Struktur Karya Ilmiah

Struktur – Pengertian  Karya Ilmiah menurut SEVIMA.COM adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Biasanya Karya ilmiah berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Penulisan karya ilmiah dilakukan secara runtut dan sistematis.

Struktur Karya Ilmiah

Struktur Karya Ilmiah

sumbercenelcom

Menulis karya ilmiah tidak seperti esai biasa. Ketentuan dan struktur karya ilmiah adalah hal-hal yang membedakannya dengan yang lain. Jadi, mengerjakan karya ilmiah tidak bisa sembarangan.

Karena karya ilmiah adalah tulisan yang menekankan penelitian dan hasil dari permasalahan yang diteliti, penulis dianjurkan untuk membuatnya sejelas dan sedetail mungkin agar penguji dan pembaca nantinya dapat memahami inti permasalahan, solusi yang diambil, dan kesimpulannya.

Karya ilmiah pada umumnya memiliki struktur yang cukup kompleks, seperti buku. Anda harus memastikan bagian-bagiannya tersusun berdasarkan urutan yang sudah ditetapkan oleh instansi atau sekolah yang bersangkutan. Meski begitu, pada umumnya, strukturnya selalu sama.

Halaman Judul

Struktur Karya Ilmiah

mpssoftcoid

Halaman ini adalah bagian pertama dalam setiap karya ilmiah yang memperlihatkan judul tulisan, nama dan nomor identitas penulis, logo dan lokasi departemen atau instansi, dan tahun ditulisnya.

Kata Pengantar

Fungsi halaman ini utamanya adalah sebagai tanda terima kasih dan penghormatan kepada siapa pun yang terlibat selama periode penulisan dan orang-orang yang Anda anggap istimewa.

Halaman Pengesahan

Halaman ini menyatakan bahwa karya tulis ini resmi dibuat oleh Anda sendiri dan sudah disetujui oleh pihak instansi atau departemen. Selain judul karya ilmiah dan nama Anda, nama pembimbing Anda dan ketua instansi atau departemen juga tercantum di sini.

Abstrak

Halaman ini menjelaskan secara singkat isi keseluruhan dari karya ilmiah yang terdiri dari tujuan, metode penelitian, pembahasan, hasil, dan kesimpulan yang didapat. Pada umumnya, halaman abstrak ditulis dalam dua versi bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Daftar Isi

Sama seperti buku kebanyakan, halaman ini mencantumkan seluruh isi yang ada di dalam karya tulis dari awal sampai akhir, lengkap dengan nomor halaman untuk memudahkan pembaca mencari bagian informasi tertentu.

Pendahuluan atau Latar Belakang

Halaman ini bisa dikatakan sebagai bab pertama dalam suatu karya ilmiah. Halaman ini menjelaskan latar belakang dari isu yang diangkat dalam karya ilmiah, rumusan masalah, batasan masalah yang diteliti, tujuan dan manfaat penelitian, serta sistematika penelitian.

Landasan Teori

Dalam menulis karya ilmiah, penulis harus meneliti rumusan masalah menggunakan teori. Teori yang digunakan dalam penelitian juga harus berkaitan dengan subjek penelitian yang diangkat. Halaman ini umumnya menampilkan banyak diagram dan tabel sebagai contoh landasan teori.

Seringkali dalam menulis karya ilmiah, struktur ini terbilang bagian yang paling panjang setelah pembahasan, karena Anda harus menjelaskan secara terperinci teori yang digunakan. Gunanya untuk menegaskan bahwa teori yang dipakai sesuai dengan subjek penelitian dan rumusan masalah.

Di halaman ini juga, bisa merasa perlu, Anda juga bisa mengikutsertakan contoh kasus atau penelitian terdahulu yang memakai teori yang sama. Dalam mencari contoh lain, Anda dianjurkan untuk mencari yang terbaru, waktunya tidak terlalu jauh dari tahun penulisan karya ilmiah.

Metode Penelitian

Di halaman ini, Anda menunjukkan bagaimana melakukan penelitian. Umumnya, halaman ini memerlukan banyak diagram untuk menggambarkan secara jelas metode penelitian yang telah Anda jalani dalam penulisan karya ilmiah.

Pembahasan

Bagian ini terbilang cukup banyak, karena di halaman ini Anda menjelaskan teori yang dipilih dengan subjek penelitian dan rumusan masalah. Halaman ini berisi pembahasan, analisis, data yang diolah, dan hasil yang didapat dari seluruh proses penelitian.

Kesimpulan dan Saran

Di halaman ini, Anda menyatakan kesimpulan atau jawaban akhir dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Kesimpulan ditarik dari jawaban atas rumusan masalah yang sebelumnya dijelaskan di halaman pendahuluan atau latar belakang.

Di halaman ini, Anda juga bisa memberikan saran sebagai bahan acuan atau petunjuk untuk penelitian berikutnya.

Daftar Pustaka atau Referensi

Struktur Karya Ilmiah

penerbitdeepublishcom

Menjadi bagian paling akhir dari suatu karya ilmiah, halaman ini mencantumkan sumber teori dan data untuk bahan penelitian Anda.

Struktur ini wajib diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah. Perlu diperhatikan juga bahwa bahasa yang digunakan umumnya bersifat baku dan jelas. Dalam penelitian, Anda juga harus bisa meneliti secara objektif dan faktual.

Dalam menulis karya ilmiah, Anda direkomendasikan untuk meneliti hal yang menarik perhatian. Sepintas, struktur karya ilmiah mungkin terlihat kompleks, tetapi ketika Anda mulai mengerjakannya, semua akan terasa mudah.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply