PENTING !!! 4 Teknik dan 3 Kegiatan Membaca Kritis | Pengertian | Teknik | Kegiatan 

Membaca Kritis – Hay sahabat hatma.net. bagaimana kabar kalian hari ini, sehat? Masih semangat untuk menggali informasi dan menebar manfaat dengan berbagi satu artikel, saya harap Anda sudah membagikan sebelum membaca tulisan kali ini.

Mengutip dari wikipedia membaca merupakan sebuah kegiatan menggali ilmu pengetahuan berupa meresepsi, menganalisis menginterprestasi oleh seorang pembaca.

Melihat perkembangan zaman, semakin kesini informasi yang disampaikan khusus media percetakan seperti koran, majalah apalagi sebuah buku tulisan. terkadang yang mereka tulis tidak sesuai dengan fakta dilapangan.

Buku merupakan jendela ilmu, dimana segala ilmu tertuang didalamnya, kita sebagai seorang pelajar atau mahasiswa harus bisa kritis dalam bacaan tersebut. jangan sampai Anda hanya diam apabila terdapat fakta yang tidak sesuai.

Sebagai pelajar atau mahasiswa dizaman sekarang, tidak ada salahnya, Anda harus menjadi seorang pembaca kritis sebagai sumbangsih untuk negara untuk penyumbang ide ide yang di dapat dalam bacaan yang Anda peroleh.

Untuk Anda pemula bisa baca artikel dibawah ini :

PENTING !!! 4 Teknik dan 3 Kegiatan Membaca Kritis | Pengertian | Teknik | Kegiatan

Membaca Kritis

pixabay com

Pengertian Membaca Kritis

Membaca kritis merupakan sebuah kegiatan membaca untuk menggali pengetahuan lebih luas, mendalam, bijaksana, evaluatif sertra analitis, bukan mencari kesalahan penulis. Membaca kritis upaya memahami isi makna atau arti yang tersirat di dalam buku atau bacaan.

Tujuan membaca kritis adalah untuk mencari fakta-fakta yang terdapat di buku atau bacaan tersebut. Kemudian beri penilaian terhadapat fakta yang didapat. Membaca kritis berarti membaca dengan analisi dan dengan penilaian, jadi pembaca tidak boleh hanya menyerap masalah yang ada, tapi juga berpikir bagaimana penyelasainya terhadap masalah tersebut

Membaca kritis merupakan proses menganalisis, membandingkan dan menilai jadi sebagai pembaca diharapkan terbuka dengan gagasan orang lain (penulis), harus bisa mengikuti pikiran penulis secara akutat, tepat dan kritis.

Akurat dalam artian hubungan relevansi harus sesuai, dapat membedakan yang relevan dan tidak. Kritis dalam artian dapat menerima pikiran penulis dengan benar, logis, dan realitas.

Membaca kritis merupakan suatu langkah membaca yang melihat alur si penulis dan kemudian menilainya. Pembaca tersebut secara tidak langsung akan menyerap ilmu ilmu yang dituangkan penulis, tetap Dia berpikir dengan serius tentang masalah yang dibahas.

Membaca kritis adalah menbaca antar dua belah pihak yang saling mempengaruhi antara pembaca dan penulis, dan akan membentuk pengertian baru.

Kelebihan membaca kritis bagi pembaca, ialah akan lebih mempunyai kepercayaan diri yang lebih dari orang lain, karena Dia sudah banyak memahami makna dari tulisan tersebut.

Oleh karena itu, membaca kritis harus menjadi ciri semua kegiatan membaca yang bertujuan memahami isi bacaan sebaik-baiknya.

Membaca kritis itu berarti bicara seorang yang memiliki rasa ingin tahu yang kuat, sehingga ia akan terus menggali lebih mendalam bacaan tersebut. Tidak hanya selalu berusaha mencari kebenaran dalam tulisan tersebut, tetapu ini ebih penting untuk masa-masa berikutnya.

