Doa Puasa Ramadhan dan Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Doa Puasa – Menurut Wikipedia Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu.

Doa Puasa Ramadhan dan Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Doa Puasa

wahdahorid

 

Tidak terasa sebentar lagi umat Islam akan bertemu kembali dengan bulan Ramadan. Dalam bulan yang penuh berkah tersebut, tentunya Anda ingin beribadah puasa dengan baik. Sebagian muslim percaya doa puasa Ramadhan dapat menyempurnakan ibadah puasa mereka.

Kapan doa puasa Ramadhan dilapalkan? Sebagian orang mengucapkannya sebelum waktu subuh sebagai niat berpuasa. Berniat menjadi salah satu syarat sah-nya puasa Ramadan. Jadi, berniat harus dilakukan setiap hari ketika akan melaksanakan puasa wajib.

Lalu, seperti apakah lafal doa puasa Ramadan? Apa makna dari doa yang diucapkan sebelum puasa tersebut? Berikut adalah bacaan doa puasa Ramadan yang dapat Anda hafalkan beserta maknanya.

Doa Niat Puasa

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya:

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah taala.”

Nah, itulah doa niat untuk berpuasa yang diucapkan sebagian orang sebelum waktu subuh. Setelah berniat, pahami manfaat puasa untuk diri Anda guna memacu semangat untuk melakukan ibadah yang satu ini.

1.Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Doa Puasa

measkmencom

Pada saat berpuasa, pencernaan beristirahat dari aktivitas rutinnya mengolah makanan serta minuman. Nah, hal ini dapat membuat metabolisme berjalan dengan baik dan tubuh pun menjadi lebih segar.

Lemak juga dapat terbakar dengan cepat dan lebih efisien, sehingga berat badan bisa berkurang. Jadi, berpuasa juga bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan dengan efisien, tetapi tetap sehat.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Doa Puasa

repsidcom

Puasa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda, lho. Dengan berpuasa, tubuh bisa beristirahat dari proses mencerna dan mengolah makanan. Istirahat pada tubuh ini dapat membuatnya lebih kebal dari penyakit.
Inilah alasan mengapa meskipun tidak makan, Anda tetap sehat. Jadi, supaya tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit, rutinlah berpuasa. Tidak hanya puasa wajib, tetapi lakukan juga yang sunah.

3. Menyehatkan Pencernaan

Saat berpuasa, lambung tidak bekerja dengan keras dan mendapatkan waktu untuk ‘beristirahat’. Maka dari itu, pencernaan pun menjadi lebih lancar dan juga sehat.

Meski begitu, sebaiknya Anda tidak kalap saat berbuka puasa dan saat sahur. Pasalnya, terlalu banyak makan pada kedua waktu ini akan membuat tubuh mudah lelah dan menyebabkan sakit asam lambung.

4. Mengatur Insting Lapar

Ketika Anda sudah terbiasa makan terlalu banyak, tubuh akan merasa cepat lapar. Ini membuat berat badan naik drastis dan membuat sistem metabolisme tubuh menjadi tidak baik.

Bila berpuasa, insting lapar Anda pun akan lebih normal. Tubuh akan dapat dengan mudah mengenali rasa lapar asli dan bukannya palsu seperti yang biasa terjadi pada mereka yang makan terlalu banyak.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dengan meningkatnya metabolisme dan sensitivitas insulin saat berpuasa, ibadah ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh Anda. Ini merupakan sesuatu yang sangat baik karena gula darah tinggi sangat berbahaya.

Tingginya kadar gula darah disebabkan oleh banyaknya konsumsi karbohidrat dan juga gula. Jadi, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi gula berlebih pada saat sahur dan berbuka serta membatasi asupan karbohidrat.

Itulah doa puasa Ramadhan dan juga berbagai manfaat ibadah ini bagi tubuh Anda. Begitu banyak manfaat puasa untuk kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, bulatkan niat untuk menjalankan puasa dengan ikhlas pada bulan Ramadan yang sebentar lagi datang ini.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply