun rusak. Periksa bagian Neck pada gitar masih lurus atau tidak. Neck gitar yang baik memiliki treshold yang diisi batang besi yang lurus sehingga batang tidak cepat melengkung. Periksalah dengan seksama, teliti dan jangan sampai anda kecewa saat membelinya.

Demikian sedikit artikel tentang 7 Cara Memilih Gitar Yang Bagus dan Berkualitas Bagi Pemula, semoga bermanfaat, tetap di www.hatma.net “tebar manfaat dengan berbagi satu artikel”

Leave a Reply