Baca juga : [TERLENGKAP] Contoh Dialog Wawancara Tentang Lingkungan

4 Teknik Membaca Kritis

Mengerti Isi Bacaan

Membaca Kritis

pixabay com

Kita sebagai pembaca harus mengetahui dan mengenali fakta apa saja yang terdapat bacaan tersebut, dengan kata lain kita harus mengerti dari ide pokok, dengan mengetahui fakta-fakta penting dari bacaan tersebut, kita akan mudah unttuk membuat kesimpuan serta menginterprestasikan ide-ide dalam bacaan tersebut

Fakta sangat berguna sebagai informasi, sedangkan ide sebagai berguna sebagai menambah pemahaman kita. Mencari informasi untuk mengatahui sesuatu fakta sedangkan pemahaman untuk mengatahui tentang berbagai fakta.

Menguji Sumber Penulis

Membaca Kritis

annida-online com

Kita sebagai pembaca kritis tidak hanya terfokus untuk mencari faka dan ide dalam bacaan penulis, tetapi kita juga harus mencari tahu kebenaran tentang penulis, siapa dia?, apakah penulis memang berkomputen dalam bidang keahliannya.

Interaksi Antara Penulis Dengan Pembaca

Membaca Kritis

pixabay com

Kemudian kita juga tidak hanya mengetahui maksud penulis saja, tetapi kita harus kritis dengan cara membandingkn dengan penulis-penulis yang lain. Anda perlu menilai isi bacaan dan membandingkan dengan pengatahuan yang ada pada penulis

Terbuka Terhadap Gagasan Penulis

Setelah kita membaca dengan kritis, kemudian penulis mengemukan pendapat, hendak kita sebagai pembaca harus menghargai pendapat penulis. Pembaca juga mengevaluasi bagaimana sistematis penulisannya apakah terdapat kesalahan dalam penulisan.

Baca juga  : [PIDATO TERBAIK] #5 Contoh Pidato Tentang Pendidikan | Berkarakter | Moral

3 Kegiatan Yang Terdapat Dalam Membaca Kritis

 

Membaca Dengan Berpikir

Membaca Kritis

ftt.iainbengkulu ac id

Kita sebagai pembaca hendaknya memikirkan fakta-fakta yang terdapat dalam bacaan. Pembaca memikirkan maksud dan tujuan penulis mengemukakan fakta-fakta tersebut.

Tujuan pembaca dengan cara berpikir ini supaya pembaca dapat menentukan batasan-batasan dari persoalan-persoalan atau fakta-fakta yang dikemukakan oleh pengarang

Membaca Dengan Menganalisis

Membaca Kritis

intermediachannel it

Setelah kita membaca dengan berpikir, langkah selanjutnya analisis bacaan tersebut. Analisis merupakan ujung tombak membaca kritis.

Dengan menganalisis pembaca dapat mengetahui apakah gagasan atau fakta-fakta yang dikemukakan penulis sesuai dengan detail-detail yang diberikannya atau tidak.

Pembaca selanjutnya dengan cara itu akan dapat memisah-misahkan mana detail-detail yang penting, mana detail yang cocok dan detail yang tidak cocok.

Membaca Dengan Penilaian

Membaca Kritis

sleekr co

Tugas terakhir pembaca kritis adalah menilai apakah fakta atau pernyataan tersebut sesuai dengan gagasan pokok yang dikemukakan.

Fakta yang sudah ditemukan dihubungankan satu dengan yang lainnya atau mungkin pembaca menemukan dua atau lebih fakta yang seharusnya dipandang sebagai fakta yang terpisah. Akhirnya pembaca menentukan penilaian terhadap fakta-fakta yang disajikan oleh penulis.

Demikian artikel tentang bagaimana membaca kritis, salam sahabat hatma.net “tebar manfaat dengan berbagi satu artikel”

Leave a Reply