Karya Ilmiah dan Fungsinya dalam Kehidupan Nyata

Karya Ilmiah – adalah karya yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Biasanya berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat.

Karya Ilmiah dan Fungsinya dalam Kehidupan Nyata

karya ilmiah

mamikoscom

 

Meskipun ada kata ilmiah, karya ini tidak semata-mata hanya terbatas untuk sains. Beberapa profesi pekerjaan bisa jadi mengharuskan Anda membuat nya, berupa laporan keuangan dari segi pendapatan dan pengeluaran, inventaris, dan sebagainya.

Jadi apa sebenarnya karya ilmiah itu? Pengertiannya secara umum adalah karya tulisan yang dibuat untuk menangani suatu masalah serta memberikan atau menawarkan solusi yang sesuai. Anda pastinya sudah familier dengan skripsi bukan? Skripsi adalah salah satu contoh karya ilmiah.

selain bertujuan untuk mengajar murid atau mahasiswa untuk berkutat dengan permasalahan dan mencari penyelesaiannya, juga bertujuan untuk memberikan pengajaran memecahkan masalah di kehidupan nyata.

Intinya, penulis membuat pernyataan bahwa ada masalah tertentu dalam kehidupan yang mungkin bisa diperhatikan dan diselesaikan untuk kebaikan bersama.

Dalam sekolah atau kuliah, karya ilmiah sering dijadikan sebagai bahan pelatihan pelajar untuk mengetahui caranya melakukan riset dan meneliti suatu kasus. Seringkali karya tulisan ini dijadikan syarat untuk lulus, terutama di bangku kuliah.

Karya tulis ini bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara sembarangan, karena membutuhkan teori dalam pengerjaannya. Sewaktu-waktu, karya ilmiah bisa saja dijadikan acuan untuk memecahkan kasus di kehidupan nyata.

Pelajar umumnya membuat sebagai sarana pelatihan ide mereka, berdasarkan isu-isu yang ada di lingkungan sekitar. Mereka menelitinya, mengumpulkan data berupa survei atau sampel, mencari teori yang sesuai dan berkaitan dengan isu tersebut, dan menganalisanya.

Data atau sampel yang digunakan umumnya harus kredibel dan memiliki periode berlaku tertentu. Utamanya, sumber data atau sampel harus up-to-date atau relevan dengan topik penelitian. Data yang layak digunakan adalah yang diambil dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Penulisan ini juga berfungsi sebagai semacam pembuktian; sejauh mana penulis memahami materi yang diberikan dan menguasai penelitian yang telah dilakukan.

Karena selalu diuji sebelum disetujui, penulis harus benar-benar menguasai penelitian yang telah ia kerjakan. Penulis yang bisa menjawab pertanyaan seputar karyanya dianggap telah menguasai materinya dan memahami masalah yang diangkat.

karya ilmiah

sumbercenelcom

Karya ilmiah memiliki fungsi hampir di setiap bidang. Fungsi utamanya secara umum adalah sebagai berikut.

Pendidikan: sebagai petunjuk, bahan pembelajaran, dan pengalaman untuk pelajar dalam membuat nya.

Penelitian: untuk mengembangkan pengetahuan, sebagai bahan dasar acuan penerapan solusi berdasarkan kasus ilmiah yang telah ada.

Kontrol dan pembuktian: untuk menjawab suatu masalah sekaligus membuktikan apakah solusi yang ditawarkan dalam karya tulis tersebut efektif atau tidak dalam menanggulangi isu yang diteliti.

Dalam periode tertentu, pemerintah seringkali juga mengadakan kompetisi menulis karya ilmiah. Atau, pemerintah secara langsung memberikan penghargaan kepada penulis yang karya ilmiahnya telah terbukti memberikan dampak positif.

Sama seperti fungsinya, penulisan nya tidak sebatas dalam sains atau ilmu sosial. Penulisan karya ini bisa diterapkan dalam filosofi dan bahkan sastra. Untuk kedua hal ini, biasanya penulis harus dapat mengidentifikasi inti permasalahan atau arti atas subjek yang akan diteliti.

Sebagai makhluk sosial, Anda sudah lama diajarkan untuk menjadi peribadi yang berguna bagi bangsa dan Negara. Penulisan karya ilmiah adalah salah satu cara Anda untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat.

Dari fungsi dan pengertian yang sudah dijelaskan, Anda dianjurkan untuk cermat dan tanggap terhadap isu-isu yang ada di sekitar. Cermati masalah tersebut, telusuri dan teliti akar permasalahannya, usulkan solusi, dan tarik kesimpulan.

 

Artikel Terkait:

Leave a Reply