Hikmah Puasa di Bulan Ramadan

Hikmah Puasa – Menurut warohmah.com Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh dan memenuhi syarat baik syrat syah ataupun syarat wajib . Dan barangsiapa tidak menjalankannya , maka hukumnya berdosa.

Hikmah Puasa di Bulan Ramadan

hikmah puasa

dailysocialid

Berpuasa di bulan Ramadan sudah jadi kewajiban umat Islam. Bagi sebagian orang, berpuasa mungkin akan jadi beban tersendiri karena harus menahan haus dan lapar. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak hikmah puasa yang bisa diperoleh selama bulan Ramadan?

Allah Swt. tentu tidak akan memberi perintah tanpa alasan dan pasti ada hikmah di dalamnya, tak terkecuali dengan puasa. Puasa tidak hanya berpahala, tapi ibadah yang satu ini juga memiliki banyak pengaruh positif dalam kehidupan sehari-hari.

7 Hikmah Puasa yang Harus Diketahui

Tujuan utama ibadah puasa tentunya adalah untuk mendekatkan diri dengan Allah Swt. Namun, di balik puasa Ramadan, ada segudang hikmah yang bisa Anda petik. Berikut di antaranya.

1. Melatih kesabaran

hikmah puasa

irwindaywebid

Saat berpuasa, Anda wajib mengendalikan hawa nafsu dalam hal apa pun, baik untuk soal makan dan minum, emosi, maupun menahan diri dari perbuatan-perbuatan negatif. Hal ini juga akan melatih kesabaran sehingga akan berdampak positif pada kepribadian Anda.

Bahkan ketika bulan Ramadan telah usai, Anda akan terbiasa untuk menahan diri dari hal-hal yang buruk. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk menjalani ibadah puasa dengan sungguh-sungguh, bukan sekadar menahan lapar dan haus.

2. Meningkatkan rasa syukur

hikmah puasa

inspiradatacom

Berpuasa dapat menimbulkan rasa kepedulian terhadap mereka yang kurang mampu dan tidak bisa makan teratur seperti Anda. Setelah menahan lapar dan haus seharian, berbuka pun akan terasa lebih nikmat dan membuat Anda lebih bersyukur terhadap pemberian Allah Swt.

3. Puasa menjauhkan diri dari perbuatan negatif

hikmah puasa

tasidolacom

Saat berpuasa, Anda dituntut untuk beramal saleh dan menghindari hal-hal yang negatif. Jika Anda menjalani bulan Ramadan dengan sungguh-sungguh, akan muncul kebiasaan yang baik pula. Tidak hanya saat bulan Ramadan, hal ini juga berlaku dalam puasa sunah.

Puasa akan membuat Anda otomatis menjauhi hal-hal negatif karena ingin menyempurnakan ibadah. Bahkan saat sedang tidak berpuasa sekalipun, Anda akan terbiasa untuk menghindari hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt.

4. Mempererat tali silaturahmi

hikmah puasa

cholilnafiscom

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan tiba, misalnya Tarawih, buka bersama, bakti sosial, dan masih banyak lagi. Kegiatan-kegiatan ini mengharuskan Anda untuk bersosialisasi dengan orang lain, baik itu teman, keluarga, maupun tetangga.

Hal ini dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama umat Islam. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda dapat bertemu dengan kerabat jauh atau makin akrab dengan orang-orang yang sebelumnya tidak dikenal dekat.

5. Terbiasa hidup cukup dan sederhana

hikmah puasa

suaramuhammadiyahid

Bila sering melakukan puasa, maka Anda akan terbiasa makan dan minum dalam jumlah yang cukup. Puasa yang dikerjakan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh juga akan membuat Anda lebih menyukai gaya hidup yang sederhana dan tidak berlebihan.

6. Meningkatkan kesehatan fisik

repsidcom

Puasa merupakan salah satu cara detoksifikasi atau membuang toksin dari dalam tubuh. Puasa dapat menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit. Itulah kenapa orang yang rajin berpuasa cenderung memiliki kesehatan yang jauh lebih baik.

Meski demikian, bukan berarti Anda boleh makan sembarangan saat sahur dan berbuka. Ketika tiba waktunya makan, Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang bergizi dengan jumlah yang tidak berlebihan.

7. Hidup bisa lebih disiplin

tipsdoktercantikcom

Berpuasa akan membuat Anda terbiasa untuk bangun lebih pagi. Saat berpuasa di bulan Ramadan, Anda juga akan memaksimalkan ibadah dengan cara salat tepat waktu. Kedisiplinan ini akan terus melekat pada diri Anda, bahkan ketika sedang tidak berpuasa.

Hikmah puasa memang tidak bisa dipandang remeh. Jadi jangan pernah merasa berat atau terbebani saat menjalani bulan Ramadan, pasalnya ada begitu banyak keuntungan yang bisa didapat apabila melakukan puasa dengan ikhlas dan benar.

 

Artikel Terkait:

 

Leave a Reply